Terbit: 10 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mandi menjadi ritual membersihkan badan yang menyenangkan. Entah langsung menyiramkan air pada tubuh atau berendam. Keduanya terasa sama saja. Namun ternyata, dilansir dari Little Things, berendam memiiki manfaat yang mengejutkan bagi tubuh. Kita simak ulasannya berikut ini.

Alasan Pilih Berendam untuk Bersihkan Badan

1. Berendam Bisa Menenangkan

Little Things melansir bahwa sebuah penelitian universitas tahun 2002 menyebutkan bahwa seseorang yang berendam terutama dengan air hangat dalam waktu lama di akhir hari, merasa jauh lebih positif. Kombinasi antara uap, aroma sabun atau minyak esensial, menimbulkan ketenangan dan lebih bahagia.

2. Meredakan Nyeri Otot

Berendam memiliki manfaat yang mengejutkan itu benar. Masih dari Little Things, berendam bahkan bisa membantu meredakan nyeri pada otot. Berendam dengan air hangat sama dengan menaruh bantal-bantal pemanas pada otot Anda yang sedang cedera. Anda yang sedang mengalami masalah ini, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

3. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Berendam menggunakan air hangat, memberikany sinyal-sinyal ketenangan pada otak hingga tubuh merasa tenang. Suhu air yang panas atau hangat membantu menurunkan suhu tubuh hingga mendorongnya menghasilkan melatonin. Inilah yang dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak sepanjang malam.

4. Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Mandi dengan cara berendam air hangat, membantu meningkatkan proses detoksifikasi alami oleh tubuh. Penambahan minyak esensial dan garam mandi pada air mandi Anda akan memungkinkan proses detoksifikasi. Tenang dan santai serta menyehatkan.

5. Membantu Mengelupas Kulit Kering

Berendam menggunakan air hangat dapat membantu mengelupas atau menghilangkan kulit kering pada tubuh. Juga membuatnya lebih lembut. Proses merendam tubuh menggunakan air hangat ditambah campuran salah satunya oatmeal, Little Things melansir bahwa hal tersebut bisa juga berperan mengeksfoliasi tubuh dari sel-sel kulit mati. Sehingga, kulit menjadi lebih lembut.

Dilihat dari manfaatnya, dapat diketahui bahwa berendam bukan sekadar ritual membersihkan badan. Faktanya, berendam memiliki manfaat yang mengejutkan bagi tubuh. Jika sedang butuh ketenangan, tidak ada salahnya untuk memilih berendam.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi