Terbit: 17 November 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat berendam baik dengan air panas atau air dingin sangat bagus untuk kesehatan, utamanya memberikan efek rileks pada tubuh. Namun, ada banyak manfaat lainnya yang tidak kalah baiknya untuk kesehatan. Yuk ketahui informasi selengkapnya!

14 Manfaat Berendam Air Panas dan Air Es (Sehatkan Fisik dan Mental)

Daftar Manfaat Berendam Air Panas

Berendam dengan air panas adalah terapi yang memiliki banyak manfaat bagi fisik dan mental yang luar biasa menyehatkan! Oleh karena itu, Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk rajin berendam dengan air panas guna mendapatkan berbagai manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat berendam air panas untuk kesehatan:

1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Selain kecemasan dan depresi, suhu menurun pada malam hari juga menyebabkan seseorang susah tidur alias insomnia lebih lama. Insomnia dapat menyebabkan kelelahan, tidak fokus, lekas marah, dan masalah memori.

Berendam air panas dapat mengatasi kesulitan untuk tidur alias insomnia. Berendam dalam air panas selama 30 menit dan menaikkan suhu tubuh akan membantu tubuh rileks dan memudahkan untuk tertidur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar dapat membantu menyalurkan oksigen dan nutrisi ke semua sel dan organ dalam. Ini akan membantu fungsi paru-paru, fungsi organ, dan pertumbuhan sel. Jadi, sirkulasi darah yang lancar sangat berperan penting.

Salah satu cara melancarkan peredaran darah yang mudah adalah berendam air panas karena air panas menyebabkan suhu tubuh meningkat, sehingga melebarkan pembuluh darah.

Peredaran darah yang meningkat dapat mempercepat penyembuhan, meredakan ketegangan pada jantung, dan memberikan oksigen pada otot-otot yang lelah.

3. Menghilangkan Stres

Manfaat berendam air panas dapat memberikan efek relaksasi, terutama jika bak mandi memiliki pijat jet untuk memijat otot yang lelah.

Menurut Dr. Bruce Becker dari Psych Congress, berendam dalam air panas setidaknya 39°Celsius dapat membantu sistem saraf otonom menjadi seimbang dengan cepat. Inilah yang membantu tubuh menyesuaikan diri dengan berbagai situasi dan tetap tenang.

4. Mengatasi Sakit Kepala

Hidroterapi adalah latihan fisik dalam air panas yang telah terbukti efektif meredakan sakit kepala, bahkan yang berat sekalipun.

Mengingat manfaat berendam panas membantu tidur lebih nyenyak dan melemaskan otot-otot, terapi ini akan mengurangi banyak ketegangan yang bisa menyebabkan sakit kepala.

Guna memberikan bantuan yang lebih cepat, cobalah menerapkan handuk dingin pada belakang leher saat berendam air panas.

5. Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi paling sering terjadi akibat arthritis. Namun, kondisi lainnya seperti tekanan pada persendian saat tubuh tidak terbiasa, misalnya ketika berlari dengan jarak 5 kilometer setelah berbaring sekian lama akibat masalah kesehatan.

Seperti halnya fibromyalgia dan arthritis, berendam air panas dapat membantu meredakan nyeri sendi, melindungi anggota tubuh, dan meningkatkan sirkulasi darah.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat berendam air panas ternyata dapat membantu membakar kalori. Faktanya, seseorang dengan berat 150 kilogram akan membakar hampir 70 kalori dalam satu jam.

Selain itu, berendam dalam air panas secara teratur membantu mengatasi stres yang merupakan salah satu faktor penambahan berat badan alias obesitas.

7. Meredakan Gejala Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berendam dalam air panas dapat membantu menurunkan kadar gula darah, sehingga mengurangi gejala diabetes.

Meskipun belum terbukti secara klinis, tetapi memperbaiki kualitas tidur, menurunkan berat badan, dan mengurangi stres dapat memiliki efek positif pada kadar gula darah, semuanya merupakan faktor yang membantu terapi air panas.

Baca Juga: 7 Manfaat Air Hangat untuk Wajah Cantik dan Awet Muda

Manfaat Berendam Air Es

Selain berendam dengan air panas, khasiat berendam air dingin juga memberikan banyak manfaat. Merendam tubuh dalam air es sekitar 10 menit tidak hanya memberikan efek rileks yang luar biasa utuk tubuh, tetapi ada banyak manfaat lainnya untuk kesehatan fisik dan mental.

Berikut ini beberapa manfaat berendam air es:

1. Membantu Sistem Saraf Pusat

Berendam air es dapat membantu sistem saraf pusat dengan membantu meningkatkan kualitas tidur, ini pada akhirnya membuat seseorang merasa lebih baik karena kelelahan yang berkurang.

Selain itu, air es bisa membantu meningkatkan waktu reaksi dan explosiveness (kemampuan tubuh mengerahkan energi secara cepat dengan waktu singkat) dalam latihan kemudian hari.

2. Meredakan Nyeri Otot Setelah Latihan

Manfaat utama berendam air es, kemungkinan besar adalah membuat tubuh merasa nyaman. Misalnya, berendam air es dapat meredakan nyeri otot dengan sensasi terbakar setelah latihan yang intens.

Hal tersebut karena air es mampu mengurangi pembengkakan dan asam laktat yang menyebabkan nyeri otot setelah berolahraga. Air es bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah. Namun, penerapannya harus berhati-hati untuk pemulihan otot atau cedera yang sering.

3. Menghambat Respons Inflamasi

Manfaat berendam air es bisa membantu menghambat peradangan setelah latihan. Teorinya adalah bahwa menurunkan suhu tubuh setelah berolahraga mampu membantu membatasi respons peradangan, mengurangi jumlah peradangan, dan membantu pemulihan lebih cepat.

4. Mengurangi Efek Panas dan Kelembapan

Mandi air es juga dapat mengurangi efek sensasi panas dan kelembapan. Ketika mandi air es sebelum latihan yang panjang, dalam kondisi di mana ada peningkatan suhu tubuh atau kelembapan dapat menurunkan suhu tubuh inti beberapa derajat yang meningkatkan energi. 

Peningkatan energi mungkin dari pelepasan katekolamin (adrenalin dan noradrenalin) dan endorfin sebagai reaksi terhadap dingin. Ini pada dasarnya adalah pemacu adrenalin.

5. Melatih Saraf Vagus

Menurut spesialis kekuatan dan pengkondisian bersertifikat Aurimas Juodka, CSCS, CPT, salah satu manfaat utama lainnya dari mandi air es adalah melatih saraf vagus.

Saraf vagus terkait dengan sistem saraf parasimpatis, dan melatihnya mampu membantu menenangkan sistem saraf dan membantu menghadapi kondisi stres secara lebih baik.

Baca Juga: 10 Manfaat Mandi Air Dingin (No. 4 Cocok untuk Pekerja Keras)

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berendam dalam air es mungkin bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi mencegah berbagai penyakit.

Hal tersebut telah didukung oleh sebuah penelitian secara klinis di Belanda yang telah menemukan bahwa orang yang mandi air dingin 29% lebih jarang mengalami sakit.

Suhu dingin juga dapat meningkatkan leukosit dalam tubuh yang mencegah penyakit, dan telah terbukti meningkatkan jumlah dan aktivitas sel T sitotoksik dan sel NK. Sel-sel ini berperan utama dalam mencegah dan menyerang sel tumor.

7. Meningkatkan Fungsi Otak dan Mood

Air dingin dapat meningkatkan fokus mental, ini mungkin karena suhu dingin membantu pelepasan katekolamin. Suhu dingin mengaktifkan sistem saraf simpatis dan meningkatkan endorfin (neurotransmiter perasaan yang baik). Ini juga meningkatkan pelepasan noradrenalin pada otak, yang membantu tubuh untuk bertindak dan mempertajam fokus.

Berendam air dingin juga meningkatkan mood alias suasana hati. Ini karena banyaknya reseptor dingin pada kulit, mandi air es mampu mengirimkan impuls listrik ke otak, yang menghasilkan efek antidepresan. 

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 21 Awesome Benefits Of Soaking In Your Hot Tub (Infographic). https://poolcareguy.com/hot-tub-benefits/. (Diakses pada 17 November 2020)
  2. Lindberg, Sara. 2019. Ice Bath Benefits: What the Research Says. https://www.healthline.com/health/exercise-fitness/ice-bath-benefits. (Diakses pada 17 November 2020)
  3. Wells, Katie. 2020. Ice Bath Benefits: How Cold Therapy Improves the Body and the Brain. https://wellnessmama.com/404091/ice-bath-benefits/. (Diakses pada 17 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi