Terbit: 4 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bukan menjadi hal yang aneh lagi jika kebanyakan orang saat ini memiliki kebiasaan yang kurang menyehatkan. Misalnya bagi pekerja kantoran yang menghabiskan waktunya untuk duduk di depan layar komputer. Padahal, duduk seharian sangat tidak baik bagi kesehatan serta bisa meningkatkan risiko datangnya penyakit mematikan, seperti jantung dan stroke.

Hanya Berdiri Bisa Menurunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

Ada kebiasaan lain yang tidak kalah ramai belakangan ini, yaitu mager alias malas gerak. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh para remaja yang dikenal sebagai generasi milenial. Umumnya mereka lebih senang bermalas-malasan di rumah dengan bermain gadget sehari penuh. Padahal, tanpa disadari kebiasan tersebut juga bisa memicu datangnya masalah kesehatan.

Sebagai solusi dari kebiasaan-kebiasaan tak sehat tersebut, para peneliti mencari cara mudah yang bisa membuat seseorang menjadi tetap sehat. Tak harus berolahraga, tapi peneliti menggali lebih dalam mengenai pergerakan tubuh manusia. Alhasil, penelitian yang dipuplikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengatakan bahwa cara yang paling mudah untuk tetap sehat adalah berdiri.

Ya, berdiri memang sebuah aktivitas yang sangat mudah dan tidak membuat lelah, apalagi bagi generasi milenial yang hobinya mager. Dikatakan pula, bahwa berdiri bisa menurunkan berat badan secara alami akibat kurangnya aktivitas. Seperti diketahui, orang yang jarang beraktivitas memang cenderung memiliki tubuh yang gemuk akibat penumpukan lemak yang tak bisa dikeluarkan secara lancar.

Dalam skala analisis, ditemui hasil bahwa berdiri selama satu menit bisa membakar 0,1 kalori. Memang sangat kecil dan tidak sebanding dengan olahraga lainnya. Namun, cara ini adalah yang paling mudah bagi mereka yang enggan berolahraga, atau karena aktivitas yang terlalu padat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Jika dalam satu menit ada 0,1 kalori yang terbakar, maka Anda hanya perlu meningkatkan intensitas berdiri. Semakin lama Anda berdiri, maka semakin banyak pula kalori yang terbakar. Hal ini juga berlaku bagi pekerja kantoran yang selalu duduk seharian. Anda bisa mengerjakan tugas sambil berdiri sesekali. Atau, Anda bisa berdiri dan berjalan untuk meregangkan otot yang kaku karena duduk seharian.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi