Terbit: 22 Agustus 2018 | Diperbarui: 24 Maret 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam aktivitas yang sederhana, dalam realitanya banyak orang yang malas untuk berdiri secara teratur. Tak percaya? Jika kita sedang memakai angkutan umum, kita tentu sudah mengeluh jika tempat duduk sudah penuh, bukan?

Berdiri Bisa Turunkan Kolesterol dan Gula Darah?

Menurut sebuah penelitian terbaru yang dilakukan di Inggris, didapatkan fakta bahwa meski terkadang bisa membuat lelah dan pegal-pegal, berdiri bisa memberikan manfaat kesehatan yang cukup banyak, apalagi jika kita terbiasa untuk duduk di waktu yang sangat lama. Dalam penelitian yang melibatkan 800 partisipan ini, dihasilkan fakta bahwa rajin berdiri bisa membantu kita menurunkan kadar gula darah, lemak, sekaligus kolesterol dalam tubuh.

Dilansir dari India Times, jika dalam sehari kita berdiri selama 2 jam, maka kadar gula darah bisa ditekan hingga 2 persen dan kadar trigliserida bisa diturunkan hingga 11 persen. Berdiri juga mampu membuat kadar kolesterol baik (HDL) meningkat dengan signifikan. Selain berdiri, kita juga sangat disarankan untuk melakukan aktivitas sederhana lainnya namun memberikan manfaat besar bagi kesehatan seperti berjalan kaki dan naik turun tangga.

Sudah menjadi rahasia umum jika duduk terlalu lama bisa membahayakan kesehatan. Sayangnya, karena aktivitas pekerjaan, banyak orang yang akhirnya duduk hingga berjam-jam lamanya setiap hari. Padahal, jika tidak diselingi dengan aktivitas fisik seperti berdiri atau berjalan kaki, maka kita bisa mengalami kenaikan berat badan, kadar gula, dan lemak dalam darah. Risiko untuk terkena penyakit seperti obesitas, diabetes, hingga penyakit jantung dan stroke pun bisa meningkat.

Pastikan untuk selalu menyempatkan diri untuk berdiri di sela-sela waktu duduk saat bekerja. Selain itu, biasakanlah untuk lebih banyak berjalan kaki saat menuju ke berbagai tempat dan tidak bergantung dengan kendaraan pribadi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi