Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Obesitas merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang tubuh akibat berat badan terlalu berlebih. Obesitas bisa disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, khususnya kurang olahraga dan terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Akibat dari obesitas, tubuh akan terserang berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti serangan jantung, stroke, diabetes, dan lain sebagainya.

3 Organ Tubuh yang Mendapatkan Dampak Baik Ketika Berat Badan Menurun

Oleh sebab itu, Anda harus mencegah kemungkinan buruk yang akan terjadi dengan cara menurunkan berat badan. Sebab, jika berat badan Anda normal dan jauh dari obesitas, maka ada beberapa anggota tubuh lainnya yang juga bisa mendapatkan dampak baik dari proses penurunan berat badan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah organ tubuh tersebut.

1. Hati

Hati merupakan salah satu organ tubuh bagian dalam yang harus selalu dijaga kesehatannya. Jika Anda bisa menurunkan berat badan, maka Anda dapat mencegah perlemakan di hati atau sirosis. Seperti yang Anda tahu bahwa hati yang berlemak dapat menimbulkan jaringan perut yang akhirnya menyebabkan kanker hati atau gagal hati. Untuk itu, Anda harus bisa menjaga berat badan tetap normal agar terhindar dari masalah hati.

2. Paru-Paru

Selain hati, paru-paru juga merupakan organ tubuh bagian dalam yang berfungsi untuk bernapas. Sehingga, jika paru-paru mengalami masalah, maka kemungkinan besar Anda akan sulit bernapas. Kelebihan berat badan juga bisa membuat paru-paru mengalami masalah, salah satunya adalah sesak napas. Masalah tersebut bisa Anda atasi dengan mengurangi berat badan. Sebab, hasil studi membuktikan bahwa kehilangan 5-10% berat badan telah terbukti mengurangi sesak napas dan meningkatkan fungsi paru-paru.

3. Otak

Organ tubuh lainnya yang tak kalah penting adalah otak. Otak mempunyai peranan penting untuk keberlangsungan hidup seseorang. Tahukah Anda bahwa berat badan berlebih dapat memengaruhi fungsi otak? Sehingga, Anda diharuskan memiliki berat badan normal agar fungsi otak berjalan secara optimal. Sebuah penelitian menunjukkan fakta bahwa fungsi ingatan dan proses penyelesaian masalah pada mental dapat meningkat setelah penurunan berat badan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi