Terbit: 1 Agustus 2018 | Diperbarui: 7 Januari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bukan hanya untuk dikosumsi, beras juga terkenal memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah, seperti dapat memutihkan kulit dan mencegah penuaan. Umumnya orang menggunakan air rebusan atau rendaman beras untuk masker wajah, namun tidak jarang juga yang memanfaatkan berbagai skin care yang menjadikan beras sebagai kandungan utamanya.

5 Manfaat Beras Merah untuk Kecantikan Wajah, Cocok untuk Si Kulit Berminyak

Manfaat Beras Merah untuk Kecantikan Wajah

Anda juga tentunya sudah pernah mendengar tentang beras merah. Manfaat beras merah yang paling populer adalah sangat cocok dikonsumsi ketika diet. Ternyata manfaat beras merah juga tidak hanya seputar menurunkan berat badan. Sama halnya seperti beras putih, beras merah juga memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan wajah seperti berikut ini!

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Manfaat beras merah untuk kecantikan wajah yang pertama adalah mampu menjaga kelembapan kulit dan mengontrol minyak. Perawatan wajah menggunakan beras merah memang cenderung direkomendasikan untuk jenis kulit normal dan kombinasi yang cenderung berminyak.

Kandungan dalam beras merah akan membantu membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Pada kulit normal, beras merah akan mampu mengunci kelembapan pada kulit. Jadi, jika Anda memiliki kulit yang normal, jangan takut kulit menjadi kering dengan menggunakan masker beras merah ini.

2. Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Khasiat beras merah selanjutnya adalah sebagai eksfoliator alami untuk wajah. Scrub beras merah akan membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan juga sisa kotoran di wajah. Hasilnya wajah akan menjadi lebih cerah dan juga terhindar dari kulit kusam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Selain itu, scrub beras merah juga akan membantu untuk mengangkat komedo yang ada di wajah.

3. Meremajakan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Penggunaan masker beras merah secara rutin dapat membantu menjaga kulit lebih kencang dan juga kenyal. Wajah cantik Anda pun bisa terlihat menjadi lebih muda dan juga terhindar dari penuaan dini.

Kandungan selenium dalam beras merah sangat bagus sebagai antiinflamsi dan juga dapat mempertahankan elastisitas kulit. Beras merah juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang sangat baik untuk menjaga kulit tetap kencang.

Baca Juga : 3 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Anda

4. Menjaga Kecerahan Kulit

Khasiat beras merah untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah dapat menjaga kecerahan kulit. Kandungan zat bernama gamma-oryzanol mampu untuk mengontrol melanin di kulit. Zat yang satu ini juga biasanya terkandung dalam berbagai produk pelindung kulit seperti tabir surya.

Selain menjaga kecerahan kulit, beras merah juga dapat memantu Anda untuk mendapatkan warna kulit yang lebih merata.

5. Antioksidan Alami

Selain faktor dari dalam tubuh, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh pada kecantikan wajah. Paparan sinar UV, polusi dan juga radikal bebas bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti timbulnya gejala penuaan, kulit menjadi sensitif, hingga masalah jerawat dan komedo.

Manfaat beras merah selanjutnya adalah untuk menjaga kecantikan wajah dari masalah-masalah tersebut. Beras merah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga sangat baik untuk melindungi kulit dan mencegah kerusakan sel-sel pada kulit.

Cara Mengolah Beras Merah untuk Kecantikan Wajah

Manfaat beras merah untuk mendapatkan wajah cantik bisa kita dapatkan dengan cara mengolah beras merah sebagai masker atau scrub wajah. Sebelumnya, pastikan Anda memilih beras organik yang tidak terpapar pestisida.

Jika tidak terliti dalam memilih beras yang Anda gunakan, ada kemungkinan zat kimia seperti pestisida tersebut justru akan memberikan efek buruk pada kulit wajah Anda. Berikut adalah cara membuat masker dari beras merah:

  • Siapkan bahan-bahan berupa 3 genggam beras merah dan juga 1 sdm madu. Anda bisa menambahkan minyak zaitun, greek yogurt, atau jeruk nipis juga sebagai campuran.
  • Rendam beras merah selama satu malam
  • Tumbuk beras merah hingga hancur, bisa juga menggunakan blender
  • Saring beras merah dan ambil bagian yang halus
  • Campurkan beras merah dengan bahan lainnya. Jika bahan-bahan tidak tersedia, Anda juga bisa menggunakana air mawar untuk membuat masker.
  • Aplikasikan masker pada seluruh wajah sambil dipijat halus.
  • Setelah masker merata ke seluruh wajah, diamkan selama 15-20 menit.
  • Bilas wajah dengan air hangat lalu cuci wajah dengan sabun pencuci wajah seperti biasa.

Baca Juga: 13 Masker untuk Kulit Berminyak Paling Aman dan Praktis!

Nah, cara mendapatkan manfaat beras merah untuk kecantikan wajah ternyata sangat mudah dan praktis. Anda bisa mencoba perawatan ini sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Siap mencobanya di rumah?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi