Terbit: 18 Juni 2021 | Diperbarui: 22 Juni 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat bengkoang untuk wajah bisa membantu membuat kulit tampak lebih sehat dan glowing. Untuk mendapatkan manfaatnya untuk kulit, Anda bisa menggunakannya dalam bentuk masker atau mengonsumsinya. Yuk simak manfaat dan cara membuat masker bengkuang di bawah ini!

9 Manfaat Bengkoang untuk Wajah dan Cara Membuat Masker

Apa Itu Bengkuang?

Bengkuang adalah sayuran akar dengan kulit tebal berwarna cokelat muda. Bagian dalam umbi ini berwarna putih dan rasanya seperti apel, tetapi tidak semanis apel. Bengkuang sedikit seperti kentang, tetapi dengan kandungan karbohidrat yang jauh lebih sedikit. Rasanya renyah dan sedikit manis, seperti apel. Tidak hanya enak dimakan, bengkuang juga bermanfaat untuk kecantikan kulit. 

Kandungan Nutrisi Bengkuang

Bengkuang atau bengkoang memiliki kandungan nutrisi yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit, meliputi:

  • Karbohidrat
  • Kalori
  • Protein
  • Gemuk
  • Asam lemak
  • Serat
  • Asam amino
  • Mineral
  • Vitamin C

Manfaat Bengkoang untuk Wajah

Alam menyediakan berbagai bahan alami untuk memutihkan kulit tanpa menimbulkan efek samping. Salah satunya adalah bengkuang (Pachyrhizus erosus) yang berasal dari Meksiko. Di Indonesia, umbi ini biasanya digunakan sebagai masker pemutih oleh masyarakat setempat sejak dahulu.

Dikatakan bahwa masker bengkuang termasuk dalam rutinitas kecantikan wanita kerajaan untuk kulit yang putih dan bercahaya. Hal ini dikarenakan beberapa manfaat yang diberikan oleh bengkuang.

Berikut ini beberapa manfaat bengkoang untuk wajah:

1. Mencerahkan Kulit

Bengkuang mangandung banyak vitamin C. Vitamin ini berfungsi sebagai antioksidan kuat dan mencegah infeksi kulit. Selain itu, vitamin C juga bermanfaat untuk menurunkan produksi melanin. Jika rutin menggunakan bengkuang pada kulit wajah, kulit akan tampak lebih cerah dan glowing.

2. Mencegah Penuaan Dini

Selain memutihkan kulit, kandungan vitamin C dalam bengkuang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel. Antioksidan juga meningkatkan produksi kolagen dan elastin yang menjaga kulit tetap lembap dan elastis.

Berkat vitamin C pula, manfaat bengkoang untuk wajah bisa membantu mengurangi stres oksidatif yang memicu penuaan. Bahkan kandungan isoflavon dalam bengkuang dapat mengurangi penuaan kulit.

Oleh karena itu, rutin menggunakan masker bengkuang akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu kulit cerah dan mencegah penuaan dini.

3. Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling sering muncul dan menakutkan bagi kebanyakan orang, baik pria maupun wanita. Kemunculan jerawat memang dapat mengganggu kecantikan kulit secara keseluruhan. Tenang, sering perawatan dengan masker bengkuang dapat menghilangkan jerawat karena adanya sedikit kandungan vitamin E dalam bengkuang.

Vitamin E juga mengurangi peradangan untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Hal ini juga bermanfaat untuk mengurangi jerawat di wajah dan membantu penyembuhan kulit. Sedangkan kandungan air yang tinggi dapat menetralkan bagian kulit yang terkena jerawat dengan cepat. Dengan begitu, jerawat secara perlahan bisa menghilang.

4. Melembapkan dan Menyegarkan Kulit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bengkuang mengandung banyak air yang dapat mendinginkan dan melembapkan kulit, sehingga kulit akan tampak segar. Selain itu, manfaat bengkoang untuk wajah mampu menormalkan suhu kulit setelah terpapar sinar ultraviolet (UV).

Baca Juga:10 Manfaat Bengkuang untuk Kesehatan

5. Membuat Kulit Tampak Sehat

Bengkoang mengandung nutrisi yang cukup banyak dan menyatu dengan air, di antaranya adalah vitamin B dan vitamin C. Vitamin ini mampu membuat kulit tampak lebih sehat dan segar. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dari penggunaan masker bengkoang pada malam hari atau dengan cara mengonsumsinya langsung atau bisa dibuat jus.

Jika ingin membuat jus bengkoang, tambahkan gula dan madu secukupnya untuk memberi rasa. Sedangkan untuk masker, Anda dapat mengaplikasikannya pada wajah dan bagian tubuh lainnya, seperti lengan.

6. Mengangkat Sel Kulit Mati

Sel kulit mati dapat mengganggu penampilan kulit wajah. Nah, jika Anda ingin menggunakan cara alami untuk menghilangkannya, cobalah mengaplikasikan ampas bengkuang pada wajah.

Manfaat bengkoang untuk wajah dapat mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit sehat. Ini karena ampas bengkuang berfungsi sebagai scrub wajah alami dan mengangkat sel kulit mati dan semua kotoran dari kulit.

7. Mengontrol Minyak

Bengkuang adalah umbi yang mengandung banyak air. Hal ini memungkinkan untuk membantu menyeimbangkan kadar air dan minyak di wajah. Selain itu, kemampuannya dapat membantu mengecilkan pori-pori yang membuat produksi minyak di wajah lebih terkontrol.

8. Membantu Menyembuhkan Luka

Kandungan vitamin C dalam bengkuang cukup penting untuk memproduksi kolagen, protein yang ada dalam jaringan ikat tubuh. Guna memulihkan semua jenis luka, konsumsi bengkuang secara teratur. Dari luka ringan hingga luka dalam, patah tulang serta luka bakar, vitamin C mampu mempercepat proses penyembuhan dan membantu pemulihan dengan cepat.

9. Memperbaiki Kulit yang Rusak

Vitamin E sangat penting untuk memperkuat dinding kapiler di kulit serta untuk memulihkan kelembapan dan elastisitas kulit, yang bertindak sebagai nutrisi antipenuaan alami dalam tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa vitamin E dapat membantu mengurangi peradangan baik di dalam tubuh maupun di kulit. Hal ini membantu menjaga kesehatan kulit dan membuatnya tampak muda.

Mengonsumsi vitamin E bersama dengan vitamin C membantu melawan peradangan kulit tepat setelah kontak dengan radiasi UV dan mungkin juga bermanfaat dalam mengurangi tanda-tanda jerawat dan eksim.

Kandungan vitamin E yang ada dalam bengkuang dapat membantu proses penyembuhan pada kulit. Vitamin ini diserap oleh lapisan epidermis kulit dan digunakan untuk mengobati kulit akibat sengatan matahari, salah satu penyebab utama kanker kulit.

Baca Juga: 25 Masker Wajah Alami dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Masker Bengkuang

Sangat mudah untuk membuat masker bengkuang sendiri di rumah. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah bengkuang segar, kuas, pisau, parutan, dan mangkuk.

Berikut ini cara membuat masker bengkuang:

  • Kupas bengkuang segar yang berukuran sedang.
  • Cuci dengan air hingga bersih.
  • Parut bengkuang.
  • Peras untuk mendapatkan air bengkuang.
  • Mencuci wajah hingga bersih.
  • Gunakan air perasannya sebagai masker wajah. Sebaiknya menggunakan kuas untuk mempermudah aplikasi masker.
  • Biarkan masker selama 15 menit di kulit wajah.
  • Bilas dengan air hangat sampai bersih.
  • Keringkan kulit wajah dengan handuk bersih.

Gunakan masker secara rutin untuk mendapatkan penampilan kulit yang Anda inginkan.

 

  1. Anonim. 2020. Jicama. https://www.webmd.com/food-recipes/jicama-health-benefits (Diakses pada 18 Juli 2021)
  2. Anonim. 2019. 4 Benefits of Jicama Mask for the Skin. https://www.organicbeautyaward.com/articles/4-benefits-of-jicama-mask-for-the-skin (Diakses pada 18 Juli 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. 5 Benefit of Jicama Mask For Face, Not Just Brightening!. https://www.windowofworld.com/5-benefits-of-jicama-mask-for-face-not-just-brightening/ (Diakses pada 18 Juli 2021)
  4. Anonim. Tanpa Tahun. Jicama Facts and Health benefits. https://www.healthbenefitstimes.com/jicama/ (Diakses pada 18 Juli 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi