Terbit: 30 Desember 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Beeswax atau lilin lebah adalah produk alami yang terbuat dari sarang lebah madu atau jenis lebah lainnya. Lilinnya sering digunakan sebagai wewangian dalam sabun dan parfum. Apa saja khasiatnya bagi kesehatan? Simak penjelasan selengkapnya.

13 Manfaat Beeswax untuk Kesehatan

Mengenali Berbagai Manfaat Beeswax

Beeswax adalah zat yang unik karena memiliki beberapa manfaat bagi tubuh manusia. Zat ini berasal dari lebah madu pekerja, lebah betina, serta sarang lebah. Zat ini juga biasanya digunakan untuk menurunkan kolesterol, menghilangkan rasa sakit, mengurangi pembengkakan, dan peradangan.

Berikut adalah berbagai manfaat beeswax yang berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Mengatasi Ruam Popok, Psoriasis, dan Eksim

Sebuah studi mengungkapkan, campuran madu, beeswax, dan minyak zaitun berguna untuk mengatasi ruam popok, psoriasis, dan eksim. Campuran dari ketika bahan ini ternyata dapat menghambat bakteri Staphylococcus aureus dan Candida albicans yang menyebabkan ketiga kondisi tersebut.

2. Melembapkan Kulit

Manfaat beeswax berikutnya masih terkait dengan kulit yaitu kemampuannya untuk menjaga kelembapan. Dampak lanjutan, zat ini dapat melindungi dan memperbaiki kulit yang kasar, kering, atau pecah-pecah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Selain itu, lilin lebah ini juga kaya akan kandungan vitamin A dan sifat emolien, sehingga mampu melembutkan dan merehidrasi kulit serta membantu perkembangan rekonstruksi sel yang sehat.

3. Menjaga Kesehatan Organ Hati

Sebuah penelitian mengungkapkan, campuran alkohol dan beeswax ternyata mampu menormalkan fungsi dan mengurangi gejala perlemakan hati. Manfaat ini didapatkan dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Pada umumnya, keadaan ini tidak menimbulkan gejala, namun penderita bisa merasa ketidaknyamanan pada perut atau mengalami kelelahan.

4. Menjaga Kadar Kolesterol Tetap Sehat

Terdapat penelitian yang melaporkan bahwa alkohol rantai panjang atau long-chain fatty alcohols dari plant waxes dapat menurunkan kolesterol. Efek nutrisi yang dihasilkan oleh wax ester dan alkohol dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

5. Meredakan Nyeri

Zat ini juga sering digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan peradangan. Sebuah studi melaporkan bahwa zat ini dapat digunakan untuk membantu meredakan peradangan yang disebabkan oleh osteoartritis. Partisipan dari penelitian ini dilaporkan mengalami pengurangan nyeri dan kekakuan sendi.

6. Membantu Mengatasi Jerawat

Manfaat beeswax berikutnya adalah dapat digunakan sebagai salah satu perawatan rumahan untuk mengatasi jerawat. Dikarenakan sifat antiseptik, antiinflamasi, dan kandungan vitamin A, membuatnya efektif dalam menghilangkan jerawat.

Zat ini juga membantu menjaga tekstur kulit halus setelah jerawat hilang. Kombinasi perawatan kulit, pola makan sehat, dan olahraga setiap hari merupakan cara terbaik untuk mengontrol dan mencegah timbulnya jerawat.

Baca Juga: 10 Manfaat Madu Manuka bagi Kesehatan (Lengkap)

7. Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-Pecah

Jika Anda menderita kondisi ini, aplikasikan topikal lilin lebah dan beberapa bahan lainnya sangat membantu untuk memulihkan keadaan. Anda bisa menggabungkannya dengan minyak kelapa, madu, atau minyak vitamin E, dan minyak esensial lainnya.

8. Mengurangi Stretch Mark

Sebuah studi melaporkan bahwa stretch mark adalah bekas atrofi kulit dengan penipisan epidermis akibat penurunan kolagen dan serat elastis.

Studi tersebut menunjukkan bahwa kolagen adalah komponen matriks ekstraseluler utama yang sangat penting dalam penyembuhan luka. Lilin lebah mengandung vitamin A, hal itu membantu dalam produksi kolagen, sehingga sangat bermanfaat dalam mengurangi stretch mark.

Dengan menggabungkan beeswax, royal jelly, shea/cocoa butter, minyak biji anggur, dan minyak kelapa, Anda memiliki obat alami untuk mencegah dan mengatasi stretch mark sekaligus membantu meningkatkan kadar kolagen secara bersamaan.

9. Mengobati Tinea Cruris dan Infeksi Jamur Kulit

Gatal pada selangkangan dan infeksi jamur pada kulit memang mengganggu, tetapi dapat diobati dengan lilin lebah. Sifat antiinflamasinya membuat zat ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang terkait dengan gatal di selangkangan dan infeksi jamur kulit, sekaligus memberikan manfaat pelembap untuk membantu mengurangi rasa gatal.

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan campuran lilin lebah, madu, dan minyak zaitun ke area yang terkena tiga kali sehari selama empat minggu dapat membantu meredakan gatal di selangkangan dan infeksi kulit jamur secara drastis.

10. Meredakan Stres dan Meningkatkan Relaksasi

Lilin lebah ternyata juga dapat digunakan untuk membantu meredakan stres. Namun, pilihlah lilin yang terbuat dari bahan alami yaitu bersumber dari lebah organik. Jika Anda menggunakan lilin yang terbuat dengan campuran parafin, hal ini dapat membahayakan kesehatan karena jelaga dari lilin dapat terhirup.

11. Meredakan Gejala Fisura Ani

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan campuran lilin lebah, madu, dan minyak zaitun ke area yang terkena selama 12 jam mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan gatal-gatal akibat fisura ani (luka atau robekan pada anus).

Jika gejala sangat parah dan tidak bisa diatasi dengan perawatan rumahan dan obat-obatan, prosedur operasi mungkin dibutuhkan.

12. Membantu Menyembuhkan Luka Bakar

Penelitian awal menunjukkan bahwa mengoleskan kain kasa dengan campuran lilin lebah, minyak zaitun, dan alkanna pada luka bakar derajat dua mempercepat penyembuhan dan mempersingkat waktu yang dihabiskan di rumah sakit.

Penelitian awal lainnya menunjukkan bahwa menggunakan krim lilin lebah juga dapat mengurangi rasa gatal yang muncul saat luka bakar sembuh.

13. Meredakan Wasir

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan campuran beeswax, madu, dan minyak zaitun ke area yang terkena selama 12 jam mengurangi rasa sakit, pendarahan, dan gatal-gatal akibat wasir.

Keadaan ini ditandai dengan munculan benjolan di luar anus. Beberapa pemicu wasir yaitu sembelit, kehamilan, baru menjalani persalinan, sering mengangkat beban berat, dan kebiasaan duduk terlalu lama. Wasir harus segera ditangani agar tidak membengkak dan pecah.

Nah, itulah berbagai manfaat beeswax yang bisa Anda dapatkan. Meski begitu, sejumlah klaim seperti yang disebutkan di atas belum didukung oleh bukti yang kuat, sehingga penelitian lanjutan yang lebih besar masih diperlukan.

 

  1. Anonim. Beeswax. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-305/beeswax. (Diakses pada 30 Desember 2020).
  2. Oliver, Kyra. 2018. The Power of Beeswax Lowers Both Pain & Cholesterol. https://draxe.com/nutrition/beeswax/. (Diakses pada 30 Desember 2020).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi