10 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

doktersehat-manfaat-bayam

DokterSehat.Com – Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Adapun kandungan vitamin yang dimiliki bayam mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Melihat banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, apa saja manfaat bayam yang bisa didapatkan tubuh?

Berikut adalah beberapa manfaat bayam yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

  1. Mengurangi radang

Manfaat bayam pertama yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan begitu, khasiat daun bayam adalah membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.

  1. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Berkat kandungan vitamin C, A, folat serta magnesiumnya, bayam dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh

  1. Baik bagi penderita diabetes

Bagi Anda yang mengalami diabetes, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat bayam. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alpha-lipoic, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif, yang dipicu stres pada pasien diabetes. Selain itu, asam alpha-lipoic juga berguna untuk menurunkan risiko neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

  1. Mencegahan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa klorofil efektif dalam menghalangi efek karsinogenik. Karsinogenik adalah sebuah istilah yang menerangkan sifat dari zat-zat atau paparan bahan yang dapat memicu kanker (karsinogen).

  1. Mencegah anemia

Bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Namun, bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi ketika dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

  1. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat bayam yang tidak disangka adalah kemampuannya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Selain itu, khasiat bayam yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Oleh karena itu, bayam dianjurkan untuk orang dengan tekanan darah tinggi.

  1. Pencegahan asma

Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang sering mengonsumsi bayam menunjukkan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan asma daripada mereka yang konsumsi bayamnya rendah. Kandungan nutrisi pada bayam yang mampu menurunkan risiko asma adalah beta-karotennya.

  1. Kesehatan tulang

Asupan rendah vitamin K telah dikaitkan dengan risiko patah tulang yang lebih tinggi.  Di dalam bayam juga terkandung vitamin K yang membantu dalam penyerapan kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

Oleh karena itu, konsumsi bayam cukup penting karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh lewat urine.

Manfaat bayam lanjutannya adalah berkhasiat untuk mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Khasiat bayam yang terakhir adalah membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena kandungan antioksidan pada bayam yang tinggi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari sejumlah radikal bebas yang Anda dilingkungan.

Nah, itulah beberapa manfaat bayam yang bisa Anda dapatkan. Meski bermanfaat, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, sepertinya Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter, karena makanan yang mengandung vitamin K memainkan peran besar dalam pembekuan darah.