15 Manfaat Sayur Bayam yang Menyehatkan Tubuh

manfaat-bayam-doktersehat

DokterSehat.Com – Bayam adalah salah satu sayuran yang mengandung vitamin dan mineral yang cukup lengkap. Adapun kandungan vitamin yang dimiliki bayam mulai dari vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Mengetahui banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, apa saja sih manfaat bayam yang bisa didapatkan tubuh?

Manfaat Bayam untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Sayur bayam sangat menyehatkan tubuh bila rutin dikonsumsi dalam bentuk tumis bayam, salad bayam, dan resep lainnya. Nah, selengkapnya berikut ini adalah beberapa manfaat bayam yang bisa Anda dapatkan, antara lain:

1. Mengurangi radang

Manfaat bayam pertama yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan begitu, khasiat daun bayam dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh

Berkat kandungan vitamin C, A, folat serta magnesiumnya, bayam dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Baik bagi penderita diabetes

Bagi Anda yang mengalami diabetes, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat bayam. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alpha-lipoic, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif, yang dipicu stres pada pasien diabetes. Selain itu, asam alpha-lipoic juga berguna untuk menurunkan risiko neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

4. Mencegahan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Penelitian ini juga mengungkapkan, bahwa klorofil efektif dalam menghalangi efek karsinogenik. Karsinogenik adalah sebuah istilah yang menerangkan sifat dari zat-zat atau paparan bahan yang dapat memicu kanker (karsinogen). Jadi, manfaat bayam bisa mencegah kanker.

5. Mencegah anemia

Manfaat sayur bayam bisa mencegah anemia karena bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

6. Menjaga kesehatan mata

Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

7. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Manfaat sayur bayam yang tidak disangka adalah kemampuannya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

Selain itu, khasiat bayam yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Oleh karena itu, bayam dianjurkan untuk orang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Mencegah asma

Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang sering mengonsumsi bayam menunjukkan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan asma daripada mereka yang jarang mengonsumsi bayam. Manfaat bayam mampu menurunkan risiko asma berkat kandungan beta-karotennya.

9. Menyehatkan tulang

Asupan rendah vitamin K dapat mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Di dalam bayam juga terkandung vitamin K yang membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.

Oleh karena itu, konsumsi bayam cukup penting karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh lewat urine.

Manfaat sayur bayam untuk tulang juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

10. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat bayam yang satu ini pasti disenangi kaum wanita karena makan bayam bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena kandungan antioksidan pada bayam yang tinggi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari sejumlah radikal bebas yang Anda di lingkungan.

11. Memberikan manfaat neurologis

Peneliti di Department Neurosurgery and Physiological Science, University of California, AS, menyatakan bahwa manfaat bayam dengan kapasitas anti-oksidan yang tinggi telah dikaitkan dengan aktivitas mitokondria, yang bertanggung jawab untuk memengaruhi fungsi kognitif. Beberapa komponen dari bayam ini seperti potasium, folat, dan berbagai antioksidan diketahui memberikan manfaat neurologis bagi orang yang secara teratur mengonsumsi sayur bayam.

Folat mengurangi terjadinya penyakit Alzheimer, jadi bayam adalah ide yang sangat bagus untuk orang-orang yang berisiko tinggi mengalami penurunan gangguan saraf atau kognitif. Kalium adalah bagian integral dari kesehatan otak juga, dan telah dikaitkan dengan peningkatan aliran darah ke otak dan peningkatan kesadaran, konsentrasi, dan aktivitas saraf.

12. Menguatkan otot

Manfaat sayur bayam sebagai antioksidan berkat faktor C0-Q10, yang memainkan peran penting dalam memperkuat otot, terutama otot jantung yang terus memompa darah ke seluruh bagian tubuh. C0-Q10 dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati banyak penyakit kardiovaskular seperti hiperlipidemia, gagal jantung, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.

13. Meningkatkan metabolisme

Ada alasan mengapa dokter menyarankan menambahkan bayam dengan cara yang signifikan pada menu makanan Anda. Jumlah protein yang ditemukan dalam bayam sangat luar biasa untuk sayuran apa pun, dan protein ini mudah dipecah oleh enzim menjadi asam amino yang penting bagi manusia. Protein mamalia yang dibentuk kembali membantu perkembangan dan pertumbuhan otot.

Manfaat bayam juga juga meningkatkan kemampuan tubuh kita untuk menyembuhkan luka dan memberikan dorongan untuk seluruh metabolisme kita, mendorong semua organ berfungsi pada tingkat optimal mereka.

Juga, sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa Thilakoid yang ditemukan dalam bayam dapat menunda rasa lapar dan kelaparan yang dapat membantu menurunkan berat badan.

14. Mencegah aterosklerosis

Aterosklerosis disebabkan karena pengerasan arteri. Pigmen yang disebut lutein ditemukan dalam bayam telah terbukti mengurangi terjadinya aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Berkat protein dalam sayur ini, manfaat bayam cenderung mengurangi kolesterol dan timbunan lemak lainnya di pembuluh darah.

15. Membantu perkembangan janin

Manfaat bayam selanjutnya membantu perkembangan janin yang sedang tumbuh, terutama untuk pengembangan yang tepat dari sistem saraf barunya, ini berkat folat yang terkandung dalam bayam.

Cacat seperti celah bibir (sumbing) atau spina bifida (terbentuknya celah atau defek pada tulang belakang dan saraf tulang belakang) dapat terjadi karena kekurangan folat.

Vitamin A yang terkandung dalam bayam disarankan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang lebih tinggi oleh ibu hamil. Vitamin A diperlukan untuk perkembangan paru-paru janin juga dan dapat disalurkan selama menyusui, sehingga konsumsi bayam harus dilanjutkan setelah melahirkan.

Nah, itulah beberapa manfaat sayur bayam yang bisa Anda dapatkan. Meski bermanfaat, bagi Anda yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin, sepertinya Anda harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bayam, karena makanan yang mengandung vitamin K memainkan peran besar dalam pembekuan darah.