Terbit: 20 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya mengenal bawang putih sebagai bumbu masakan utama selain bawang merah. Umbi-umbian ini memberikan rasa gurih dan aroma yang khas pada setiap makanan khususnya yang diolah dalam bentuk kuah.

Manfaat Bawang Putih untuk Meningkatkan Kesehatan

Selain digunakan untuk bumbu masakan, bawang putih juga bisa digunakan sebagai suplemen dan obat untuk tubuh. Simak selengkapnya manfaat bawang putih berikut ini.

Manfaat Bawang Putih

Berikut adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan yang telah didukung oleh penelitian.

1. Mencegah flu

Flu bisa datang kapan saja tanpa bisa kita cegah. Untuk itu, pencegahan harus dilakukan dengan memakai masker serta membuat tubuh menjadi kebal virus karena antibodi bekerja dengan baik. Nah, salah satu cara untuk meningkatkan antibodi ini adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Anda bisa mengolahnya dalam bentuk sup atau langsung dikonsumsi mentah.

Baca juga: Wah, Ternyata Bawang Putih Bisa Atasi Rambut Rontok

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Menurunkan tekanan darah

Beberapa masyarakat percaya kalau mengonsumsi bawang putih bisa menurunkan tekanan darah. Apa yang diyakini oleh masyarakat ini ternyata sudah diteliti oleh Universitas Ankara. Dari data yang diambil, pemberian ekstrak bawang putih selama 4 bulan pada penderita tekanan darah dan stroke menunjukkan tanda positif. Tekanan darah jadi rendah dan jantung semakin sehat.

3. Menyehatkan jantung

Seseorang yang menderita diabetes rawan terkena penyakit kronis yang menyerang otot jantung. Nah, untuk mengatasi hal ini peneliti memberikan minyak dari ekstrak bawang putih. Individu dengan risiko penyakit jantung bisa lebih sehat setelah pemberian minyak bawang yang mengandung diallyl trisulfide.

4. Menurunkan risiko kanker paru

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Jiangsu Provincial Center for Disease Control and Prevention, seseorang yang mengonsumsi bawang putih mentah minimal dua kali seminggu mengalami penurunan risiko kanker paru. Bahkan penurunan risiko ini cukup besar hingga 44% ketimbang individu yang tidak mengonsumsi bawang putih sama sekali.

5. Mencegah penyakit Alzheimer dan demensia

Kerusakan oksidatif dari radikal bebas berkontribusi pada proses penuaan. Bawang putih mengandung antioksidan yang mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif.

Dosis tinggi suplemen bawang putih telah terbukti meningkatkan enzim antioksidan pada manusia, serta secara signifikan mengurangi stres oksidatif pada mereka dengan tekanan darah tinggi.

Efek gabungan pada pengurangan kolesterol dan tekanan darah, serta sifat antioksidan, dapat mengurangi risiko penyakit otak umum seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Baca juga: Ini Manfaat Kesehatan Dari Makan Bawang Putih Mentah di Pagi Hari

6. Bawang putih dapat membantu hidup lebih lama

Khasiat bawang putih untuk umur panjang pada dasarnya tidak mungkin untuk dibuktikan pada manusia. Tetapi mengingat efek menguntungkan pada faktor risiko penting seperti tekanan darah, masuk akal bahwa bawang putih dapat membantu Anda hidup lebih lama.

Fakta bahwa bawang putih dapat melawan penyakit menular juga merupakan faktor penting, karena ini adalah penyebab kematian yang umum, terutama pada orangtua atau orang dengan sistem kekebalan tubuh yang disfungsional.

7. Suplemen bawang putih untuk atlet

Bawang putih adalah salah satu zat “peningkatan kinerja” yang paling awal. Secara tradisional digunakan dalam budaya kuno untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kapasitas aktivitas para pekerja. Terutama, ramuan bawang putih diberikan kepada atlet Olimpiade di Yunani kuno.

Penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa bawang putih membantu pada kinerja olahraga, tetapi sangat sedikit studi pada manusia yang dilakukan.

Orang dengan penyakit jantung yang mengonsumsi minyak bawang putih selama 6 minggu memiliki penurunan 12% pada denyut jantung puncak dan kapasitas olahraga yang lebih baik.

Namun, sebuah studi pada sembilan pengendara sepeda yang kompetitif tidak menemukan manfaat kinerja. Penelitian lain menunjukkan bahwa kelelahan yang disebabkan oleh latihan dapat dikurangi dengan bawang putih.

8. Bawang putih meningkatkan kesehatan tulang

Tidak ada penelitian pada manusia yang mengukur manfaat bawang putih pada tulang keropos. Namun, penelitian pada hewan pengerat menunjukkan bahwa bawang putih dapat meminimalkan kehilangan tulang dengan meningkatkan estrogen pada wanita.

Satu studi pada wanita menopause menemukan bahwa dosis harian ekstrak bawang putih kering (sama dengan 2 gram bawang putih mentah) secara signifikan menurunkan penanda defisiensi estrogen.

Ini menunjukkan bahwa suplemen bumbu dapur ini mungkin memiliki manfaat menguntungkan pada kesehatan tulang wanita. Makanan seperti bawang putih dan bawang merah juga memiliki efek menguntungkan pada osteoarthritis.

Baca juga: Bawang Putih Bisa Mengatasi Keriput dan Komedo yang Membandel

9. Menyehatkan prostat

Pembesaran prostat mempengaruhi banyak pria saat mereka menua, tetapi diet tinggi bawang putih dan bawang menurunkan risiko benign prostatic hyperplasia (BPH). Satu studi menemukan bahwa pria yang mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko hingga 28% bahkan lebih rendah dari BPH dibandingkan dengan pria yang tidak pernah makan bawang putih. Manfaat bawang putih untuk pria ini memiliki efek yang lebih besar untuk mencegah BPH.

9. Obat jerawat

Manfaat bawang putih untuk wajah mungkin bukan bahan utama dalam obat jerawat, tetapi bawang putih menjadi obat alami yang bagus untuk menghalau noda yang tidak sedap dipandang. Antioksidannya membunuh bakteri, jadi gosokkan bawang putih yang telah diiris pada jerawat untuk perawatan topikal yang efektif.

Nah, Teman Sehat! sekarang tidak ragu lagi kan saat menggunakan bawang putih untuk bumbu masakan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi