Manfaat Bawang Putih untuk Telinga, Atasi Sakit Telinga Akibat Infeksi

manfaat-bawang-putih-untuk-telinga-doktersehat

DokterSehat.Com –¬†Bawang putih adalah salah satu bumbu paling penting untuk berbagai jenis masakan. Selain sebagai bumbu, bawang putih juga sudah dikenal sebagai herbal untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sejak dulu. Salah satu manfaat bawang putih yang banyak dipercaya adalah mengatasi berbagai masalah telinga. Apa saja manfaat bawang putih untuk telinga?

Manfaat Bawang Putih untuk Telinga

Manfaat bawang putih untuk kesehatan memang sudah banyak dipercaya oleh masyarakat. Dilansir dari Health Line, bawang putih memiliki sifat antivitus, antibakteri, hingga antijamur. Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antiinflamasi dan analgetik. Bawang putih juga dipercaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan infeksi jika dikonsumsi.

Selain berbagai manfaat untuk kesehatan tersebut, masyarakat juga percaya tentang manfaat bawang putih untuk telinga. Masih dilansir dari Health Line, manfaat bawang putih untuk telinga adalah untuk mengatasi jenis infeksi seperti berikut ini:

1. Otitis media

Otitis media adalah infeksi telinga tengah. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan di belakang gendang telinga. Otitis media sangat umum menyerang anak-anak. terkadang kondisi ini tidak membutuhan oabt-obatan, namun harus segera dikonsultasikan ke dokter jika terjadi sakit telinga yang disertai demam.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tetes telinga naturopatik yang memiliki kandungan bawang putih dan bahan herbal lainnya emmiliki efektivitas yang sama dengan obat tetes telinga yang dijual bebas. Penelitian ini dilakukan pada 103 anak yang merasakan sakit telinga akibat dari infeksi telinga tengah.

2. Otitis eksterna

Otitis externa merupakan infeksi telinga luar yang memengaruhi pembukaan luar dan saluran telinga. Umumnya yang mengalami kondisi ini adalah para perenang. Hal ini disebabkan oleh paparan kelembapan dan pertumbuhan bakteri yang dipicu oleh air yang ada di saluran telinga.

Kedua kondisi di atas merupakan kondisi infeksi telinga yang umunya dapat menyebabkan sakit telinga. Manfaat bawang putih untuk telinga adalah untuk mengatasi rasa sakit akibat infeksi telinga tersebut.

Cara Mendapatkan Manfaat Bawang Putih untuk Telinga

Terdapat dua cara untuk mendapatkan manfaat bawang putih untuk telinga, yaitu dengan menggunakan minyak bawang putih atau dengan menaruh bawang putih di telinga. Berikut adalah penjelasan untuk cara menggunakan bawang putih untuk telinga:

1. Minyak bawang putih

Minyak bawang putih tersedia di pasaran dan bisa didapatkan dari toko kesehatan maupun bawan makanan. Jika tidak menemukan minyak bawang putih di pasaran, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat dan cara penggunaan minyak bawang putih.

Cara membuat minyak bawang putih

Membuat minyak bawang putih tidak, namun minyak harus disimpan dalam wadah yang steril jika memang Anda ingin menyimpan minyak tersebut. Cara mensterilkan toples yang akan dijadikan wadah minyak adalah dengan cara memanaskannya selama 10 menit dalam air mendidih. Cara lain adalah Anda dapat membuat porsi kecil untuk penggunaan di hari yang sama.

Bahan:
  • 1 siung bawang putih
  • 2-4 sendok makan minyak zaitun
  • Panci kecil
  • Toples kaca steril dengan tutup atau pipet
  • Kapas
  • Saringan
Cara membuat:
  • Potong atau hancurkan bawang putih secara kasar.
  • Masukkan bawang putih dan minyak zaitun pada panci kecil sebelum dipanaskan.
  • Panaskan panci dengan api kecil. Jika minyak menggelembung dan berasap, tandanya api terlalu besar.
  • Aduk minyak hingga tercium bau harum.
  • Angkat panci dan biarkan mendingin.
  • Saring bawang putih dan tuangkan minyak ke dalam toples

Cara menggunakan minyak bawang putih

Baringkan orang yang sakit dengan posisi miring dan telinga yang terinfeksi menghadap ke atas. Teteskan dua atau tiga tetes minyak bawang putih hangat ke telinga. Tahan posisi selama 10-15 menit. Letakkan potongan kapas di lubang telinga agar minyak tidak merembes keluar. Sisa minyak dapat disimpan di lemari es sebelum nantinya digunakan kembali.

2. Bawang putih utuh

Selain menggunakan minyak, Anda juga bisa menggunakan bawang putih secara langsung. Efek menaruh bawang putih di telinga tentu tidak berbeda jauh dengan penggunaan minyaknya. Siapkan satu siung bawang putih, kasa, dan waslap untuk melakukannya.

Cara menggunakan bawang putih utuh

  • Potong bagian ujung bawang putih segar.
  • Bungkus bawang putih dengan kain tipis atau kasa.
  • Tempatkan ke dalam telinga dengan bagian ujung yang dipotong berada di bagian dalam.
  • Gunakan waslap hangat untuk mengurasi rasa nyeri pada telinga dengan cara meletakkannya di atas telinga.

Efek taruh bawang putih di telinga untuk anak-anak tidak diketahui sehingga penggunaannya tidak disarakan. Karena ditakutkan bawang putih dapat terdorong ke dalam telinga anak.

Risiko Penggunaan Minyak Bawang Putih

Penggunaan minyak bawang putih juga dapat menimbulkan risiko seperti efek taruh bawang putih di telinga secara langsung. Jika ingin mendapatkan manfaat bawang putih untuk telinga melalui minyak bawang putih, sebaiknya lakukan tes pada kulit lebih dulu.

Jangan langsung gunakan di telinga, oleskan lebih dulu minyak tersebut di bagian dalam lengan. Jika muncul reaksi kulit seperti terbakar, tidak nyaman, kesemutan, dan kemerahan, sebaiknya langsung bersihkan dengan sabun dan jangan gunakan minyak tersebut pada telinga.

Minyak bawang putih juga tidak boleh digunakan untuk kondisi gendang telinga pecah. Jika kondisi ini terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penangangan lebih lanjut. Risiko lain dari pengguaan minyak adalah pertumbuhan bakteri akibat wadah yang tidak steril.

Itu dia manfaat dan efek menaruh bawang putih di telinga yang perlu diketahui. Manfaat bawang putih untuk telinga memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya. Meskipun begitu, sudah banyak yang menikmati manfaat ini. Jika kondisi semakin memburuk, segera hubungi dokter.