Terbit: 18 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bawang putih adalah bumbu dapur yang telah digunakan sejak zaman nenek moyang, ribuan tahun lalu. Fungsi utama dari bawang putih adalah sebagai pelezat rasa sehingga bisa menggugah selera. Namun, seiring berjalannya waktu, para ilmuan berhasil menemukan berbagai macam manfaat dari bawang putih karena senyawa yang dikandungnya.

Jangan Dibuang, Bawang Putih yang Muncul Daunnya Juga Menyehatkan

Adapun manfaat dari bawang putih mulai dari menurunkan kadar kolesterol, menstabilkan tekanan darah, mengatasi rambut rontok, meningkatkan sistem imun, menjaga kesehatan otak, mencegah sakit jantung, mencegah stroke, dan berbagai macam manfaat lainnya bagi kesehatan. Karena begitu banyak manfaatnya, saat ini bawang putih menjadi primadona bagi setiap orang, khususnya dalam urusan dapur.

Biasanya, kebanyakan orang akan memilih bawang putih yang normal, alias tidak berdaun. Sehingga seringkali jika menemukan bawang putih yang berdaun (bertunas), mereka akan membuangnya karena dianggap tak layak pakai atau konsumsi.

Padahal, bawang putih bertunas juga memiliki khasiat yang tidak bisa disepelekan. Perlu diketahui, bawang putih tetaplah bermanfaat, walau dalam kondisi apapun. Hal tersebut juga dibenarkan oleh para ilmuan asal Universitas Kyungpook di Korea Selatan, bahwasanya bawang putih yang berdaun sangat tinggi antioksidannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, dikatakan pula tidak ada perbedaan sedikitpun pada bawang putih yang berdaun dan yang tidak berdaun. Tapi karena sugesti dan tradisi beberapa daerah menjadikan orang enggan menggunakan bawang putih yang berdaun.

Hal senada juga disampaikan oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Agriculture And Food Chemistry, bahwa perkembangan bawang putih dari setiap periodenya selalu mengalami tingkatan nutrisi. Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa daun putih yang berdaun (tua) memiliki antioksidan yang cukup tinggi.

Para peneliti tersebut mengatakan bahwa, akan ada dua manfaat yang didapatkan, yakni dari bawang putih itu sendiri dan dari daun yang menempel. Karena itu jangan pernah sepelekan atau membuang bawang yang sedang tumbuh tunas, sebab ada khasiat baik di dalamnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi