14 Manfaat Bawang Hitam yang Mengejutkan

gambar-bawang-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda pernah mendengar bawang hitam? Bawang hitam adalah bawang yang memiliki banyak manfaat penting bagi tubuh. Manfaat bawang hitam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apakah Anda tahu jika khasiat bawang hitam berdampak positif terhadap derajat kesehatan Anda dan mencegah dari banyak penyakit?

Baca terus untuk mengenal lebih jauh tentang bawang hitam. Temukan apa itu bawang hitam, kandungan gizi bawang hitam, dan manfaat bawang hitam melalui penjelasan di bawah ini.

Apa itu bawang hitam?

Bawang hitam adalah bawang putih yang telah diawetkan. Proses pengawetan bawang hitam dilakukan dengan memanfaatkan reaksi Mailard. Bawang putih segar disimpan pada suhu tinggi sekitar 60-80 derajat Celcius dengan kelembapan 70-90% selama 10-40 hari.

Proses tersebut akan mengubah warna bawang putih menjadi hitam dan juga mengubah sifat kimia. Ini juga akan mengubah rasanya menjadi lebih manis dan aroma yang tidak terlalu kuat. Tekstur bawang hitam juga terasa lebih lembut dan kenyal seperti agar.

Kandungan zat gizi bawang hitam

Pada dasarnya bawang hitam memiliki kandungan zat gizi yang sama dengan bawang putih. Namun, reaksi Mailard yang terjadi telah mengubah bentuk zat tertentu. Ada juga zat-zat gizi yang yang meningkat dan ada pula yang menurun.

Bawang hitam mengandung banyak antioksidan karena kandungan alisin pada bawang putih yang telah mengalami reaksi Mailard berubah menjadi berbagai senyawa antioksidan. Beberapa senyawa antioksidan yang terbentuk di antaranya adalah amadori, hidroksimetilfurfural, organosulfur, dan piruvat.

Bawang hitam mengandung semua senyawa antioksidan tersebut dengan konsentrasi tinggi. Reaksi Mailard juga telah meningkatkan beberapa senyawa pada bawang hitam seperti polifenol, flavonoid, fenilalanin, leusin, dan isoleusin.

Kandungan seperti tirosin, sistein, dan fruktan masih dimiliki oleh bawang hitam hanya saja kadarnya menjadi lebih rendah. Selain itu, bawang hitam juga mengandung nitrogen oksida, selenium, arginin, fruktosil glutamat, dan linoleoilgliserol.

Manfaat bawang hitam yang menakjubkan

Bawang hitam memang telah mengalami banyak perubahan dari aslinya yaitu bawang putih. Anda akan temukan aroma yang kurang kuat, rasa yang manis, tekstur seperti agar, dan warnanya yang hitam pada bawang hitam.

Namun, hal tersebut tidak membuat khasiat bawang hitam menjadi lebih sedikit daripada bawang putih. Bawang hitam tetap memiliki manfaat bahkan lebih banyak dari manfaat bawang putih karena mengandung banyak senyawa antioksidan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat bawang hitam yang menakjubkan:

1. Mencegah dan mengatasi berbagai penyakit kanker

Manfaat bawang hitam bisa mencegah dan mengatasi berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini dikarenakan bawang hitam dapat menghambat sinyal-sinyal yang mendukung pertumbuhan sel-sel kanker.

Bawang hitam juga mampu membunuh sel-sel kanker hingga benar-benar mati. Berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker perut, kanker serviks, dan kanker lainnya. Khasiat bawang putih juga bisa mengobati leukimia.

2. Menjaga kesehatan jantung

Bawang hitam memiliki peran penting terhadap jantung. Manfaat bawang hitam bisa menjaga jantung agar tetap sehat. Bawang hitam mengandung zat yang mampu menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat di dalam darah.

Selain itu, khasiat bawang hitam juga bisa meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik. Kadar kolesterol LDL yang rendah dan kadar kolesterol HDL yang rendah bisa meningkatkan kesehatan jantung.

3. Menurunkan tekanan darah

Khasiat bawang hitam juga bisa menurunkan tekanan darah agar tetap berada di kisaran normal. Kandungan organosulfur di dalam bawang hitam dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan aliran darah terhadap dinding arteri menurun.

Hal ini pun berdampak pada tekanan darah yang mengalami penurunan. Konsumsi bawang putih secara rutin sangat baik bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi. Para penderita hipertensi secara berangsur dapat memiliki tekanan darah yang normal.

4. Sumber antioksidan

Proses pengawetan bawang putih segar telah mengubah kandungan alisin menjadi berbagai senyawa antioksidan yang sangat kuat dan baik bagi kesehatan. Kandungan antioksidan pada bawang hita bahkan berkali-kali lebih efektif terhadap untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat bawang putih sebagai sumber antioksidan dapat menangkal berbagai radikal bebas, mengurangi risiko kerusakan kulit, menurunkan risiko kerusakan jaringan dan sel, dan juga mengurangi risiko kerusakan organ-organ tubuh.

5. Meredakan peradangan

Bawang hitam mengandung antioksidan dan zat lain yang memiliki sifat antiinflamasi. Zat-zat tersebut bisa mencegah lepasnya sitokin yang akan merangsang respon inflamasi. Sitokin yang mampu dicegah pelepasannya bisa mencegah stimulasi respon inflamasi.

Selain itu, khasiat bawang hitam juga bisa menurunkan kadar sitokin sehingga faktor risiko inflamasi juga berkurang. Berbagai jenis peradangan seperti radang sendi, nyeri otot, dan radang lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi bawang hitam.

6. Mengatasi alergi

Apakah Anda memiliki alergi tertentu? Konsumsilah bawang hitam karena manfaat bawang hitam dapat mengatasi gangguan alergi. Bawang hitam dapat menghambat gen-gen yang menyebabkan munculnya reaksi alergi.

Pada kasus alergi tingkat parah, khasiat bawang hitam mampu mengurangi reaksi alergi. Bawang hitam dapat memberi hambatan pada molekul penyebab alergi dan mengaktifkan sel-sel imunitas yaitu makrofag.

7. Menjaga kesehatan hati

Hati adalah organ yang memiliki peran penting terhadap pembuangan racun. Oleh karena itu, hati harus selalu dijaga agar racun-racun di dalam tubuh bisa dihancurkan dan dikeluarkan dari tubuh.

Manfaat bawang hitam bisa menjaga kesehatan hati. Kandungan zat-zat di dalam bawang hitam akan mengobati kerusakan hati dan meningkatkan metabolisme hati. Khasiat bawang hitam juga dapat menurunkan kadar lemak di hati.

8. Mencegah obesitas

Jika Anda termasuk orang yang memiliki masalah kegemukan atau obesitas maka konsumsilah bawang hitam secara teratur. Ini dikarenakan bawang hitam dapat menurunkan berat badan.

Selain berat badan, manfaat bawang hitam juga dapat menurunkan lemak-lemak di perut dan sel-sel lemak. Oleh karena itu, konsumsilah bawang hitam secara rutin agar berat badan Anda menjadi ideal dan lemak-lemak menjadi luruh.

9. Melindungi sel-sel otak

MSG atau monosodium glutamat adalah penyedap rasa yang biasa digunakan pada berbagai jenis masakan. Pada beberapa penelitian, MSG dapat merusak sel-sel otak. Tentunya hal ini sangat tidak baik bagi perkembangan otak.

Mungkin Anda telah berusaha untuk menghindari makanan yang mengandung MSG. Akan tetapi, bisa saja tanpa disadari Anda mengonsumsi makanan yang mengandung MSG. Anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi bawang hitam karena manfaat bawang hitam dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat asupan MSG.

10. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan beragam di dalam bawang hitam memberikan dampak positif terhadap sistem kekebalan tubuh. Bawang hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan antioksidannya. Hal ini sangat baik untuk melindungi tubuh dari berbagai jenis penyakit.

11. Mengatasi infeksi

Selain memiliki sifat antiinflamasi, kandungan di dalam bawang hitam juga bersifat antibakteri. Ini membuat bawang hitam berkhasiat untuk mengatasi berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti bakteri E. coli.

12. Mengatasi penyakit diabetes

Apakah Anda menderita penyakit diabetes? Jika iya maka Anda memerlukan asupan bawang hitam. Ini dikarenakan bawang hitam bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah agar tetap normal. Beberapa penelitian menunjukan konsumsi bawang hitam dapat menurunkan kadar gula darah.

13. Melindungi tubuh dari serangan penyakit

Berbagai jenis penyakit selain kanker, jantung, dan diabetes juga dapat dicegah. Bawang putih mengandung antioksidan dalam konsentrasi tinggi pada bawang hitam. Antioksidan akan meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

14. Sumber vitamin dan mineral

Selain sebagai sumber antioksidan yang bagus, bawang hitam juga bisa dijadikan bahan makanan sumber vitamin dan mineral. Bawang hitam mengandung banyak vitamin dan mineral seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, fosfor, magnesium, mangan, dan selenium. Semua vitamin dan mineral tersebut memiliki banyak fungsi bagi metabolisme tubuh.