Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kentut dianggap sebagai hal yang sangat tidak sopan untuk dikeluarkan, apalagi di depan banyak orang. Hal ini disebabkan oleh bau kentut yang cenderung busuk dan bisa membuat mual-mual. Meskipun terlihat menjijikkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bau kentut sepertinya justru bisa menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Bau Kentut Bisa Menyembuhkan Penyakit?

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Exeter dan hasilnya kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul Medicinal Chemistry Communications, disebutkan bahwa gas hydrogen sulfida yang bisa kita temukan dalam kentut manusia atau telur busuk ternyata bisa menurunkan risiko beberapa penyakit berbahaya seperti kanker, serangan jantung, stroke, arthritis, dan demensia.

Para ahli menyebutkan bahwa meskipun menghirup bau gas hydrogen sulfida dalam jumlah yang banyak bisa berbahaya bagi kesehatan, menghirupnya dalam jumlah sedikit sebagaimana saat kita menghirup bau kentut sepertinya bisa mencegah kerusakan mitokondria dalam tubuh.

Profesor Matt Whiteman, salah satu ahli yang terlibat dalam penelitian ini menyebutkan bahwa setelah membuat senyawa bernama AP39 untuk mengetahui bagaimana efek dari bau kentut yang kita hirup, dihasilkan fakta bahwa mitokondria pada tubuh bisa terlindungi dengan baik sehingga tidak akan mudah terkena berbagai penyakit berbahaya.

Hanya saja, fakta ini masih terbatas pada percobaan di laboratorium dan belum benar-benar bisa membuktikan manfaat dari menghirup bau kentut bagi kesehatan secara umum. Hal ini berarti, alih-alih sering menghirup bau kentut, ada baiknya kita tetap menerapkan gaya hidup sehat agar tidak mudah terkena penyakit berbahaya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi