Manfaat Tak Terduga Tidur dengan Bantal dan Guling

kebiasaan-sebelum-tidur-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Tak hanya kasur, kita pasti akan menemukan bantal dan guling di ruangan tidur kita. Bahkan, di dalam satu kasur milik saudara atau teman kita, bisa saja ditemukan cukup banyak bantal dan guling. Sebagian orang bahkan sampai mengaku tidak bisa tidur jika tidak memakai salah satu dari bantal atau guling.

Dilansir dari Tonic Vice, pakar psikolog dari Florida, Amerika Serikat bernama Stepanie Silberman menyebutkan bahwa bantal dan guling memang bisa memberikan manfaat luar biasa bagi kualitas tidur kita. Dengan adanya bantal dan guling, maka kita bisa mendapatkan tidur yang jauh lebih nyenyak dan pulas. Hal ini tentu akan membuat tubuh terasa jauh lebih bugar saat bangun di keesokan paginya.

Yang tidak disangka adalah, penggunaan bantal dan guling ternyata bisa membantu penderita sleep apnea menurunkan gejala kesehatannya.

“Tidur dengan memeluk bantal atau guling bisa menurunkan sleep apnea atau henti napas saat tidur karena posisi tidur yang jauh lebih nyaman,” ucap Silberman.

Tak hanya bagi penderita sleep apnea, penggunaan bantal dan guling juga akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi ibu hamil. Sebagaimana kita ketahui, perubahan fisik dan hormon yang terjadi pada ibu hamil bisa membuatnya mengalami masalah susah tidur. Dengan memeluk bantal atau guling dan menempatkannya di posisi yang tepat, ibu hamil tentu akan bisa mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga tidak mudah kelelahan.

Hanya saja, pastikan untuk rutin mengganti sarung bantal dan guling serta menghindari penggunanaan bantal dan guling terlalu empuk atau terlalu keras karena bisa membuat gangguan pada postur tubuh.