DokterSehat.Com– Melihat si kecil sudah mulai lancar berjalan tentu menyenangkan ya Mom? Pada tahap ini, anak-anak mungkin lebih suka berjalan atau berlarian bebas ke sana kemari tanpa menggunakan alas kaki. Meskipun hal ini sering membuat orang tua khawatir karena anak berisiko cedera, namun ternyata hal ini memiliki banyak manfaat. Apa saja?

bayi telanjang kaki doktersehat 1

Manfaat balita berjalan tanpa alas kaki

1. Membuat anak lebih mantap untuk berjalan

Menurut sejumlah penelitian, anak yang berjalan tanpa alas kaki ternyata berjalan lebih mantap dibanding ketika mereka menggunakan alas kaki. Berjalan tanpa alas kaki membantu anak ntuk menguatkan otot dan ligamen kaki serta membentuk lengkung pada telapak kakinya. Dengan begitu, ia akan belajar berjalan dan menyeimbangkan diri dengan lebih baik.

Selain itu anak-anak juga akan belajar menggunakan jari kaki mereka untuk mencengkeram. Hal ini penting untuk membantu mengembangkan postir tubuh dan cara berjalan yang lebih baik.

2. Membuat anak lebih lincah

Saat berjalan tanpa alas kaki atau nyeker, anak juga terlatih untuk lebih sigap untuk memanjat, mengeram, berputar dan menyeimbangkan tubuh. Anak-anak juga belajar untuk lebih waspada ketika ada benda tajam yang ia temui.

3. Menguatkan tulang kaki anak

Anak yang terlalu sering menggunakan sepatu dapat mencegah tulang kaki untuk berkembang dengan baik. Dengan membiarkan anak berjalan dan berlari tanpa sepatu, hal ini membantu tulang kaki bertumbuh alami dan mengurangi kemungkinan kerusakan yang bisa berakhir permanen.

4. Menghindari dari kaki lecet

Sepatu anak yang terlalu sempit dapat berisiko membuat anak terkena lecet dan jamur yang membuat kaki anak bau. Untuk itu orang tua perlu memberikan sepatu dengan ukuran yang pas bagi kaku anak.