10 Manfaat Baking Soda (Soda Kue) untuk Wajah, Bisa Mengatasi Jerawat?

manfaat-baking-soda--doktersehat

DokterSehat.Com – Baking soda atau soda kue adalah bahan dapur yang memiliki banyak manfaat. Kaum hawa perlu mengetahui bahwa ada beberapa manfaat baking soda untuk wajah. Manfaat soda kue untuk wajah yang akan dipaparkan ini akan membuat kamu tercengang.

Baca terus untuk menemukan beberapa manfaat baking soda untuk wajah yang menakjubkan. Temukan pula apa perbedaan antara soda kue, baking soda, dan baking powder. Adakah perbedaan manfaat baking soda dan manfaat baking powder? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa perbedaan soda kue, baking soda, dan baking powder?

Sebelum masuk pada bahasan manfaat soda kue untuk wajah, mungkin masih banyak orang yang bingung dengan perbedaan dari soda kue, baking soda, dan baking powder. Ketiganya adalah bahan pengembang kue. Baking soda adalah nama lain dari soda kue, sedangkan baking powder adalah bahan yang berbeda dengan soda kue.

Soda kue hanya mengandung satu zat kimia yaitu sodium bikarbonat atau natrium bikarbonat yang bersifat basa, sedangkan baking powder selain mengandung basa sodium bikarbonat, juga mengandung asam yaitu monokalsium fosfat.

Mungkin Anda telah mengetahui bahwa manfaat baking powder dan baking soda untuk kue adalah untuk mengembangkan kue. Apabila manfaat baking powder hanya terbatas pada hidangan kue maka manfaat baking soda bisa juga untuk wajah.

Manfaat baking soda untuk wajah yang cantik

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa soda kue memiliki beberapa manfaat untuk wajah. Mungkin Anda pun belum mengetahui beberapa manfaat soda kue untuk wajah ini. Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat baking soda ini apabila Anda menggunakannya dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa manfaat baking soda untuk wajah agar nampak lebih indah:

1. Mengatasi jerawat

Manfaat baking soda untuk wajah bisa untuk menghilangkan jerawat. Hal ini dikarenakan soda kue mengandung bahan yang bersifat antibakteri. Jadi, bakteri penyebab jerawat bisa diatasi oleh soda kue.

2. Menghilangkan komedo

Selain untuk mengatasi jerawat, manfaat soda kue untuk wajah juga bisa untuk menghilangkan komedo di wajah. Komedo bisa terangkat dan dibersihkan dengan menggunakan soda kue.

3. Mengangkat sel-sel kulit mati

Sel-sel kulit mati membuat kulit wajah menjadi kusam yang seringkali mengganggu penampilan Anda. Kini, Anda bisa menerapkan soda kue yang ditambahkan dengan sedikit air pada wajah. Pasta soda kue ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

4. Memutihkan kulit wajah

Wajah yang putih adalah dambaan hampir semua wanita. Anda tidak perlu menggunakan krim pemutih wajah yang mahal. Hal ini dikarenakan soda kue memiliki manfaat untuk memutihkan wajah. Kandungan di dalam soda kue bisa membuat wajah Anda lebih cerah.

5. Mengecilkan pori-pori wajah

Sebuah kabar bahagia bagi Anda yang memiliki pori-pori besar di wajah. Manfaat soda kue untuk wajah ternyata bisa untuk mengecilkan pori-pori. Kandungan soda kue bisa membersihkan sekaligus mengecilkan kembali pori-pori wajah Anda.

6. Mengatasi wajah berminyak

Selain untuk mengangkat sel-sel kulit mati, soda kue memiliki manfaat untuk mengatasi wajah berminyak. Anda bisa menggunakan soda kue sebagai scrub wajah. Ini bisa berguna untuk menjaga kelembapan wajah Anda sehingga wajah berminyak pun bisa diatasi.

7. Mengatasi ruam di wajah

Apabila Anda memiliki masalah ruam kulit di wajah maka Anda tidak perlu bingung. Manfaat baking soda untuk wajah bisa mengatasi ruam. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam soda kue bersifat antiinflamasi. Kandungan antiinflamasi pada soda kue bisa meredakan ruam di wajah.

8. Menyamarkan noda hitam di wajah

Noda hitam di wajah kerap kali dialami oleh banyak wanita seiring bertambahnya usia. Anda bisa mengatasi masalah wajah yang satu ini dengan menggunakan baking soda. Manfaat baking soda untuk wajah bisa memudarkan noda hitam dengan menerapkan soda kue bersama jus lemon pada area yang terdapat noda hitam di wajah.

9. Mengatasi wajah yang terpapar cahaya matahari

Adakalanya, wajah tidak bisa luput dari sengatan matahari terlebih bagi Anda yang sering berada di luar ruangan pada siang hari. Paparan sinar matahari yang terlalu lama bisa merusak kulit dan hal ini akan mengurangi keindahan wajah. Soda kue bermanfaat untuk mengobati wajah yang terpapar matahari.

10. Mencerahkan bibir yang gelap

Bibir adalah salah satu bagian dari wajah. Manfaat baking soda untuk wajah juga berlaku untuk bibir. Soda kue memiliki manfaat untuk mencerahkan bibir Anda dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di bibir. Anda bisa memiliki bibir yang cerah setelah menerapkan soda kue pada bibir Anda.