Terbit: 22 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Baby Spa kini semakin menjamur terutama di kota-kota besar. Banyak ibu yang akhirnya ‘latah’ mengikuti tren ini. Seharusnya, para ibu memahami tujuan membawa bayinya ke tempat spa adalah untuk mendapatkan manfaat baby spa.

Bukan Cuma Tren, 10 Manfaat Baby Spa untuk Bayi, Bisa Meningkatkan Kecerdasan?

Jika para ibu mengetahui manfaat baby spa untuk bayi maka ini akan berbeda ketika ibu datang ke tempat baby spa. Para ibu yang paham tentang manfaat ini akan sungguh-sungguh memerhatikan bayinya saat melakukan terapi di baby spa.

Apa Itu Baby Spa?

Baby Spa adalah salah satu bentuk perawatan bayi yang memiliki beberapa tahapan. Spa merupakan kepanjangan dari solus per aquaSolus memiliki arti pengobatan, per artinya dengan, dan aqua adalah air.

Jadi, secara harfiah, arti dari baby spa adalah pengobatan atau perawatan dengan menggunakan air sebagai media. Tahapan baby spa memang menggunakan air sebagai medianya.

Manfaat Baby Spa untuk Bayi

Baby spa itu lebih dari sekedar tren atau membuat bayi memiliki waktu di luar rumah. Ada banyak manfaat baby spa untuk bayi. Setiap orang tua terutama ibu harus mengetahui manfaat dari baby spa bagi bayi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Berikut ini adalah beberapa manfaat baby spa bagi bayi:

1. Menghilangkan stres

Bayi adalah mahluk mungil yang mudah stres. Tangisannya yang cukup intens akan membuat bayi stres dan penat. Baby spa bisa membantu dalam hal ini karena manfaat baby spa bisa menghilangkan stres pada bayi.

Segala penat pun juga akan hilang setelah mendapatkan baby spa. Treatment baby spa akan merangsang hormon kortisol dan oksitosin. Hormon kortisol yang merupakan hormon penyebab stres akan berkurang dan bayi pun menjadi lebih riang.

Baby spa juga akan membuat hormon oksitoksin meningkat sehingga bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman. Dengan begitu, stres bayi hilang dan ceria pun datang. Pastinya Anda senang kan jika melihat bayi Anda senang.

2. Meningkatkan nafsu makan

Bayi yang mendapatkan treatment baby spa cenderung memiliki nafsu makan yang lebih tinggi. Ini dikarenakan setelah baby spa, produksi hormon gastrin dan insulin meningkat. Peningkatan kedua hormon ini membuat nafsu makan bayi meningkat.

Baca Juga: Bayi Anda kurus? Ini 8 Makanan Penambah Berat Badan Bayi yang Sehat

3. Memperbaiki pola tidur

Tubuh yang lebih tenang akan membuat bayi merasa lebih rileks setelah baby spa. Selain itu, gerakan bayi yang menguras energi akan membuat bayi lelah dan akhirnya cepat tertidur lelap. Ini bisa membantu memperbaiki pola tidur bayi agar teratur.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi

Ingin bayi Anda jarang sakit? Salah satu caranya adalah dengan melakukan baby spa secara teratur. Treatment baby spa bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi sehingga bayi menjadi lebih kuat ketika kuman atau virus menyerang.

5. Membantu pertambahan berat badan bayi

Manfaat baby spa juga bisa membantu meningkatkan berat badan bayi. Selain dikarenakan nafsu makan bayi meningkat, baby spa juga memiliki kontribusi untuk merangsang enzim-enzim yang ada di dalam perut.

Enzim-enzim pencernaan tersebut akan terangsang sehingga mampu menyerap zat gizi lebih optimal dari makanan bayi. Hal ini membuat tubuh bayi mendapatkan lebih banyak zat-zat gizi dan berat badan bertambah lebih banyak.

6. Melancarkan peredaran darah

Baby spa yang melibatkan pijatan bayi sebagai salah satu tahapannya akan membantu melancarkan peredaran darah pada bayi. Peredaran darah yang lancar sangat penting bagi tumbuh kembang dan kesehatan bayi.

7. Meningkatkan kemampuan panca indera

Selama melakukan baby spa, panca indera bayi akan terangsang dan membuat fungsinya menjadi lebih optimal. Keempat indera yaitu indra peraba, penciuman, penglihatan, dan
pendengaran akan terlatih dengan baik.

8. Mendukung perkembangan motorik

Manfaat baby spa juga dapat mendukung perkembangan motorik baik motorik kasar maupun motorik halus. Otot-otot bayi akan menjadi lebih kuat dan bisa berkoordinasi dengan lebih baik lagi.

Selain itu, koordinasi otot kecil pada mata dan tangan juga akan terangsang. Ini penting untuk perkembangan motorik halus bayi Anda. Perkembangan motorik bayi Anda akan lebih pesat lagi jika ditunjang dengan aktivitas bermain secara rutin.

Baca Juga: Jangan Salah Beli! Ini Dia Tips Memilih Mainan Bayi yang Aman

9. Meningkatkan kecerdasan

Setiap ibu pastinya ingin memiliki anak yang cerdas. Cara meningkatkan kecerdasan bayi juga bisa dilakukan melalui baby spa. Ya, manfaat baby spa bisa membuat fungsi otak bekerja lebih optimal.

Efek positif yang bisa didapat, bayi pun akan semakin cerdas dan IQ nya bisa meningkat. Tahapan baby spa yang paling berperan pada manfaat ini adalah tahap pemijatan pada bayi. Pijatlah saraf dan otot bayi agar sinapsisnya terangsang.

10. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Tidak ada yang mengira jika baby spa memiliki manfaat terhadap kemampuan verbal atau berbahasa pada bayi. Manfaat baby spa yang satu ini juga sangat dipengaruhi oleh tahap pemijatan bayi pada baby spa treatment. 

Baca Juga: Arti Bahasa Bayi Saat Menangis, Sudah Tahukah Anda?

Mulai Usia Berapa Bayi Bisa Ikut Baby Spa?

Banyak ibu yang masih ragu untuk mengikutsertakan bayinya dalam treatment baby spa. Hal ini dikarenakan informasi mengenai usia diperbolehkannya bayi ikut baby spa. Bayi mulai diperbolehkan ikut baby spa sejak usia 3 bulan di mana lehernya sudah tegak.

Ada juga yang mengatakan jika bayi 1 bulan sudah bisa ikut baby spa. Akan tetapi, ini bisa berisiko pada bayi Anda jika Anda tidak mengawasinya dengan ketat. Sebaiknya, sebelum bayi Anda menginjak usia 3 bulan, lakukan saja baby spa sendiri di rumah.

Tahapan Baby Spa

Tahapan baby spa bisa jadi berbeda antara satu tempat dengan tempat lain. Namun, umumnya, tahapan baby spa dimulai dari tahapan memijat bayi agar otot dan sarafnya terangsang.

Setelah tahap pemijatan selesai maka lanjut pada tahap senam bayi. Terapis profesional akan membuat tubuh bayu seolah sedang senam. Tahap berikutnya adalah tahap berendam atau berenang ala bayi (baby swim).

Kadang kala, ada pusat baby spa yang meletakkan lebih dari satu bayi di dalam baby pool. Jika demikian, maka ada satu manfaat baby spa yang akan didapat yaitu manfaat dalam bersosialisasi.

 

Sumber:

  1. UNS: Abstrak Tugas Akhir. Landasan Teori (Baby Spa). http://abstrak.ta.uns.ac.id/wisuda/upload/R1115042_bab2.pdf [diakses pada 22 Januari 2019]
  2. D Setiawan. 2015. Skripsi: Pengaruh Baby Spa (Solus Per Aqua) terhadap Pertumbuhan Bayi Usia 3-4 Bulan. Surakarta: UMS. http://eprints.ums.ac.id/35980/18/naskah%20publikasi%20revisi%202.pdf [diakses pada 22 Januari 2019]

 

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi