Terbit: 4 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Tanpa disangka, ada banyak sekali manfaat baby oil untuk wajah. Baby oil adalah salah satu produk yang wajib dimiliki oleh para bayi. Namun meskipun diciptakan untuk bayi, tapi ternyata baby oil juga banyak digunakan oleh orang dewasa. Hal ini terjadi karena ternyata ada banyak sekali manfaat baby oil untuk kecantikan, lho!

Bukan Cuma untuk Bayi, Ini 12 Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Kecantikan!

Kandungan Baby Oil

Baby oil dikenal sebagai minyak serbaguna yang sering digunakan untuk bayi. Baby oil biasa digunakan untuk memijat bayi, membersihkan dan melembapkan kulit bayi, memijat bayi, dan juga membersihkan kulit kepala bayi. Baby oil aman untuk digunakan pada kulit bayi yang sensitif, sehingga tentunya juga aman untuk digunakan oleh orang dewasa.

Baby oil terbuat dari mineral oil, yang merupakan turunan dari minyak bumi. Minyak mineral memiliki sifat tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak mudah teroksidasi. Jenis mineral oil yang digunakan untuk baby oil atau produk kecantikan lainnya adalah minyak mineral yang sudah disuling atau sudah dimurnikan.


Kandungan baby oil terdiri dari mineral oil hingga 98%, sisanya adalah fragrance atau pewangi. Terdapat juga beberapa produk baby oil dengan kandungan lidah buaya dan juga minyak zaitun. Campuran dapat berbeda pada setiap merek baby oil yang berbeda.

Baca Juga: 16 Manfaat Nature Republic Aloe Vera Gel untuk Kecantikan

Manfaat Baby Oil untuk Wajah dan Kecantikan

Baby oil tidak hanya baik digunakan untuk bayi, tapi juga memiliki berbagai manfaat untuk orang dewasa. Penggunaan baby oil untuk wajah dan kecantikan ternyata juga sudah banyak dicoba oleh masyarakat. Berikut adalah beberapa manfaat baby oil untuk kecantikan yang populer di masyarakat:

1. Pembersih Make Up

Manfaat baby oil untuk wajah yang pertama adalah dapat digunakan sebagai pembersih make up. Seperti yang kita ketahui, sisa make up di wajah harus dibersihkan setiap hari. Jika tidak dibersihkan, maka sisa make up di wajah dapat menimbulkan masalah seperti jerawat, kulit kering, atau bahkan dapat menyebabkan penuaan dini.

Baby oil ampuh menjadi make up remover, terutama pada bagian make up mata. Caranya sama seperti menggunakan pembersih make up biasa yaitu dengan menuangkan baby oil ke kapas, kemudian mengoleskannya seluruh wajah. Ulangi hingga tidak ada sisa kotoran yang menempel di kapas.

Mineral oil memiliki molekul besar sehingga dapat menembus kulit tanpa menyumbat pori-pori. Meskipun begitu, mineral oil masih berpotensi menjebak kotoran atau sel kulit mati yang sudah terlanjur ada di pori-pori. Maka dari itu, disarankan untuk membilas wajah setelah menggunakan baby oil sebagai pembersih.

2. Pelembap Kulit Wajah

Percaya atau tidak, kulit wajah bisa jadi lembap dengan sering menggunakan baby oil.

Tidak hanya kulit wajah sebenarnya, baby oil juga dapat diaplikasikan ke seluruh tubuh. Anda bisa menggunakan baby oil sebagai body lotion dan mengaplikasikannya ke seluruh tubuh setelah mandi. Ini akan mencegah kelembapan kulit cepat hilang.

Kemampuan mineral oil yang mampu melembapkan ini yang membuatnya terkandung dalam beberapa produk pelembap. Baby oil yang melembapkan kulit membuat kulit terlihat sehat dan juga tetap lembut setiap hari.

3. Pelembap Bibir

Manfaat baby oil untuk wajah lainnya adalah untuk melembapkan bibir. Tentunya bibir yang kering dan pecah-pecah tidak hanya mengganggu penampilan, tapi juga dapat menyiksa karena rasa perih yang ditimbulkannya. Selain dengan minum banyak air putih dan menghindari berbagai kebiasaan yang membuat bibir kering, Anda juga bisa menjadikan baby oil sebagai salah satu solusi.

Gunakan baby oil sebagai masker bibir setiap sebelum tidur. Pagi harinya, rasakan bibir menjadi lebih lembap dan tidak mudah kering. Lakukan setiap hari jika Anda memiliki masalah bibir kering yang cukup parah. Namun jika cara ini tidak efektif untuk melembapkan bibir Anda, lebih baik temukan penyebab bibir kering Anda agar bisa mendapatkan solusi yang tepat.

4. Menggantikan Krim Pencukur

Baby oil ternyata bisa dimanfaatkan untuk menggantikan krim pencukur.

Bagi sebagian pria, mencukur rambut di wajah harus dilakukan secara rutin untuk menjaga penampilan. Mencukur tanpa krim cukur adalah ide buruk karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Jangan khawatir jika kehabisan krim pencukur, Anda juga bisa menjadikan baby oil sebagai salah satu pilihan. Pada dasarnya, beberapa produk shaving cream juga memiliki kandungan mineral oil.

Aplikasikan baby oil sebelum dan sesudah mencukur di area yang dicukur. Selain berguna untuk pria yang ingin mencukur wajah, tentunya baby oil juga bisa digunakan oleh para wanita yang berniat untuk mencukur bulu ketiak atau bulu kaki.

Kegunaannya sama dengan krim cukur, yaitu untuk mencegah kulit tergores maupun iritasi lainnya. Namun mengingat sifatnya yang berminyak, baby oil biasanya hanya digunakan untuk menggantikan krim cukur saat kondisi darurat.

5. Mengatasi Eksim Ringan

Baby oil yang terbuat dari mineral oil juga dapat mengatasi eksim ringan. Eksim adalah salah satu kondisi kulit paling umum. Eksim kronis dapat menyebabkan kulit kering, gatal, berubah warna, bahkan hingga meradang.

Mengaplikasikan baby oil pada kulit dapat mengurangi gejala eksim. Penggunaan baby oil ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang menghindari penggunaan kortikosteroid.

6. Mengatasi Kulit Kering akibat Terapi Radiasi

Kulit kering dapat disebabkan oleh berbagai sebab. Perlu diakui bahwa kondisi ini membuat kulit terlihat tidak sehat dan lebih rentan terhadap iritasi.

Kondisi kulit kering yang tidak normal disebut juga dengan xerosis. Salah satu penyebab kondisi ini adalah akibat terapi radiasi untuk penderita kanker. Sekitar 50% dari pasien kanker yang menjalani terapi radiasi mengalami kondisi ini.

Menerapkan mineral oil adalah salah satu cara efektif untuk mengatasi efek samping terapi radiasi tersebut. Tentunya minyak ini juga ampuh untuk mengatasi kulit kering akibat sebab lainnya karena baby oil sudah terbukti dapat menjaga kelembapan kulit.

Baca Juga: Cepat dan Alami, Ini 10 Cara Membuat Wajah Glowing!

7. Mengatasi Ketombe

Selain memerhatikan penampilan wajah, memerhatikan penampilan rambut juga tidak kalah penting jika ingin tampil cantik.

Ketombe dapat menjadi salah satu penghalang untuk dapat tampil cantik dan percaya diri. Anda dapat menghilangkannya dengan baby oil.

Cara menggunakannya adalah dengan cara mengoleskan baby oil ke seluruh kulit kepala, kemudian mendiamkannya selama satu jam. Setelah itu sisir atau sikat rambut dan keramaslah menggunakan sampo seperti biasa.

8. Mengatasi Cradle Cap

Masalah ketombe bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja, tapi juga dapat disarankan oleh bayi, kondisi ini disebut dengan cradle cap.

Cradle cap adalah kondisi kulit bersisik dan kering pada kepala bayi. Cara mengatasinya tidak jauh berbeda dengan mengatasi ketombe pada orang dewasa, bahkan prosesnya lebih cepat.

Oleskan baby oil ke kulit kepala, lalu diamkan selama beberapa menit. Selanjutnya sikat kulit kepala dengan lembut dan gunakan sampo untuk keramas seperti biasa. Apabila kulit kering sangat tebal, Anda mungkin harus mendiamkan baby oil lebih lama sebelum kemudian menyikatnya.

Selain mengatasi cradle cap pada bayi, baby oil juga umumnya digunakan untuk mengatasi ruam popok.

9. Melembapkan Rambut

Selain melembapkan kulit, baby oil juga dapat membantu melembapkan rambut.

Baby oil bekerja dengan cara mencegah kelembapan hilang akibat menguap. Pada rambut, baby oil menyegel setiap kutikula sehingga rambut dapat terjaga kelembapannya.

Kelembapan rambut yang tetap terjaga mencegah rambut dari kerusakan ketika mengeringkan atau styling rambut. Selain itu, rambut juga terlindungi dari kerusakan akibat sinar matahari.

10. Menghaluskan Rambut

Efek melembapkan rambut ini juga dapat menghasilkan rambut yang lebih halus.

Aplikasikan sedikit baby oil pada rambut setelah keramas. Rambut akan terasa lebih halus dan terlindung dari kerusakan. Namun penggunaan baby oil tentunya tidak disarankan diaplikasikan pada rambut yang berada dalam kondisi lepek atau berminyak karena dapat membuatnya semakin berminyak.

11. Melindungi Rambut

Berenang atau berendam air hangat dapat menjadikan rambut kering.

Hal ini dapat disebabkan oleh paparan bahan kimia dalam kolam renang atau dapat juga disebabkan karena uap panas. Mengoleskan baby oil sebelum berenang dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah rambut menjadi kering.

Baca Juga: 12 Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

12. Mengatasi Kaki Pecah-Pecah

Bagian tubuh yang sering kali menjadi sangat kering juga adalah bagian kaki, terutama bagian tumit.

Gunakan baby oil pada kaki untuk membuatnya lebih lembap. Gunakan pada malam hari sebelum tidur. Setelah itu, gunakanlah kaus kaki untuk mencegah baby oil menempel pada seprai.

Sekian informasi tentang berbagai manfaat baby oil untuk kecantikan. Jika ingin mendapatkan manfaat baby oil untuk wajah, tentunya perawatannya harus dilakukan secara rutin, karena tidak semua manfaat dapat langsung terlihat hasilnya dari satu kali penggunaan saja. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Tonton juga video menarik dari Lyfe Pink berikut ini:

  1. Anonim. 6 Natural Makeup Removers: Which Work and Which Don’t. https://misumiskincare.com/blogs/news/6-natural-makeup-removers-which-work-and-which-dont. (Diakses 4 Mei 2020).
  2. Frothingham, Scott. 2019. 6 Ways to Use Mineral Oil: For Hair, Skin, Feet, Ears, and More. https://www.healthline.com/health/mineral-oil-uses. (Diakses 4 Mei 2020).
  3. Harder, Jeff. Can you use baby oil to shave?. https://health.howstuffworks.com/skin-care/men/shaving-tips/can-you-use-baby-oil-to-shave.htm. (Diakses 4 Mei 2020).
  4. Iftikhar, Noreen. 2019. 8 Benefits of Baby Oil for Your Hair. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/baby-oil-for-hair. (Diakses 4 Mei 2020).
  5. Multum, Cerner. 2019. Baby Oil. https://www.drugs.com/mtm/baby-oil.html. (Diakses 4 Mei 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi