10 Manfaat Asuransi Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

manfaat-asuransi-kesehatan-doktersehat

DokterSehat.Com – Semakin berkembangnya zaman, tidak dapat dipungkiri bahwa biaya hidup semakin melambung tinggi. Hal ini tentunya juga terjadi pada bidang kesehatan. Setiap orang tentunya berharap dapat hidup sehat setiap saat, namun siapa yang tahu kapan penyakit akan datang? Maka dari itu pemahanan tentang asuransi kesehatan dan manfaat asuransi kesehatan menjadi hal yang sangat penting saat ini.

Sekilas Tentang Asuransi Kesehatan

Penyakit bukan merupakan hal yang dapat direncanakan. Penyakit juga bisa datang di kapan saja, bahkan ketika kita tidak siap dalam segala hal, termasuk dalam segi finansial. Asuransi kesehatan merupakan salah satu solusi agar seseorang dapat selalu siap paling tidak secara finansial untuk menghadapi kondisi kesehatan tertentu.

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang akan menjamin biaya kesehatan dan perawatan perserta asuransi jika yang bersangkutan jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Sebagai peserta asuransi kesehatan, Anda diharuskan untuk membayarkan premi secara rutin untuk mendapatkan fasilitas dari pihak asuransi.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Kesadaran masyarakat tentang pentingnya asuransi kesehatan memang semakin meningkat, tetapi masih ada sebagian orang yang belum menyadarinya. Manfaat asuransi kesehatan bisa dilihat melalui perlindungan yang diberikan serta manfaat lainnya dari segi finansial.

Jika Anda termasuk ke dalam orang yang masih bingung pentingnya asuransi kesehatan, simak beberapa manfaat asuransi yang bisa Anda dapatkan berikut ini!

Manfaat untuk Kesehatan

Manfaat asuransi kesehatan yang paling utama adalah tentu saja Anda akan mendapatkan perlindungan kesehatan. Perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi terdiri dari beberapa bentuk. Berikut adalah beberapa manfaat asuransi kesehatan dari bentuk perlindungan yang umum diberikan:

1. Manfaat biaya rawat inap

Terdapat kondisi tertentu di mana pasien diharuskan untuk menjalani rawat inap untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif di rumah sakit. Fasilitas rawat inap merupakan salah satu manfaat asuransi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Manfaat rawat inap yang diberikan asuransi kesehatan mencakup biaya kamar, obat-obatan, hingga tes laboratorium selama rawat inap.

2. Manfaat biaya rawat jalan

Kondisi lainnya mengharuskan pasien untuk melakukan rawat jalan. Manfaat asuransi kesehatan selanjutnya adalah Anda akan mendapatkan fasilitas untuk rawat jalan. Fasilitas ini meliputi konsultasi dokter baik umum maupun spesialis, obat-obatan, dan juga pemeriksaan laboratorium.

3. Manfaat pengadaan obat-obatan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa pada fasilitas rawat inap dan rawat jalan, biaya obat juga termasuk ke dalam manfaat asuransi kesehatan. Obat-obatan yang dibutuhkan selama pengobatan mulai dari rawat inap, rawat jalan, dan semua resep yang harus ditebus hingga pasien sembuh merupakan bagian dari fasilitas asuransi kesehatan.

4. Manfaat biaya persalinan

Persalinan adalah sebuah proses penting yang bisa dikatakan membutuhkan biaya yang tidak murah. Jika Anda merupakan pasangan yang menunggu kehadiran anak dalam keluarga, maka memilih asuransi kesehatan dengan manfaat yang satu ini merupakan hal yang sangat penting. Manfaat biaya persalinan dari asuransi mencakup persalinan normal maupun caesar.

5. Manfaat perawatan gigi

Perawatan gigi juga dapat menjadi salah satu fasilitas asuransi kesehatan. Umumnya faslitas ini mencakup perawatan gigi seperti penambalan gigi berlubang, cabut gigi, dan konsutasi dengan dokter gigi. Fasilitas lain seperti pemasangan kawat gigi, pembersihan karang gigi, dan bleaching sudah jarang ditemui dalam asuransi kesehatan.

6. Perawatan mata

Manfaat asuransi kesehatan selanjutnya adalah untuk perawatan mata. Selain pemeriksaan mata, bagi Anda yang membutuhkan, bisa juga mendapatkan fasilitas kacamata. Namun fasilitas ini tentunya terbatas dan tidak semua asuransi kesehatan menyediakan fasilitas ini.

7. Pencegahan penyakit

Tidak hanya fokus pada penyakit yang sudah hadir, beberapa asuransi kesehatan juga menyediakan fasilitas untuk pencegahan penyakit. Umumnya fasilitas pencegahan penyakit yang diberikan adalah seperti imunisasi. Fasilitas lain yang mungkin diberikan adalah skrining kanker untuk pengegahan dan deteksi dini penyakit kanker.

Perlu diketahui bahwa beberapa manfaat asuransi kesehatan di atas tidak selalu hadir bersamaan. Fasilitas yang paling umum adalah rawat jalan, rawat inap, dan obat-obatan. Sedangkan untuk fasilitas lainnya dapat Anda pilih sesuai kebutuhan. Semakin banyak fasilitas yang diinginkan tentunya akan semakin besar juga premi yang harus dibayarkan.

Manfaat untuk Keuangan

Manfaat asuransi kesehatan bukan hanya berupa perlindungan kesehatan yang diberikan, melainkan juga masih banyak manfaat lainnya yang berkaitan dengan faktor finansial. Berikut adalah manfaat asuransi kesehatan jika dilihat dari segi keuangan:

1. Membantu mengatur keuangan

Mengatur keuangan menjadi hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Berapa banyak uang yang Anda dapat sisihkan setiap bulannya jika Anda tidak terikat pada asuransi? Asuransi kesehatan mengharuskan Anda membayar premi secara rutin sehingga Anda pun lebih disiplin dan lebih mudah untuk memetakan pengeluaran rutin Anda dan keluarga.

2. Menurunkan risiko kerugian

Ketika penyakit datang dan Anda tidak memiliki asuransi kesehatan, maka Anda harus mengeluarkan uang pribadi dalam jumlah yang mungkin tidak sedikit. Bagaimana jika Anda tidak memiliki simpanan uang sebanyak jumlah tersebut?

Banyak orang yang akan memilih untuk menjual aset seperti rumah atau kendaraan yang dimiliki sebagai solusi. Jika dipikirkan efek jangka panjangnya, menjual aset untuk biaya kesehatan adalah hal yang sangat merugikan, karena aset tersebut belum tentu bisa Anda dapatkan kembali.

3. Membuat hidup Anda lebih tenang

Manfaat asuransi kesehatan yang terakhir adalah dapat membuat hidup Anda lebih tenang. Pernah membayangkan diri Anda terbaring sakit namun harus terus memikirkan berapa besar biaya perawatan yang harus Anda bayarkan nantinya? Hal ini akan terus mengganggu pikiran Anda dan membuat Anda tidak fokus pada pengobatan yang Anda jalani.

Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Anda banyak sekali produk asuransi kesehatan. Anda harus cermat dan teliti dalam memilih asuransi kesehatan agar manfaat yang Anda dapatkan juga akan lebih maksimal dan efisien. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih asuransi kesehatan:

  • Setiap asuransi memiliki syarat dan ketentuan berbeda, Anda harus memehaminya agar tidak melakukan kesalahan ketika mengajukan klaim.
  • Pilihlah asuransi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.
  • Jika sudah berkeluarga, pilihlah asuransi kesehatan untuk keluarga, karena umumnya preminya lebih murah.
  • Lakukan perbandingan terhadap beberapa produk asuransi kesehatan, baru kemudian pilih yang terbaik bagi Anda.

Waktu yang Tepat Mendaftar Asuransi

Waktu yang paling tepat untuk mendaftar asuransi adalah sekarang juga. Seseorang tidak perlu menunggu sakit ataupun menua untuk kemudian mendaftar asuransi. Pilihan untuk mendapatkan asuransi kesehatan di usia muda juga merupakan pilihan tepat karena semakin usia bertambah umumnya premi juga akan semakin tinggi.

Anggapan bahwa semakin tua seseorang maka semakin tinggi risiko penyakitnya kini juga tidak sepenuhnya benar. Bukan hanya faktor usia, gaya hidup dan faktor dari luar lainnya juga sangatlah berpengaruh pada kesehatan seseorang. Setiap orang memiliki risiko yang sama sehingga juga membutuhkan perlindungan yang sama.

Selain memberikan perlindungan dengan asuransi kesehatan, jangan lupa juga untuk memberikan perlindungan melalui pola hidup yang sehat. Memerhatikan asupan makanan bergizi, olahraga secara rutin, dan hidup yang cukup merupakan kunci dari hidup yang sehat.