Terbit: 18 Februari 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Di balik penampilannya yang unik, sayuran asparagus ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk kesehatan. Sayuran hijau satu ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Berikut adalah beberapa hal yang Anda perlu ketahui tentang sayuran ini mulai dari kandungan, manfaat, hingga cara memasaknya!

7 Manfaat Asparagus bagi Kesehatan dan Resep Asparagus Lezat Wajib Dicoba!

Kandungan Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis sayuran bernutrisi tinggi. Dilansir dari Medical News Today, berikut adalah kandungan nutrisi yang terkandung dalam satu cup sayuran ini atau sekitar 134 gram:

  • 27 kalori
  • 0,16 g lemak
  • 5,2 g karbohidrat
  • 1,88 g gula
  • 2,8 g serat
  • 2,95 g protein
  • 32 mg kalsium
  • 2,87 mg zat besi
  • 19 mg magnesium
  • 52 mg fosfor
  • 202 mg kalium
  • 2 mg natrium
  • 0,54 mg seng
  • 55,7 mcg vitamin K
  • 51 mcg vitamin A
  • 70 mcg folat
  • 7,5 mg vitamin C
  • 0,192 mg tiamin

Selain nutrisi yang disebutkan di atas, sayuran ini juga mengandung sejumlah kecil vitamin E, vitamin B3, dan vitamin B6. Sayuran ini juga mengandung beberapa fitoprotein seperti glutathione dan polifenol.

Manfaat Asparagus

Melihat banyaknya kandungan nutrisi dalam sayuran ini, tidak heran jika sayuran ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut adalah berbagai manfaat asparagus yang sayang untuk dilewatkan!

1. Sumber Antioksidan

Manfaat asparagus yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan.

Tubuh membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan stres oksidatif dan kerusakan sel. Stres oksidatif merupakan kondisi terlalu banyaknya jumlah radikal bebas dalam tubuh hingga tubuh tidak dapat menetralkannya.

Stres oksidatif dapat memicu berbagai kondisi seperti penuaan dini, peradangan kronis, hingga kanker. Sayuran ini dengan vitamin E, vitamin C, polifenol, glutathione, dan zat lainnya dapat Anda jadikan sumber antioksidan yang baik bagi tubuh.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit paling banyak menyerang populasi di dunia.

Meskipun terkadang tidak menunjukkan gejala dan terlihat seperti tidak berbahaya, hipertensi sebenarnya patut diwaspadai, terutama karena penyakit ini merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa asparagus dapat membantu menurunkan tekanan darah, karena sayuran ini mengandung senyawa aktif yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah.

Sayuran ini juga merupakan sumber kalium yang baik, mineral ini dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan cara merelaksasi dinding pembuluh darah dan membuang kelebihan garam melalui urin. Konsumsi sayuran ini dengan diet rendah garam akan sangat membantu dalam penurunan tekanan darah.

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam asparagus dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Satu cup sayuran ini mengandung 2,8 gram serat. Jumlah ini dapat memenuhi sekitar 11% dari keseluruhan kebutuhan serat harian. Asupan serat tidak hanya memengaruhi sistem pencernaan, tapi konsumsi makanan tinggi serat juga dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit seperti tekanan darah tinggi dan diabetes.

4. Baik Dikonsumsi Selama Kehamilan

Sayuran hijau adalah sumber asam folat yang sangat baik dikonsumsi selama kehamilan.

Selain bayam, asparagus juga termasuk ke dalam sayuran hijau yang dapat menjadi sumber asam folat. Satu cup sayuran hijau ini dapat memenuhi sekitar 22% kebutuhan asam folat ibu hamil.

Folat merupakan nutrisi yang sangat penting selama masa kehamilan. Vitamin ini memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah dan juga DNA. Kekurangan asupan folat selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf pada janin.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ingin menurunkan berat badan? Sayuran hijau satu ini juga dapat menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk menu diet Anda.

Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan kalori yang rendah, sehingga sayuran ini sangat cocok untuk dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Sayuran ini juga merupakan sayuran dengan kandungan air dan serat yang tinggi, jenis makanan seperti ini juga sangat cocok dikonsumsi ketika ingin menurunkan berat badan.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat asparagus selanjutnya yang sayang untuk dilewatkan adalah dapat membantu menjaga kesehatan otak sehingga mencegah risiko penurunan kognitif.

Folat dapat bekerja sama dengan vitamin B12 untuk mencegah gangguan kognitif. Asupan folat bisa Anda dapatkan dari sayuran ini dan sayuran hijau lainnya, sedangkan vitamin B12 bisa Anda dapatkan dari sumber seperti ikan, unggas, daging, dan susu.

Seiring bertambahnya usia, kemampuan kognitif dapat semakin menurun. Memenuhi asupan folat dan vitamin B12 sangat penting untuk mencegah gangguan kognitif menyerang Anda.

7. Mencegah Batu Ginjal

Sayuran ini juga dapat bertindak sebagai diuretik alami, sehingga dapat membantu menghilangkan kelebihan garam dan cairan tubuh.

Manfaat asparagus ini tidak hanya membantu dalam menurunkan tekanan darah, tapi ternyata juga dapat membantu membuang racun pada ginjal dan mencegah batu ginjal. Namun di sisi lain, seseorang yang memiliki batu asam urat direkomendasikan untuk menghindari sayuran ini.

Jika Anda sudah memiliki batu ginjal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi.

Cara Memasak Asparagus

Ada banyak sekali cara memasak sayuran ini yang bisa Anda coba di rumah. Salah satunya adalah dengan membuat sup asparagus. Bosan dengan resep sup asparagus yang biasa? Coba resep sup unik berikut ini, yuk!

Resep Sup Asparagus Keju

Bahan:

  • 1 sdm margarin
  • 250 gram asparagus, bersihkan
  • 50 gram tepung terigu
  • 800 ml kaldu ayam
  • 200 ml krim kental rendah lemak
  • 125 gram keju feta, diparut
  • 1 sdm keju feta, parut (untuk taburan)

Cara Membuat:

  1. Potong kecil asparagus.
  2. 2 Panaskan margarin, tumis asparagus hingga layu.
  3. Masukkan tepung dan masak selama 2 menit. Tambahkan kaldu dan krim. Masak dengan api kecil sambil aduk perlahan hingga mendidih.
  4. Diamkan sup hingga suhunya sedikit menurun, kemudian haluskan sup menggunakan blender.
  5. Masukkan kembali ke panci dan tambahkan keju, lalu panaskan kembali. Angkat dan sajikan sup dengan taburan keju.

Selain resep sup asparagus keju di atas, Anda juga bisa mencoba beberapa cara memasak asparagus lainnya di 3 Pilihan Resep Asparagus Paling Praktis untuk Dicoba di Rumah berikut ini. Selamat mencoba!

 

  1. Coyle, Daisy. 2018. 7 Reasons Why You Should Eat More Asparagus. https://www.healthline.com/nutrition/asparagus-benefits#section2. (Diakses 18 Oktober 2019).
  2. Forberg, Cheryl. 5 Powerful Health Benefits of Asparagus You Probably Didn’t Know. http://www.eatingwell.com/article/17129/5-powerful-health-benefits-of-asparagus-you-probably-didnt-know/. (Diakses 18 Oktober 2019).
  3. SELF Nutritoin Data. Asparagus, raw Nutrition Facts & Calories. https://nutritiondata.self.com/facts/vegetables-and-vegetable-products/2311/2. (Diakses 18 Oktober 2019).
  4. Szalay, Jessie. 2018. Asparagus: Health Benefits, Risks (Stinky Pee) & Nutrition Facts. https://www.livescience.com/45295-asparagus-health.html. (Diakses 18 Oktober 2019).
  5. TIM IDE MASAK. 2013. RESEP SUP FAVORIT. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
    Ware, Megan. 2017. Everything you need to know about asparagus. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270805.php. (Diakses 18 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi