Terbit: 3 Oktober 2019
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Yuk, cara tahu apa saja manfaat asinan buah dan kandungan nutrisinya! Asinan buah adalah makanan asli Indonesia yang menjadi favorit semua kalangan. Asinan buah terbuat dari berbagai jenis buah seperti mangga, bengkoang, nanas, jambu, dll. Makanan ini sangat enak dan menyegarkan, namun apakah ada khasiat asinan buah untuk kesehatan?

10 Manfaat Asinan Buah bagi Kesehatan (Luar Biasa)

Kandungan Nutrisi Asinan Buah

Buah-buahan dalam asinan buah tentu memiliki kandungan nutrisi alami yang menyehatkan bagi tubuh. Bahan utamanya adalah mangga, nanas, dan bengkoang yang mengandung vitamin A, Vitamin B, vitamin C, kalsium, protein, dan masih banyak nutrisi lainnya.

Bumbu utama asinan adalah cabai yang membuat asinan buah jadi pedas dan segar. Cabai mengandung serat, potasium, vitamin C, vitamin B6, vitamin K1, dan vitamin A. Vitamin dan kandungan nutrisi asinan buah sangat baik untuk tubuh, terlebih lagi saat buah-buahan tersebut dicampur dan dimakan secara bersamaan.

Asinan buah juga termasuk dalam jenis makanan pendamping yang dibuat langsung tanpa bahan pengawet, jadi sangat menyehatkan. Selain itu, makan asinan buah adalah alternatif olahan buah untuk Anda yang mungkin tidak suka makan buah secara langsung.

Manfaat Asinan Buah

Asinan buah memiliki rasa yang sedikit asam, pedas, dan menyegarkan sehingga cocok sekali dimakan saat cuaca panas. Selain enak, ternyata ada banyak sekali manfaat asinan buah bagi kesehatan, lho!

Untuk para penggemar asinan buah, inilah manfaat asinan buah bagi kesehatan, yaitu:

1. Menurunkan Berat Badan

Makan asinan buah dapat membantu Anda menurunkan berat badan karena kuah asinan buah menggunakan cabai dalam jumlah banyak. Kandungan capsaicin dalam cabai akan meningkatkan pembakaran lemak.

Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa dalam 10 gram cabai merah dapat meningkatkan pembakaran lemak, mengurangi asupan kalori, dan melancarkan pencernaan yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Cabai Bisa Menurunkan Berat Badan, Benarkah?

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat asinan buah adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena buah-buahan sebagai komposisi asinan buah sangat kaya akan vitamin, mineral, dan berbagai nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika sistem kekebalan Anda menurun, Anda jadi lebih mudah terserang virus seperti flu dan baik.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Beberapa studi menjelaskan bahwa kandungan alami dalam buah nanas dapat menekan risiko kanker, kandungan tersebut adalah enzim bromelain. Enzim bromelain adalah salah satu senyawa untuk melawan kanker dengan cara menekan pertumbuhan sel kanker tersebut.

4. Sumber Antioksidan

Buah-buahan adalah sumber antioksidan alami yang berfungsi sebagai agen untuk melawan radikal bebas. Diketahui komposisi asinan buah seperti mangga, nanas, dan jambu air merupakan buah-buahan dengan sumber antioksidan sangat tinggi.

5. Menambah Energi

Buah-buahan dalam asinan buah mengandung banyak vitamin dan mineral untuk meningkatkan energi Anda secara instan. Kombinasi macam-macam buah seperti bengkoang, jambu air, dan nanas mungkin dapat memenuhi energi harian Anda.

6. Mengatasi Masalah Kolesterol

Manfaat asinan buah juga efektif untuk mengatasi masalah kolesterol. Kombinasi nutrisi dan fiber dalam buah jambu air dapat menyeimbangkan level kolesterol dalam tubuh, yang kemudian juga dapat mencegah masalah kardiovaskular, stroke, dan jantung koroner.

7. Melancarkan Pencernaan

Manfaat asinan buah selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan, dimana bengkoang sebagai bahan utama asinan buah mengandung serat inulin. Serat inulin berfungsi untuk melancarkan buang air besar hingga 31%.

Bengkoang juga memiliki kadar air yang tinggi untuk meringankan sembelit dan memenuhi kadar air harian Anda.

8. Meningkatkan Kesehatan Mata

Asinan buah mungkin bagus untuk meningkatkan kesehatan mata Anda. Buah mangga dalam asinan buah adalah sumber vitamin A yang dibutuhkan untuk kesehatan penglihatan. Mangga juga mengandung lutein dan zeaxanthin untuk melindungi Anda dari sinar radiasi matahari ke mata.

9. Kesehatan Rambut dan Kulit

Asinan buah tanpa mangga rasanya kurang mantap. Selain enak dan segar, mangga adalah buah dengan sumber vitamin C dan vitamin A yang tinggi. Kandungan vitamin ini adalah esensial dalam pembentukan kolagen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut.

10. Makanan Enak dan Sehat

Mungkin Anda adalah tipe orang yang tidak suka makan buah karena rasanya membosankan bila dimakan langsung secara utuh. Makan asinan buah adalah alternatif lain untuk menikmati buah-buahan yang menyehatkan dengan rasa yang Anda suka.

Selain enak dan bermanfaat bagi tubuh, asinan buah juga murah meriah, jadi Anda dapat paket komplit makanan pendamping yang enak, sehat, dan murah.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Asinan Buah?

Rasa asinan buah yang asam dan segar biasanya jadi favorit ibu hamil, lalu timbul pertanyaan bolehkah ibu hamil makan asinan buah? Pada dasarnya, ibu hamil boleh saja makan asinan buah atau makanan asam lainnya dengan catatan harus tetap memperhatikan asupan gizi untuk sang janin.

Ibu hamil boleh makan asinan buah dengan beberapa catatan penting, yaitu:

  • Jangan makan terlalu banyak karena rasa asam dari cuka yang terlalu pekat mungkin akan memiliki efek samping bagi kesehatan ibu dan janin.
  • Jangan makan terlalu pedas.
  • Makan di waktu yang tepat setelah ibu hamil sudah memenuhi konsumsi nutrisi dan kalori harian yang cukup.
  • Jangan lupa minum air putih dan tetap memakan sumber nutrisi lain, terutama asam folat untuk tumbuh kembang bayi.
  • Bila mengalami efek samping yang tak wajar setelah makan asinan buah, maka harus segera berhenti.
  • Tetap terapkan pola makan dan pola hidup sehat untuk anak dan bayi.

Wah, terdapat banyak sekali manfaat asinan buah bagi kesehatan yang mungkin tidak Anda sadari. Olahan buah ini pun dapat Anda nikmati kapan saja.

Baca Juga: 20 Cemilan Ibu Hamil yang Aman (Anti Mual dan Gemuk)

Satu hal yang harus diperhatikan adalah jangan makan asinan buah yang terlalu pedas agar tidak terkena efek samping asinan buah seperti sakit perut dan tetap imbangi konsumsi harian Anda dengan sumber makanan dan sayuran lainnya.

 


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi