Terbit: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Di Indonesia, asam adalah salah satu bumbu dapur yang sangat berguna. Selain memberikan rasa sedap pada masakan, bahan ini juga sangat nikmat untuk diolah menjadi minuman segar.

9 Manfaat Luar Biasa Asam untuk Kulit

Tahukah Anda? Di balik manfaatnya sebagai olahan makanan dan minuman, ternyata asam juga memiliki manfaat yang sangat ampuh untuk kecantikan kulit. Tidak percaya?

Asam, yang juga dikenal dengan nama Tamarind, adalah buah yang memiliki kandungan asam sangat tinggi. Zat ini adalah anti oksidan kuat yang dapat membantu menangkal radikal bebas.

Selain itu, di dalamnya juga terdapat berbagai macam kandungan yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti sodium, magnesium, zat besi, fosfor, kalsium, bahkan vitamin C. Zat-zat tersebut tak hanya akan membuat Anda selalu bugar namun juga memberikan efek segar pada penampilan.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, nyatanya konsumsi asam juga akan memberikan nilai plus untuk kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya akan membuat wajah tampak cerah alami.

Asam juga bisa menjadi bahan untuk eksfoliasi dan melawan bakteri pada kulit. Secara lengkap, maka manfaat buah asam atau tamarind adalah sebagai berikut:

  1. Mencerahkan kulit
  2. Bahan alami untuk eksfoliasi (pengangkatan sel kulit mati)
  3. Menghilangkan selulit
  4. Bahan alami untuk melembabkan kulit
  5. Toner alami
  6. Bahan anti aging
  7. Menghilangkan lingkaran hitam di sekitar leher
  8. Menghilangkan pigmentasi
  9. Menyembuhkan jerawat

Selama ini, mungkin kita hanya melihat asam sebagai salah satu bumbu dalam masakan. Siapa sangka kalau buah ini memiliki manfaat menakjubkan untuk kecantikan.

Yuk, mulai manfaatkan bahan-bahan di sekitar untuk melakukan perawatan! Kalau yang alami lebih baik, kenapa harus pakai kosmetik dari bahan kimia?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi