10 Manfaat Asam Folat untuk Kesehatan

doktersehat-bayam

DokterSehat.Com – Selama ini asal folat selalu dikonsumsi oleh ibu hamil karena bisa menyehatkan janin yang ada di dalam rahimnya. Asam folat akan membuat janin jadi lebih kuat dan risiko keguguran semakin kecil.

Selain bermanfaat untuk wanita yang sedang hamil, asam folat ternyata juga bermanfaat untuk pria. Dengan mengonsumsi makanan yang mengandungan asam folat, pria bisa jadi sehat dan kualitas spermanya meningkat.

Sumber Makanan Asam Folat

Asam folat dapat diperoleh secara alami dalam makanan seperti berikut ini:

  • Buah jeruk dan jus
  • Kacang kering, kacang polong, dan kacang polong
  • Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli
  • Melon dan pisang
  • Jus tomat
  • Jamur dan asparagus
  • Unggas, kerang, ginjal dan hati
  • Gandum
  • Sereal yang diperkaya

Tak hanya untuk ibu hamil dan kesehatan pria, asam folat juga menyehatkan tubuh. Selengkapnya bisa Anda simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: Tidak Hanya Untuk Bumil, Asam Folat Juga Penting Untuk Semua Usia

 

Manfaaat Asam Folat untuk Kesehatan

Berikut fungsi asam folat yang dapat menyehatkan tubuh pria maupun wanita yang perlu Anda ketahui:

1. Asam Folat untuk Kehamilan

Asam folat juga cukup membantu selama periode prakonsepsi dan kehamilan. Ini secara luas digunakan untuk mencegah cacat lahir, meningkatkan perkembangan janin, dan meningkatkan kemungkinan hamil. Wanita yang ingin hamil direkomendasikan mengonsumsi suplemen vitamin harian untuk asupan asam folat yang memadai. Ibu hamil harus mulai mengonsumsi suplemen asam folat selama masa kehamilan. Namun, suplemen asam folat harus diambil sesuai dosis yang disarankan oleh dokter atau praktisi medis.

Asupan asam folat dalam kehamilan tidak hanya mencegah bayi dari cacat tabung saraf yang serius tetapi juga melindungi bayi dari berbagai masalah lain seperti:

  • Berat badan lahir rendah
  • Pertumbuhan yang buruk di rahim
  • Bibir sumbing
  • Lahir prematur
  • Keguguran

Berapa banyak asam folat selama kehamilan? Dosis kehamilan asam folat yang direkomendasikan adalah sebagai berikut:

  • 400 mcg per hari direkomendasikan untuk wanita yang mencoba hamil.
  • 400 mcg per hari dianjurkan selama tiga bulan pertama kehamilan.
  • 600 mcg per hari dianjurkan dari bulan keempat hingga bulan kesembilan kehamilan.
  • 500 mcg per hari dianjurkan selama masa menyusui.

2. Membuat sperma berkualitas

Pria yang mengonsumsi makanan dengan kandungan asam folat tinggi bisa membuat spermanya jadi berkualitas. Asam folat akan membuat sperma menjadi lebih sehat dan pergerakannya normal. Sperma yang berjalan dengan normal dan sehat akan mengurangi risiko cacat bawaan pada bayi saat lahir.

3. Mengatasi depresi

Kegunaan asam folat untuk menyembuhkan depresi dan meningkatkan regulasi suasana hati. Tingkat folat yang adekuat diperlukan untuk fungsi otak yang tepat.

4. Melancarkan pencernaan

Asam folat bekerja dengan vitamin B12 dan vitamin C untuk membantu tubuh memanfaatkan dan mencerna protein.

Baca juga: Perlukah Suplemen Asam Folat untuk Meningkatkan Kesehatan Reproduksi?

5. Mengatasi jerawat

Asam folat, dengan antioksidan penting lainnya dapat membantu dalam menghilangkan racun dari tubuh, yang dapat mengurangi jerawat di wajah. Tapi, kita juga harus mencatat bahwa overdosis asam folat dapat menyebabkan lebih banyak jerawat, kulit tambal sulam dan kering.

6. Membantu pertumbuhan rambut

Asam folat memainkan peran penting dalam pertumbuhan rambut. Ini memperbarui sel-sel yang membantu pertumbuhan rambut. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan penuaan dini dan kerontokan rambut.

7. Sel darah merah

Asam folat memiliki fungsi penting dalam sel darah merah. Sel darah putih juga diproduksi dengan bantuan suplemen folat.

8. Mengurangi risiko penyakit jantung

Asam folat, bersama dengan vitamin B12, membantu jantung dalam banyak cara. Asam folat membantu mengurangi pembekuan darah; gumpalan darah menyebabkan penyakit kardiovaskular. Oleh karena itu, membantu mengurangi kemungkinan serangan jantung.

Baca juga: Asam Folat Perkecil Risiko Kanker pada Anak

9. Mencegah kanker

Asam folat dapat mencegah sel kanker berkembang biak. Anda dapat dilindungi dari kanker usus besar dengan mengonsumsi suplemen asam folat. Asam folat juga dapat membantu mencegah kanker serviks dan kanker pankreas.

10. Mengencangkan kulit

Asam folat membantu meningkatkan kekencangan kulit manusia. Ini juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan kulit.

Itu dia manfaat asam folat untuk kesehatan tubuh. Mulai sekarang, yuk konsumsi makanan yang mengandung asam folat seperti yang disebutkan di atas, Teman Sehat!