Nggak Nyangka, Aroma Kopi Bisa Memberikan Dampak Ini

doktersehat-perawatan-menggunakan-kopi
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Tak hanya rasanya yang nikmat, banyak orang yang mengaku suka dengan aroma kopi yang harum. Yang tidak disangka adalah, suka menikmati aroma kopi ternyata bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi kesehatan. Seperti apakah keuntungan tersebut?

Dilansir dari iol.co.za, sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Stevens Institute of Technology yang ada di Amerika Serikat menghasilkan fakta menarik tentang aroma kopi. Aroma kopi yang harum ternyata bisa meningkatkan performa otak kita dalam menganalisa berbagai macam hal. Bahkan, jika kita menghirup aroma kopi yang tidak memiliki kandungan kafein sekalipun, kita juga masih bisa mendapatkan manfaat tersebut.

Dari 100 peserta yang merupakan mahasiswa di bidang bisnis yang menjalani tes Graduate Management Aptitude Test (GMAT), dihasilkan fakta bahwa hanya dengan menghirup aroma kopi, para peserta cenderung mampu menjalani tes tersebut dengan lebih baik.

“Hasil penelitian ini sangat menarik, efek dari aroma kopi ternyata sangat baik bagi performa otak kita,” ucap salah satu penulis penelitian, Adriana Madzharov.

Sebagai informasi, dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Environmental Psychology ini, para partisipan diminta untuk menyelesaikan 10 soal tes aljabar GMAT di dalam laboratorium komputer. Para partisipan dibagi menjadi dua kelompok. Salah satu kelompok ditempatkan di ruangan dengan aroma kopi dan kelompok lainnya ditempatkan di ruangan tanpa aroma kopi.

Hasilnya adalah, kelompok yang ditempatkan di dalam ruangan dengan aroma kopi cenderung memiliki hasil skor yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Para peneliti kemudian melakukan survey lanjutan kepada 200 partisipan lainnya. Hasilnya adalah, para partisipan menganggap aroma kopi bisa memberikan energi dan kewaspadaan tambahan.

Tak hanya menikmati rasa kopi yang nikmat, jangan ragu untuk menghirup aromanya yang harum karena bisa memberikan manfaat yang luar biasa.