Terbit: 2 Maret 2019
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComActivated charcoal atau arang aktif adalah bahan yang sudah tidak asing lagi di dunia kesehatan maupun kecantikan. Arang yang dimaksud bukan arang yang digunakan untuk memanggangnya, ya! Arang aktif adalah arang yang sudah diaktifkan dengan proses tertentu. Yuk, simak berbagai manfaat arang aktif berikut ini!

10 Manfaat Arang Aktif atau Activated Charcoal untuk Kesehatan

Apa Itu Arang Aktif?

Arang aktif atau activated charcoal adalah arang yang dibuat dari bahan alami seperti arang tulang, batok kelapa, minyak bumi, batu bara, gambut, biji zaitun, dan ampas gergaji. Sebagian orang juga menyebut arang aktif sebagai karbon aktif.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa arang aktif bukan seperti arang yang digunakan untuk memanggang. Arang aktif umumnya berbentuk bubuk, tidak jarang juga Anda dapat menemui dalam sediaan tablet. Umumnya bentuk tablet digunakan sebagai obat.

Perbedaan arang aktif dan arang biasa adalah karena karbon aktif ini sudah ‘diaktifkan’ dengan cara diproses pada suhu yang sangat tinggi. Paparan suhu tinggi ini membuat struktur internal arang berubah. Ukuran pori-piri arang mengecil, sedangkan luas pemukaannya meningkat.

Arang aktif lebih keropos jika dibandingkaan dengan jenis arang biasa. Penting sekali untuk dapat membedakan arang aktif dan juga arang biasa atau briket yang digunakan untuk memanggang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Meskipun bahan bakunya sama, namun briket tidak mengalami proses untuk ‘diaktifkan’. Selain itu, briket juga memiliki kandungan zat tambahan yang beracun. Arang aktif bekerja dengan cara menyerap racun dan zat kimia yang ada di tubuh.

Manfaat Arang Aktif

Berbagai manfaat arang aktif kini sudah semakin beredar luas di masyarakat. Beberapa tahun belakangan bahkan arang aktif sangat booming dipasangan dengan berbagai manfaatnya seperti untuk membersihkan gigi dan untuk perawatan kulit.

Berikut adalah beberapa manfaat arang aktif yang wajib Anda ketahui!

1. Membersihkan gigi

Manfaat arang aktif yang pertama dan salah satu yang paling populer adalah untuk membersihkan gigi. Produk bubuk arang aktif yang diklaim dapat digunakan langsung untuk membersihkan gigi banyak beredar di pasaran. Selain itu, terdapat juga sejumlah produk pembersih gigi dan mulut yang memiliki kandungan arang aktif.

Umumnya produk kesehatan yang mengandung arang aktif biasana memiliki klaim antibakteri, antivirus, antijamur, hingga detoksifikasi. Arang aktfi mampu untuk membantu memutihkan gigi, bisa jadi karena sifatnya yang menyerap racun. Meskipun begitu manfaat ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut lagi.

2. Mengurangi gas di perut dan kembung

Keberadaan gas di usus secara berlebihan dapat mengindikasikan masalah pencernaan. Arang aktif dipercaya mampu untuk mengatasi kelebihan cairan dan gas yang terperangkap di usus dan memiliki kemampuan untuk menetralisirnya. Selain itu, arang aktif juga memiliki kemampuan untuk mengikat produk yang memicu gas berlebihan tersebut.

Penggunaan arang aktif untuk mengurangi gas yang direkomendasikan adalah dengan cara dikonsumsi sebelum makan makanan yang dapat menghasilkan gas. Dosis yang disarankan adala 500 mg pada waktu satu jam atau 30 menit sebelum makan.

3. Mengatasi diare

Selain mengatasi gas berlebihan, mengatasi diare juga merupakan salah satu fungsi karbon aktif. Racun penyebab diare akan diserap oleh karbon aktif untuk kemudian nanti di keluarkan bersama dengan feses. Selain itu, terdapat juga kemungkinan karbon aktif mampu untuk mencegah bakteri penyebab bakteri diserap oleh tubuh sehingga menjadi pemicu diare.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat arang aktif selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol, atau paling tidak mencegah kolesterol dan asam empedu yang mengandung kolesterol diserap oleh tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi 4-23 gram arang aktif setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol total dan kolesterol LDL hingga 29 hingga 41% pada orang yang memiliki kolesterol tinggi.

Penelitian lebih lanjut juga dibutuhkan untuk mengetahui efektivitasnya karena belu terdapat penelitian terbaru tentang manfaat yang satu ini.

5. Meningkatkan kesehatan ginjal

Ginjal memiliki fungsi untuk menyaring limbah yang masuk ke dalam tubuh. Kemampuan ini dapat menurun ketika seseorang mengalami penyakit ginjal kronis, sehingga penyaringan zat limbar seperti urea dan zat lainnya terhambat.

Penggunaan karbin aktif dipercaya mampu untuk menyerap urea dan racun lainnya dan membantu tubuh untuk menghilangkannya.

6. Mengatasi infeksi kulit

Arang aktif juga dipercaya dapat mengatasi beberapa kondisi kulit. Kemungkinan arang aktif memiliki sifa antibakteri sehingga dapat menyerap mikroba yang berbahaya dari luka atau yang akan semakin menginfeksi luka.

7. Mengatasi keracunan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa arang aktif dapat membantu mengatasi diare, yang bisa terjadi akibat keracunan. Manfaat arang aktif lain adalah untuk mengatasi keracunan obat.

Arang aktif dalam dunia medis dapat digunakan untuk membantu mengatasi overdosis dan keracunan akibat OAINS, obat penenang, obat malarian, carbamazepine, methylzxanthines, dan beberapa jenis obat lainnya.

8. Mencegah penuaan

Penunaan adala proses alami tubuh, namun akibat menumpuknya berbagai racun dan bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh, penuaan dapat terjadi lebih cepat. Fungsi karbon aktif adalah untuk menyerap residu tersebuat agar tidak menyebabkan penuaan dini.

9. Mencegah infeksi jamur

Keberadaan jamur dapat berbahaya dan menyebabkan berbagai macam infeksi. Jamur mungkin dapat tumbuh di lingkungan yang kurang bersih dan tanpa disadari berpengaruh pada kesehatan Anda.

Keberadaan jamur berbahaya di rumah harus diberihkan agar tidak mengganggu kesehatan Anda. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan bahan seperti arang aktif, cuka aperl, soda kue, tea tree oil, hingga boraks.

10. Filter air

Mamfaat arang aktif yang terakhir juga tidak kalah penting, yaitu untuk memfilter air. Seperti yang kita ketahui bahwa air bersih adalah salah satu indikasi hidup sehat. Sehingga jika ingin hidup sehat, pastikan air yang digunakan sehari-hati adalah air bersih.

Air yang berasal dari tanah seringkali mengandung bahan berbahaya, salah satu cara mengatasinya adalah dengan filter air dengan arang aktif.

Manfaat arang aktif untuk kesehatan memang sangat banyak. Namun sebagian masih harus membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menilai efektivitasnya. Gunakanlah arang aktif dengan tidak berlebihan dan sesuai dosis yang disarankan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi