Terbit: 21 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda seorang penggemar apel? Jika benar, maka ada kabar baik untuk Anda. Kabar baik itu berupa informasi kesehatan yang akan Anda dapatkan dari apel. Mungkin manfaat ini belum diketahui secara luas, sehingga Anda harus mengetahuinya sekarang juga.

Anda Penggemar Apel? Inilah 6 Manfaat yang akan Anda Dapat

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah lebih baik jika Anda mengetahui dulu apa saja kandungan dari buah yang satu ini. Dalam hasil riset terbaru, ditemui setidaknya ada lebih dari 10 nutrisi baik yang terkandung dalam satu buah apel. Adapun nutrisi tersebut mulai dari seng, sodium, potassium, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium, vitamin, cholin, dan masih banyak lagi.

Dengan melihat banyaknya kandungan tersebut, sudah dapat dipastikan jika manfaatnya pun segudang. Lantas, apa saja manfaat dari apel? Berikut diantaranya.

1. Menurunkan Berat Badan

Seperti yang sudah Anda ketahui, apel memang sangat ampuh dalam menjaga nafsu makan sehingga bisa menurunkan berat badan secara cepat. Hal itu dikarenakan apel kaya akan serat dan karbohidrat yang membuat Anda menjadi kenyang lebih lama.

2. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, buah apel memang sangat kaya akan serat larut. Fungsi dari serat larut sendiri nantinya akan mengikat lemak di usus sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol Anda secara cepat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

3. Meningkatkan Sistem Imun

Dalam buah apel, terdapat antioksidan alami yang bernama quercetin. Yang perlu Anda ketahui, quercetin ini fungsinya sebagai sistem imun yang akan membuat tubuh kebal dari berbagai macam penyakit.

4. Menyehatkan Mata

Mungkin Anda tidak menyadarinya, bahwa buah apel juga bagus untuk kesehatan mata, khususnya mencegah katarak. Sebab, sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi apel, mengalami risiko penurunan katarak sampai 15 persen.

5. Mengurangi Risiko Diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dalam buah apel terdapat serat larut yang bisa mengendailkan gula darah. Prosesnya, gula darah itu akan dilepaskan zat gula lebih lambat pada aliran darah. Oleh karenanya, risiko diabetes pun semakin menurun.

6. Menyehatkan Jantung

Lebih dari itu semua, ternyata buah apel juga bisa menyehatkan jantung. Hal tersebut dikarenakan apel memiliki senyawa yang bernama fenolik. Senyawa ini bisa mencegah peningkatan kadar kolesterol dengn menguatkan dinding pembuluh arteri. Sehingga, plak pun dapat dicegah pada arteri yang akan membuat jantung lebih sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi