Angkat Kaki 15 Menit Setiap Hari Bisa Berikan Manfaat ini

DokterSehat.Com–¬†Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mendapat kesehatan dan kebugaran tubuh. Baik dari menjaga pola makan, menjaga pola tidur, dan menjaga aktivitas sehari-hari. Tak lupa juga melakukan beberapa teknik kebugaran secara rutin.

Bicara tentang teknik kebugaran, ada satu teknik yang terbilang sangat ampuh dalam memberi kesehatan, namun sering disepelekan oleh sebagian besar orang. Bahkan cara ini nyaris tidak dilakukan lagi. Ya, teknik itu adalah mengangkat kaki di tembok.

Mungkin, zaman dulu teknik ini cukup sering digunakan oleh kebanyakan orang, baik anak kecil maupun orang dewasa. Pasalnya, dengan tubuh terlentang dan kaki diangkat ke tembok selama 15 menit membuat aliran darah menjadi lebih lancar ke bagian atas. Dilansir dari Brightside, berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Menghilangkan Kaki Pegal

Kaki memang cukup sering merasakan pegal, apalagi bagi wanita yang menggunakan sepatu hak tinggi setiap hari. Untuk mengatasi pegal tersebut, Anda tak perlu terapi ataupun pijat khusus, tapi bisa menggunakan cara yang satu ini. Jangan lama-lama, cukup 15 setiap malam menjelang tidur.

2. Melancarkan Pencernaan

Bagi Anda yang mengalami keluhan pada pencernaan, tidak ada salahnya Anda mencoba hal baik ini. Sebab, mengangkat kaki di tembok dipercaya bisa memberikan asupan darah dan air kepada organ internal dan inti dalam proses pencernaan.

3. Meredakan Stres

Selanjutnya, manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengangkat kaki ke tembok adalah bisa meredakan stres. Praktik ini telah terbukti dari zaman dulu, kebanyakan orang yang sedang stres terbukti bisa lebih rileks karena aktivitad yang satu ini. Sebab, sistem saraf akan membaik ketika darah dan oksigen yang didapatkan terbilang cukup.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Hal ini sangat berkaitan dengan rileksasi di atas. Semakin rileks pikiran Anda, maka semakin baik pula kualitas serta kuantitas tidur Anda. Sebab, tak ada rasa cemas, khawatir, ataupun perasaan yang mengganggu pikiran sebelum waktu tidur tiba. Untuk itu, cara ini baik dilakukan menjelang tidur.