9 Manfaat Angkak dan Efek Sampingnya

apa-itu-angkak-doktersehat
Photo source: Ingredientsnetwork.com

DokterSehat.Com – Tidak semua makanan yang telah mengalami fermentasi oleh jamur menjadi tidak berguna. Salah satu contoh makanan fermentasi yang tetap berguna adalah angkak. Angkak adalah contoh makanan fermentasi yang tidak rusak bahkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Simak terus penjelasan ini untuk mengetahui lebih jauh tentang angkak atau beras merah ragi. Ketahui apa itu angkak, kandungan gizi angkak, manfaat angkak, dan efek sampingnya.

Apa itu angkak?

Angkak adalah beras putih yang telah mengalami proses fermentasi oleh jamur Monascus purpureus dan menjadi berwarna merah kecoklatan. Banyak orang yang mengonsumsi angkak sebagai makanan pokok.

Penggunaan angkak juga sering dijadikan sebagai suplemen makanan. Selain itu, angkak biasa digunakan sebagai obat tradisional di Cina. Angkak mengandung beberapa zat yang sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan angkak

Ada beberapa kandungan zat di dalam angkak yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat angkak yang terkenal sebagai obat tradisional tidak terlepas dari zat-zat penting yang terkandung di dalam angkak.

Angkak mengandung serat, karbohidrat, dan protein. Selain itu, di dalam angkak juga mengandung lovastatin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lovastatin adalah zat di dalam angkak yang mirip dengan obat jantung.

Manfaat angkak bagi kesehatan

Angkak telah sejak dulu digunakan sebagai obat tradisional di Cina di samping sebagai makanan pokok dan suplemen. Ini mengartikan bahwa angkak memiliki manfaat selayaknya obat yang bisa mengatasi masalah kesehatan.

Apa sajakah manfaat angkak bagi kesehatan? Silahkan menyimak jawabannya di bawah ini!

1.  Menurunkan kadar kolesterol

Angkak atau beras ragi merah sangat baik digunakan oleh orang-orang yang memiliki masalah kadar kolesterol. Manfaat angkak bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu kolesterol LDL.

Di samping itu, manfaat angkak juga bisa mengurangi kadar trigliserida. Pengonsumsian angkak bisa menurunkan kolesterol total. Tidak hanya menurunkan, angkak juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yaitu kolesterol HDL.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kemampuan angkak untuk menurunkan kadar lipid darah yang negatif (trigliserida dan kolesterol LDL) dan meningkatkan kadar lipid darah yang baik (kolesterol HDL) sudah cukup menjaga kesehatan jantung.

Manfaat angkak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung semakin lengkap karena kandungan lovastatin yang ada di dalam angkak. Zat lovastatin sangat baik untuk menurunkan risiko dan mengatasi masalah serangan jantung.

Selain itu, angkak juga bisa meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga berdampak positif pada tekanan darah dan sistem kardiovaskular. Penggunaan angkak pun mampu mencegah pembuluh darah menjadi kaku.

3. Mengurangi peradangan dan infeksi

Beberapa penelitian menunjukkan jika manfaat angkak bisa mengurangi peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh. Di dalam angkak, terkandung zat yang bisa menurunkan faktor terjadinya peradangan.

Pengonsumsian angkak bisa berdampak pada menurunnya zat TNF dan IL-6 yang sangat terkait dengan penyebab terjadinya inflamasi. Ternyata tidak hanya bisa mengatasi peradangan, angkak juga bermanfaat untuk melawan infeksi akut.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Tidak hanya berdampak pada jantung, pengonsumsian angkak baik sebagai suplemen, makanan pokok, ataupun obat tradisional ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar selalu dalam batas normal.

Anda telah mengetahui sebelumnya jika angkak bisa menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan mengontrol tekanan darah. Di samping itu semua, manfaat angkak juga bisa mengontrol kadar gula darah yang berdampak positif bagi perbaikan metabolisme tubuh.

Manfaat ini bisa mencegah terjadinya sindrom metabolik karena kadar lipid darah, kadar gula darah, dan tekanan darah selalu bisa terkendali dengan baik dan dalam batas normal. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari berbagai komplikasi penyakit.

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat angkak tidak hanya baik terhadap normalnya nilai tanda-tanda vital, kadar gula darah, dan kadar lipid darah. Angkak juga bisa melawan penyakit kanker. Penggunaan angkak bisa membunuh sel-sel kanker.

Angkak juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Pengobatan penyakit kanker juga bisa dilakukan dengan menggunakan angkak. Angkak bisa mengobati penyakit kanker secara efektif.

6. Membantu pertumbuhan tulang

Hampir setiap orang ingin memiliki pertumbuhan tulang yang optimal sehingga berdampak pada struktur tubuh yang bagus. Anda bisa menggunakan angkak untuk membantu pertumbuhan tulang.

Manfaat angkak bisa membantu membentuk tulang dengan baik. Di samping itu, asupan angkak bisa meningkatkan kepadatan tulang Anda. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari penyakit osteoporosis.

7. Menurunkan berat badan dan mencegah obesitas

Apakah Anda termasuk orang yang memiliki masalah berat badan? Mungkin Anda telah mencoba untuk menurunkan berat badan tetapi masih belum berhasil padahal berat badan Anda sudah sangat mengkhawatirkan.

Tidak perlu cemas karena Anda bisa menggunakan angkak sebagai suplemen untuk membantu menurunkan berat badan Anda. Bagi Anda yang memiliki status gizi obesitas maka angkak bisa menjadi solusi untuk menurunkan berat badan Anda yang sangat berlebih.

8. Mengobati penyakit hati

Selain jantung, angkak juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan organ hati. Orang-orang yang sedang memiliki gangguan hati tetapi bukan karena konsumsi alkohol maka asupan angkak bisa menjadi solusinya.

Sebuah penelitian menunjukkan, pengonsumsian angkak bisa menurunkan kadar enzim hati. Kadar enzim hati yang tinggi bisa memicu kerusakan hati. Ini juga tidak baik bagi kadar lipid darah khususnya pada penderita diabetes.

9. Manfaat angkak lainnya

Sebenarnya, manfaat angkak untuk kesehatan cukup banyak. Angkak dapat meningkatkan kelancaran sirkulasi darah karena manfaatnya terhadap jantung dan pembuluh darah. Selain itu, manfaat angkak juga berdampak positid pada limpa dan saluran pencernaan.

Jika Anda mengalami buang-buang air atau diare maka asupan angkak bisa membantu Anda untuk segera pulih dari diare. Angkak bisa memperbaiki sistem pencernaan Anda saat sedang diare sehingga masalah diare cepat teratasi.

Efek samping angkak

Meskipun memiliki beberapa manfaat, ternyata angkak juga memiliki beberapa efek samping yang seharusnya dihindari. Kandungan lovastatin di dalam angkak memang baik untuk jantung tetapi ini bisa menimbulkan efek samping pada ibu hamil.

Lovastatin di dalam angkak bisa membahayakan kondisi janin dan kehamilan. Studi menunjukkan pengonsumsian angkak pada binatang yang sedang hamil bisa menimbulkan cacat saat lahir.

Di samping itu, ibu menyusui juga sebaiknya tidak mengonsumsi angkak. Meskipun belum diketahui dampak angkak terhadap kualitas air susu ibu , menghindari konsumsi angkak pada ibu menyusui akan lebih aman untuk bayi.

Efek samping angkak juga bisa memicu terjadinya reaksi alergi seperti gatal-gatal, ruam kulit, sulit bernapas, sakit kepala, mual, dan muntah. Anda pun perlu waspada karena angkak bisa menurunkan imunitas jika dikonsumsi berlebihan.

Beberapa efek samping angkak yang cukup sering terjadi di antaranya adalah sakit perut, perut kembung, dan masalah otot. Manfaat angkak memang baik untuk hati tetapi kandungan lovastatin di dalam angkak bisa menimbulkan kerusakan hati.

Jadi, bagi Anda yang ingin menggunakan angkak sebagai suplemen makanan atau obat tradisional sebaiknya konsultasikanlah hal ini kepada dokter agar Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih tepat. Ini perlu dilakukan karena efek samping angkak tidak bisa diremehkan.