10 Manfaat Anggur Merah Bagi Tubuh

manfaat-anggur-merah-doktersehat

DokterSehat.Com – Anggur merah adalah salah satu buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Meskipun sering kali tersedia di pasar swayalayan dengan harga yang cukup tinggi, tapi tidak membuat masyarakat kehilangan selera pada buah lezat yang satu ini. Ternyata di samping rasanya yang lezat memang terdapat berbagai manfaat anggur merah untuk tubuh!

Keunggulan Anggur Merah

Jika ingin membedakan anggur merah dengan anggur lainnya, selain melalui tampilannya, kita juga bisa membedakannya berdasarkan kandungannya. Anggur merah memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan anggur hijau atau anggur putih.

Anggur merah yang memiliki pigmen lebih gelap berarti juga memiliki kandungan nutrisi dan juga antioksidan yang lebih tinggi. Anggur merah memiliki kandungan antioksidan berupa resveratrol, kuersetin, dan saponin. Keunggulan lain dari anggur merah adalah kalorinya yang lebih rendah serta rasanya yang juga lebih manis dibandingkan dengan jenis anggur lain.

Kandungan vitamin dan mineral dalam buah anggur juga bisa dikatakan cukup lengkap. Anggur memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, dan vitamin B kompleks. Sedangkan untuk mineralnya, anggur memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, sodium, dan seng.

Manfaat Anggur Merah Bagi Tubuh

Manfaat anggur merah bagi tubuh sudah banyak diteliti sejak dulu. Berdasarkan pada kandungan nutrisi dan juga keunggulannya, berikut adalah manfaat anggur merah untuk tubuh yang dapat Anda rasakan:

1. Mengatasi peradangan

Manfaat anggur merah yang pertama adalah untuk mengatasi peradangan. Anggur merah memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu tubuh untuk mengatasi berbagai jenis peradangan. Konsumsi anggur merah dipercaya dapat mengatasi penyakit seperti radang tenggorokan, radang paru-paru, hingga radang di saluran pencernaan.

Anggur merah juga dipercaya dapat mengatasi gejala penyakit arthritis rheumatoid atau rematik. Selain itu, buah yang satu ini juga dapat memelihara dan mencegah peradangan pada tulang dan sendi.

2. Menurunkan reaksi alergi

Manfaat anggur merah yang kedua adalah untuk membantu menurunkan reaksi alergi. Anggur merah memiliki sifat antihistamin sehingga dapat mencegah pelepasan senyawa histamin. Senyawa histamin merupakan senyawa yang memicu munculnya reaksi alergi seperti gatal, ruam merah, bersin-bersin hingga pembengkakan.

3. Mencegah kanker

Manfaat anggur merah selanjutnya adalah dapat mencegah kanker. Penyebab utama kanker adalah radikal bebas yang berasal dari luar maupun dari dalam tubuh. Konsumsi anggur merah yang tinggi antioksidan dapat membebaskan radikal bebas dan mencegahnya merusak sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Anggur merah tidak hanya melindungi dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan antioksidan seperti resveratrol juga dipercaya ampuh untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan penyakit kanker kulit.

4. Mengontrol kadar kolesterol

Anggur merah memiliki kandungan saponin di dalamnya. Saponin merupakan senyawa glikosida steroid yang terdapat dalam berbagai tanaman, termasuk anggur merah ini. Saponin dikenal dengan manfaatnya yang mampu untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Menjaga kadar kolesterol dalam darah sangatlah penting. Jika dibiarkan menumpuk, koleterol jahat bisa menumpuk dan membentuk plak penyebab penyumbatan pembuluh darah yang dapat berisiko memicu penyakit berbahaya lainnya.

5. Mengatasi gangguan tidur

Manfaat anggur merah yang kelima adalah dapat mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anggur merah dapat meningkatkan kadar hormon melatonin dalam tubuh.

Hormon melatonin merupakan hormon yang memiliki peran penting dalam mengatur siklus tidur. Peningkatkan jumlah hormon melatonin dalam tubuh akan merangsang tubuh untuk mengirim sinyal pada otak yang menyatakan bahwa tubuh sudah siap untuk tidur.

6. Melancarkan aliran darah

Manfaat anggur merah selanjutnya adalah melancarkan aliran darah. Banyak sekali manfaat dari menjaga aliran darah lancar. Pertama-tama, Anda dapat menjaga kesehatan otak karena suplai oksigen ke otak tetap terjaga. Manfaat selanjutnya dari lancarnya aliran darah terhidarnya Anda dari penyakit tekanan darah tinggi.

Selain itu, tentunya kesehatan jantung dan organ lainnya akan terjaga. Setiap organ dapat bekerja dengan baik dan maksimal jika aliran darah lancar dan tidak mengalami hambatan.

7. Buah penambah darah

Anggur juga masuk ke dalam jajaran buah penambah darah. Konsumsi anggur merah dipercaya dapat meredakan gejala anemia. Anggur memiliki kandungan zat besi, folat, dan juga kalium yang sangat baik untuk membantu memicu produksi sel darah merah.

8. Menurunkan risiko diabetes

Manfaat anggur selanjutnya adalah dapat menurunkan risiko diabetes. Konsumsi buah yang memiliki antioksidan tinggi diketahui dapat membantu menjaga kerja insulin sehingga kadar gula darah terjaga. Maka dari itu, konsumsi anggur merah yang tinggi antioksidan juga dipercaya baik dan aman untuk para penderita diabetes.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kesehatan kulit merupakan hal yang sangat penting, terutama untuk penampilan. Manfaat anggur merah yang dapat menangkal radikal bebas dan juga melancarkan aliran darah juga akan Anda rasakan pada kesehatan kulit Anda. Aliran darah yang lancar ke kulit akan membuat kulit lebih cerah dan juga kencang.

Anda juga dapat terhindar dari berbagai masalah peradangan kulit. Namun jika ingin mendapatkan manfaat anggur merah untuk kulit maka jangan lupa juga merawat kulit dengan cara membersihkannya dengan benar.

10.Mencegah penuaan dini

Bukan hanya kulit yang lebih sehat saja yang bisa Anda dapatkan, tapi Anda juga dapat terhindar dari penuaan dini berkat anggur merah. Polusi udara, sinar matahari, dan radikal bebas lainnya dapat mempercepat munculnya keriput di wajah. Manfaat anggur merah dalam melindungi kulit dapat membuat kulit Anda lebih segar dan tentunya terlihat selalu muda.

Konsumsi Anggur Merah yang Baik

Anggur merah sering kali diolah menjadi minuman beralkohol. Sebagai minuman beralkohol, red wine atau anggur merah juga dipercaya memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini banyak dipercaya karena memang bahan dasar red wine adalah anggur merah yang memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

Meskipun begitu, tentunya konsumsi red wine dengan konsumsi anggur merah secara langsung memberikan efek yang berbeda. Anggur merah yang diolah menjadi minuman memang masih memiliki kandungan vitamin dan mineral seperti anggur merah biasa, tetapi fakta bahwa red wine merupakan minuman beralkohol juga tidak dapat dipungkiri.

Red wine juga masih memiliki risiko yang sama seperti minuman beralkohol pada umumnya yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan. Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, hingga gangguan fungsi hati. Konsumsi red wine secara berlebihan juga dipercaya dapat memicu depresi dan menurunkan kesehatan kulit.

Selain konsumsi anggur secara langsung atau diolah menjadi minuman, anggur juga bisa dikonsumsi dalam bentuk buah kering yaitu kismis. Proses berubahnya anggur menjadi kismis dapat meningkatkan jumlah beberapa vitamin dan mineral yang terkandung dalam anggur. Sayangnya hal ini tidak sepenuhnya membuat kismis jadi lebih unggul dari anggur.

Anggur yang berubah menjadi kismis juga kehilangan sedikit kandungan vitaminnya dan yang lebih harus diperhatikan adalah jumlah kalorinya. Kandungan kalori dalam kismis berkalilipat jika dibandingkan dengan anggur segar, begitu juga dengan kandungan karbohidrat dan gulanya.

Kesimpulannya adalah jika ingin mendapatkan manfaat anggur merah, maka sebaiknya konsumsi anggur merah segar. Jika ingin mengonsumsi dalam bentuk kismis, maka perhatikan baik-baik jumlahnya agar jumlah kalori yang dikonsumsi tidak berlebihan.

Itu dia 10 manfaat anggur merah bagi tubuh dan juga sekilas tentang tips mengonsumsi anggur merah dengan baik. Pada dasarnya setiap makanan yang dikonsumsi secara berlebihan memang tidak baik. Maka dari itu, kosumsilah anggur secukupnya.

Jika ingin mengonsumsi anggur untuk mendapatkan manfaatnya, maka jangan lupa juga untuk menyeimbangkan nutrisinya dengan asupan makanan bergizi lainnya. Jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan dengan tidur yang cukup dan olahraga secara rutin.