Bunda, Ini Manfaat Anak Rajin Membaca

doktersehat anak gemar membaca
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Di tengah kemajuan era digital saat ini, kebiasaan membaca mulai banyak ditinggalkan. Padahal kebiasaan gemar membaca bagi anak memiliki banyak manfaat. Apa saja?

Manfaat gemar membaca bagi anak

Membaca merupakan salah satu bekal keterampilan yang dibutuhkan anak untuk menguasai pelajaran akademiknya. Selain itu, membaca ternyata juga memberi manfaat bagi banyak aspek dalam kehidupan anak. Beberapa manfaat membaca pada anak antara lain:

1. Mempermudah pendidikan anak

Anak yang gemar membaca sejak kecil akan memiliki pengetahuan yang lebih luas dan kemampuan konsentrasi yang lebih baik. Dengan membaca, anak juga akan memiliki fokus, perhatian dan konsentrasi yang lebih baik. Semakin baik kemampuan membaca anak, ia juga akan lebih mudah untuk memahami pelajaran di sekolah.

2. Baik bagi perkembangan otak anak

Membaca dapat mendukung perkembangan otak anak dengan baik. Kemampuan belajar anak sebelum berusia 5 tahun dianggap jauh lebih cepat dan pesat dibandingkan setelahnya, karena itu orang tua diharapkan memberi stimulasi yang tepat pada saraf aanak agar perkembangan otak anak lebih maksimal.

3. Membantu lebiih percaya diri

Anak yang rajin membaca umumnya memiliki percaya diri dan sikap mandiri yang baik. Kebiasaan membaca juga sering dikaitkan dengan peningkatan rasa disiplin dan dasar kemampuan menyelesikan masalah pada anak.

4. Membentuk kepribadian anak

Anak yang rajin membaca akan lebih tahu kondisi lingkungan di sekitarnya, sehingga dapat tumbuh menjadi anak yang rendah hati dan peka pada lingkungan sekitar. Hal ini dapat membantu anak dalam bersosialisasi dan membentuknya jadi pribadi yang ramah dan mampu beirnteraksi sosial dengan baik pada lingkungan sekitarnya.

5. Memiliki kemampuan berbahasa lebih baik

Kemampuan berbahasa anak bukan hanya dilihat dari kemampuan bicara, namun juga menulis, mengeja dan memilih kata-kata yang tepat. Semakin rajin membaca, kemampuan berbahasa anak akan lebih baik dan ini akan mendukung performa anak ketika dewasa.

Selain itu, anak yang mampu membaca juga memiliki kreativitas dan daya imajinasi yang baik. Semakin beragam buku pengetahuan atau cerita dongeng yang dibaca anak akan mempekraya pengetahuan dan mengasah kemampuan anak.

Yuk dukung anak agar rajin membaca!