Terbit: 5 Mei 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manfaat air mawar sangat beragam untuk wajah dan tubuh. Air mawar memang banyak digunakan dalam perawatan kecantikan sejak dulu, terutama sebagai pembersih dan penyegar wajah. Namun selain manfaat tersebut, ternyata masih banyak manfaat lainnya yang jarang diketahui, lho!

manfaat-air-mawar-doktersehat

Kandungan Air Mawar

Sebelum memahami manfaat air mawar, tentunya tidak kalah penting untuk mengetahui apa saja yang terkandung dalam air mawar.

Secara nutrisi, kandungan air mawar meliputi vitamin A, B, C, E, dan juga antioksidan. Sebagian besar manfaat air mawar berasal dari kandungan antioksidannya yang tinggi. Selain itu, air mawar juga mengandung zat yang memiliki sifat antibakteri dan juga antiinflamasi yang membuatnya sangat baik untuk kulit.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah dan Tubuh

Selain dicintai karena memiliki bentuk yang cantik, wangi dari bunga mawar juga sangat menyenangkan. Tidak disangka bahwa bunga ini juga memiliki berbagai manfaat jika diolah menjadi air mawar.

Berikut adalah berbagai manfaat air mawar untuk wajah dan tubuh!

1. Membersihkan Make Up

Manfaat air mawar yang pertama adalah dapat dipergunakan sebagai make up remover.

Setelah menggunakan make up seharian, tentunya wajah harus segera dibersihkan. Selain agar kulit dapat bernapas, tujuan dari membersihkan make up adalah untuk menghindari menumpuknya berbagai bakteri dan kotoran pada wajah yang dapat menyebabkan berbagai masalah wajah. Jika kehabisan pembersih make up, air mawar bisa dijadikan sebagai make up remover darurat.

Cara menggunakan air mawar untuk membersihkan make up adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 3 sdm air mawar dengan 1 sdm minyak kelapa pada sebuah wadah.
  • Aplikasikan campuran tersebut dengan menggunakan kapas pada seluruh wajah hingga make up bersih.
  • Bilas kembali wajah hingga bersih.

Campuran tersebut terbilang ampuh untuk menghapus make up. Namun tidak disarankan untuk menggunakan secara rutin karena efektivitasnya tidak diketahui pasti. Sebagai gantinya, Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan produk make up remover yang memiliki kandungan air mawar.

2. Mengatasi Jerawat

Manfaat air mawar yang kedua adalah dapat mengatasi jerawat pada wajah.

Jerawat adalah masalah wajah yang tidak dapat disepelekan karena selain membuat tidak nyaman, jerawat juga dapat merusak penampilan seseorang. Air mawar memiliki kandungan antibakteri sehingga dapat digunakan untuk mengatasi berbagai infeksi kulit akibat bakteri seperti jerawat.

Berikut adalah salah satu cara menggunakan air mawar untuk mengatasi jerawat:

  • Siapkan air mawar dan perasan lemon.
  • Campurkan 1 sdm air mawar dengan 1 sdm air lemon.
  • Aplikasikan pada bagian kulit yang berjerawat.
  • Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas wajah dengan air bersih.

Jika efeknya baik, maka peradangan jerawat akan berkurang. Namun sebaiknya jangan lanjutkan penggunaan apabila jerawat semakin meradang. Perlu diketahui juga bahwa penggunaan lemon tidak direkomendasikan untuk kulit kering.

3. Sebagai Perawatan Mata

Mata yang segar juga merupakan salah satu kunci dari penampilan cantik. Kantong mata dapat terbentuk akibat mata kelelahan, kurang tidur, atau beberapa penyebab lainnya. Anda dapat menghilangkan mata lelah ini dengan menggunakan kompres air mawar.

Cara mengatasi mata bengkak dan lelah dengan air mawar:

  • Rendam kapas dalam air mawar dingin.
  • Oleskan pada mata atau diamkan kapas pada mata selama beberapa menit.

Air mawar juga dapat digunakan sebagai perawatan untuk konjungtivitis berkat sifat antiseptik dan analgesiknya. Namun pada perawatan untuk konjungtivitis sebaiknya menggunakan obat tetes mata yang mengandung air mawar, bukan menggunakan air mawar langsung.

4. Menenangkan Iritasi Kulit

Air mawar dapat membantu menenangkan iritasi kulit berkat sifat antiinflamasinya yang kuat.

Beberapa kondisi seperti eksim atau rosacea dapat menyebabkan kulit mengalami iritasi yang dapat menyebabkan gejala seperti gatal dan tidak nyaman. Mengaplikasikan air mawar pada kulit dapat meredakan peradangan dan meredakan gejala.

5. Mengurangi Kulit Kemerahan

Kulit kemerahan juga merupakan salah satu gejala umum yang terjadi saat kulit mengalami iritasi.

Selain menenangkan kulit yang gatal dan tidak nyaman akibat iritasi, efek antiperadangan dari air mawar juga dapat mengurangi kemerahan pada kulit. Bahkan, pembengkakan pada wajah juga dapat berkurang.

Baca Juga: 12 Manfaat Masker Alpukat untuk Wajah dan Cara Membuatnya

6. Mencegah Penuaan Dini

Siapa tidak ingin memiliki tampilan wajah yang awet muda?

Air mawar yang kaya akan antioksidan dipercaya memiliki efek anti aging yang ampuh. Maka dari itu, banyak produk anti aging yang menjadikan bunga mawar menjadi salah satu bahan utamanya.

Kandungan antioksidan dalam air mawar dapat membantu melindungi sel dari kerusakan. Berbagai masalah kulit pun dapat dicegah, salah satunya adalah penuaan dini yang juga umum terjadi akibat paparan radikal bebas.

7. Menyegarkan Wajah

Kegunaan air mawar selanjutnya adalah untuk menyegarkan wajah. Anda dapat mendapatkan kesegaran ini hanya dengan menyemprotkan langsung ke wajah. Spray air mawar ini juga dapat diaplikasikan sebagai setting spray ketika menggunakan make up. Setelah selesai mengaplikasikan make up, semprotkan air mawar ke wajah untuk mendapatkan hasil wajah yang lebih bercahaya.

8. Baik untuk Menjaga pH kulit

Air mawar adalah salah satu perawatan wajah yang ramah untuk kulit karena kadar pH air mawar ideal untuk kulit.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pH kulit berkisar antara 4,1 hingga 5,8, sedangkan pH air mawar berkisar antara 4,0-4,5. Salah satu penelitian yang terbit dalam jurnal Current Problems in Dermatology menyebutkan bahwa produk perawatan kulit dengan tingkat pH 4,0 hingga 5,0 dapat meminimalkan iritasi kulit dan intoleransi.

Hal ini membuat air mawar menjadi perawatan yang ideal untuk kulit. Meskipun begitu, perlu diperhatikan bahwa setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda sehingga efek perawatan dengan air mawar ini juga dapat berbeda pada setiap orang.

9. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Bukan hanya digunakan sebagai perawatan kecantikan, tapi terdapat juga beberapa manfaat air mawar untuk kesehatan.

Salah satu kegunaan air mawar untuk kesehatan adalah sebagai obat sakit tenggorokan tradisional. Hal ini disebabkan karena efek antiinflamasi dan juga antibakterinya. Selain itu, penggunaan air mawar sebagai obat sakit tenggorokan juga dianggap sangat minim risiko efek samping.

Meskipun begitu, masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan manfaat satu ini.

10. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat air mawar untuk kesehatan selanjutnya adalah baik untuk saluran pencernaan.

Konsumsi air mawar dipercaya dapat meningkatkan aliran empedu, sehingga dapat mengurangi gejala seperti kembung dan sakit perut. Fungsi air mawar lainnya untuk pencernaan adalah sebagai pencahar yang dapat membantu perawatan sembelit.

Air mawar yang dikonsumsi tentu sebaiknya yang murni dan tidak mengandung campuran bahan lain yang berbahaya ketika diberikan secara oral. Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, Anda juga disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi air mawar.

11. Mengatasi Sakit Kepala

Air mawar dan minyak esensial mawar dapat membantu mengatasi sakit kepala apabila digunakan sebagai aromaterapi. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa uap air mawar dapat meredakan sakit kepala. Selain sebagai aromaterapi, air mawar juga dapat digunakan untuk mengompres kepala. Namun efektivitasnya belum diketahui.

Cara Membuat Air Mawar

Jika ingin menggunakan produk air mawar yang sudah tersedia, maka ikuti petunjuk dari penggunaan air mawar tersebut agar penggunaannya dapat maksimal dan tetap aman.

Selain menggunakan produk air mawar yang sudah tersedia, Anda juga dapat membuat air mawar sendiri di rumah. Terdapat beberapa cara untuk membuat air mawar, tapi salah satu cara membuat air mawar yang paling praktis adalah dengan cara merebus kelopak bunga mawar segar.

Berikut adalah langkah yang harus diikuti untuk membuat air mawar di rumah.

Resep Air Mawar di Rumah

Bahan:

  • 1 cangkir kelopak mawar, sekitar 2 bunga mawar (pilih mawar dengan jenis yang sama dan lebih baik jika bebas pestisida)
  • 475 ml air suling

Cara membuat:

  1. Bersihkan kelopak mawar segar dengan baik untuk menghilangkan kotoran, serangga, maupun pestisida yang tersisa.
  2. Masukkan kelopak mawar ke dalam panci dan tuangkan air ke dalamnya.
  3. Panaskan air hingga mendidih dan wangi mawar mulai keluar.
  4. Diamkan hingga mendingin, lalu saring air mawar dan masukkan ke dalam sebuah toples bersih.
  5. Air mawar siap untuk digunakan. Anda dapat menyimpan sisa air mawar yang belum digunakan dalam lemari es.

Sebaiknya tidak membuat air mawar dalam jumlah yang terlalu banyak. Meskipun air mawar dapat tahan disimpan selama kurang lebih 6 bulan, namun ada baiknya untuk menyimpannya terlalu lama untuk menjaga kesegarannya.

Cara Menggunakan Air Mawar

Cara menggunakan air mawar dapat berbeda-beda, bergantung pada manfaat yang ingin dirasakan. Sebelumnya sudah dijelaskan bagaimana cara menggunakan air mawar untuk membersihkan make up dan untuk mengatasi jerawat.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan air mawar lainnya:

  • Gunakan sebagai toner untuk menyegarkan dan membersihkan wajah. Caranya dengan mencuci wajah dengan air mawar setelah menggunakan air biasa.
  • Campurkan dengan minuman lain seperti teh hijau atau teh kembang sepatu untuk kemudian dikonsumsi dan mendapat manfaat untuk pencernaan.
  • Campurkan dengan minyak esensial mawar dan gunakan sebagai aromaterapi dalam ruangan.
  • Masukkan ke dalam botol spray untuk dijadikan spray serbaguna yang dapat disemprotkan di tubuh, wajah, atau bahkan bantal.

Efek Samping Air Mawar

Penggunaan air mawar pada dasarnya relatif aman dan jarang menimbulkan efek samping. Meskipun begitu, efek samping bisa saja terjadi pada individu yang hipersensitif terhadap mawar.

Efek samping dapat meliputi:

  • Sensasi terbakar
  • Kemerahan
  • Iritasi

Jika mengalami efek samping di atas, sebaiknya hentikan penggunaan produk. Sebelum menggunakan produk dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda menggunakan dalam jumlah kecil dulu pada kulit untuk mengetahui ada atau tidaknya reaksi alergi.

Sekian informasi tentang air mawar mulai dari manfaat, cara membuat, cara menggunakan, hingga efek samping. Perawatan wajah harus dilakukan secara rutin apabila ingin mendapatkan hasil yang diharapkan. Lanjutkan perawatan hanya jika penggunaan air mawar memberikan efek positif pada tubuh Anda. Semoga informasi ini bermanfaat!

  1. Ahuja, Aashna. 2018. 10 Rose Water Benefits: From Antioxidants To Anti-Aging. https://food.ndtv.com/beauty/10-benefits-of-rose-water-you-need-to-know-1239785. (Diakses 5 Mei 2020).
  2. Frothingham, Scott. 2019. Can You Use Rose Water to Treat Acne and Other Skin Conditions?. https://www.healthline.com/health/rose-water-for-acne. (Diakses 5 Mei 2020).
  3. Gotter, Ana. 2017. Rose Water: Benefits and Uses. https://www.healthline.com/health/rose-water-benefits. (Diakses 5 Mei 2020).
  4. Montell, Amanda. 2019. This Buzzy Pink Drink Is Giving L.A. Girls Insanely Clear Skin. https://www.byrdie.com/benefits-rosewater-drink. (Diakses 5 Mei 2020).
  5. Seymour, Tom. 2017. What you should know about rose water. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320216. (Diakses 5 Mei 2020).
  6. wikiHow Staff. 2020. How to Make Rosewater. https://www.wikihow.com/Make-Rosewater#Making-Rosewater-with-Fresh-Petals. (Diakses 5 Mei 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi