Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Minum Air Madu di Pagi Hari

jenis-madu-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Saat bangun tidur di pagi hari, kebanyakan orang enggan melakukan aktivitas apapun dan lebih memilih bersantai serta memainkan gadget. Hal itu sudah menjadi kebiasaan yang hampir dialami oleh kebanyakan orang di zaman digital ini. Padahal, kebiasaan tersebut sangatlah tidak bermanfaat dan terkesan membuang waktu. Pasalnya, masih ada hal bermanfaat lainnya yang bisa dilakukan pada pagi hari.

Sembari menunggu waktu mandi, alangkah baiknya untuk melakukan hal-hal bermanfaat dan tentu saja menyehatkan, misalnya pemanasan, olah napas, dan menyiapkan menu sarapan. Namun, tak hanya sampai di situ saja, sebab ada satu lagi cara sehat di pagi hari yang baru-baru ini tengah menjadi perbincangan hangat oleh netizen, yakni mengonsumsi air madu sebanyak satu gelas penuh.

Memang apa manfaat dari air madu jika dikonsumsi setiap pagi? Dilansir dari laman Boldsky, air madu sangat ampuh dalam menjaga kesehatan seseorang. Adapun manfaatnya sebagai berikut:

1. Menjaga Berat Badan

Salah satu manfaat mengonsumsi air madu di pagi hari adalah untuk menjaga kestabilan berat badan. Sebab, air madu bisa meningktkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak menjadi lebih maksimal. Kemudian, dengan mengonsumsi air madu di pagi hari, Anda pun akan merasa kenyang sampai siang, sehingga terhindar dari keinginan ngemil.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Bukan rahasia lagi jika madu memiliki anti bakteri yang sangat kuat berkat kehadiran hydrogen peroksida yang dimilikinya. Tak hanya itu saja, madu juga kaya akan vitamin yang bisa merangsang produksi sel darah putih. Dengan demikian, kekebalan tubuh pun akan meningkat pula. Maka tak heran, jika air madu cukup direkomendasikan pada pagi hari.

3. Melancarkan Pernapasan

Sebagian orang pasti mengalami hidung tersumbat saat bangun tidur. Hal itu dikarenakan ketika tertidur lelap, kita tidak tahu benda apa yang masuk ke dalam hidung dan menyumbat sistem pernapasan. Untuk itu, air madu yang hangat dipercaya bisa mengatasi masalah pernapasan. Tak hanya sampai di situ saja, air madu juga bisa mengatasi sinus secara berkala.