7 Manfaat Air Hangat untuk Wajah Cantik dan Awet Muda

manfaat-air-hangat-untuk-wajah-doktersehat

DokterSehat.Com – Banyak yang berpendapat bahwa air dingin lebih baik dibandingkan air hangat untuk wajah. Namun pada dasarnya, keduanya memiliki manfaatnya masing-masing apabila digunakan sesuai dengan kebutuhan kulit dan dengan cara yang tepat. Nah, apa saja manfaat air hangat untuk wajah?

Manfaat Air Hangat untuk Wajah

Air tentunya menjadi salah satu elemen penting dalam perawatan wajah, karena sebelum mengaplikasikan skin care routine, hal pertama yang Anda lakukan tentunya adalah membersihkan wajah.

Air hangat dipercaya dapat memberikan berbagai manfaat untuk kulit wajah, baik ketika digunakan untuk mencuci, mengompres, maupun menguapi wajah.

Berikut adalah berbagai manfaat air hangat untuk wajah yang sayang untuk dilewatkan!

1. Membersihkan Kotoran Wajah

Fungsi air hangat untuk wajah yang pertama adalah dapat membersihkan kotoran.

Ya, air hangat dianggap dapat lebih ampuh dalam membersihkan sisa kotoran di wajah jika dibandingkan dengan air dingin. Namun tentunya Anda tetap harus memerhatikan temperatur air tersebut.

Air yang paling baik untuk mencuci wajah adalah air hangat atau suam-suam kuku. Jangan gunakan air yang terlalu panas karena dapat mengiritasi kulit dan dapat membuat kulit menjadi jauh lebih kering.

2. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat mengompres wajah dengan air hangat adalah dapat membantu meringankan jerawat.

Mengompres wajah dengan air hangat dapat membuka pori-pori sehingga kulit dapat melepaskan kotoran, sel kulit mati, dan juga bakteri yang dapat menjadi penyebab jerawat. Masalah jerawat ringan dan komedo dapat diredakan dengan cara ini.

Meskipun begitu, terdapat faktor-faktor lainnya yang perlu Anda perhatikan, karena jerawat tidak hanya disebabkan oleh penumpukan kotoran dan bakteri pada pori-pori. Jerawat juga bisa dipicu faktor lain seperti ketidakseimbangan hormon.

Apabila Anda memiliki masalah jerawat yang cukup berat, Anda mungkin juga membutuhkan obat jerawat untuk meredakan peradangannya.

3. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat air hangat untuk wajah yang tidak kalah penting lainnya adalah dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Ketika Anda mengompres atau menguap wajah dengan air hangat, pembuluh darah di wajah akan melebar dan ini akan meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya sirkulasi darah di kulit wajah tentunya sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap terlihat sehat dan bercahaya.

4. Meningkatkan Produksi Kolagen dan Elastin

Selain melancarkan sirkulasi darah, manfaat air hangat untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

Hal ini disebabkan karena sirkulasi darah yang lebih lancar ke wajah. Sel-sel di wajah, termasuk sel penghasil kolagen mendapatkan asupan oksigen yang cukup sehingga dapat bekerja dengan lebih maksimal. Keberadaan kolagen dan elastin sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap elastis dan kencang.

5. Menenangkan Kulit

Manfaat air hangat untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu menenangkan kulit.

Ketika Anda menguapi wajah dengan air hangat, rasa hangat ini akan membuat wajah Anda menjadi lebih rileks. Anda juga dapat menambahkan aromaterapi pada air yang digunakan untuk menguapi wajah.

Tidak hanya kulit wajah yang menjadi tenang, aromaterapi ini juga dapat membantu mengurangi stres.

6. Membantu Kulit Menyerap Skin Care

Menguapi wajah dengan air hangat dapat membantu meningkatkan permeabilitas kulit wajah, sehingga kulit dapat menyerap nutrisi dari produk perawatan wajah dengan lebih maksimal.

Apabila penyerapannya lebih maksimal, tentunya Anda juga akan mendapatkan hasil yang lebih maksimal dari produk perawatan tersebut dibandingkan jika Anda tidak menguapi wajah sebelumnya.

7. Mencegah Penuaan Dini

Air hangat dapat membersihkan wajah dengan lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah, dan meningkatkan produksi kolagen dan elastin.

Semua manfaat ini dapat membantu Anda untuk terhindar dari penuaan. Produksi kolagen dan elastin yang tetap terjaga membuat kulit tetap kencang dan terhindar dari keriput. Penyerapan skin care yang lebih maksimal juga dapat membuat produk perawatan antipenuaan yang Anda gunakan bekerja dengan lebih baik.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan Air Hangat untuk Wajah

Manfaat air hangat untuk wajah memang sangat banyak, namun penggunaan air hangat pada wajah ini tentunya bergantung pada karakter kulit masing-masing orang. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan air hangat untuk wajah:

  • Perhatikan temperatur air. Jangan gunakan air yang terlalu panas, tapi gunakan air yang suam-suam kuku untuk membasuh atau mengompres wajah.
  • Sebelum menggunakan air hangat pada wajah, rasakan kehangatan air dengan menggunakan tangan Anda. Air yang suam-suam kuku tidak terasa panas di kulit, tapi suhunya lebih tinggi dibandingkan suhu tubuh Anda. Ukuran panas setiap orang tentunya juga berbeda-beda berdasarkan sensitivitas kulit masing-masing.
  • Penggunaan air hangat lebih cocok untuk kulit normal. Pemilik kulit kering tidak direkomendasikan untuk menggunakan air hangat karena dapat membuat wajah lebih kering. Sedangkan pada kulit berminyak, air hangat sering kali membuat kulit kering dan membuat wajah memproduksi lebih banyak lagi minyak. jadi, pemilik kulit terlalu kering atau terlalu berminyak tidak disarankan menggunakan air hangat.
  • Setelah menggunakan air hangat untuk menguapi atau mengompres wajah, jangan lupa untuk menggunakan pelembap untuk mencegah kulit kering.
  • Penguapan wajah atau kompres wajah tidak untuk dilakukan setiap hari, Anda dapat melakukannya seminggu sekali atau sesuai kebutuhan kulit Anda.
  • Jika ingin menguap wajah, jangan lakukan terlalu lama, waktu 10 menit adalah waktu yang ideal untuk mencegah wajah dari iritasi.

Itu dia berbagai fungsi air hangat untuk wajah. Apapun perawatan wajah yang Anda gunakan, pastikan perawatan tersebut sesuai dengan kebutuhan kulit Anda.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Frank, Julia. 2014. Should you be using hot or cold water on your skin?. https://www.vogue.com.au/beauty/skin/should-you-be-using-hot-or-cold-water-on-your-skin/news-story/0f1eb4e3738ba05365dc681c50b47960. (Diakses 1 November 2019).
  2. Mack, Stan. Does a Hot Compress Each Night for the Face Prevent Acne Flareups?. https://www.livestrong.com/article/550658-does-a-hot-compress-each-night-for-the-face-prevent-acne-flareups/. (Diakses 1 November 2019).
  3. Santos-Longhurst, Adrienne. 2018. 10 Benefits of Face-Steaming and How to Do It at Home. https://www.healthline.com/health/benefits-of-steaming-face. (Diakses 1 November 2019).