Tak Disangka, Inilah Manfaat Minum Air Garam

doktersehat-manfaat-air-garam
Photo Credit: Pexels.com/Artem Bali

DokterSehat.Com– Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang digunakan sebagai penyedap rasa pada setiap makanan. Sebab, garam memiliki rasa asin yang cocok disandingkan dengan berbagai macam rasa, seperti pedas maupun manis. Sampai-sampai banyak yang mengatakan bahwa garam adalah bahan wajib yang harus ada pada masakan agar tidak hambar rasanya.

Namun, selain sebagai bumbu utama dalam masakan, nyatanya garam juga sering dijadikan sebagai bahan minuman. Walau rasanya sedikit aneh, tapi faktanya air garam dipercaya bisa menangani berbagai macam masalah kesehatan, seperti diare, deman, dan sebagainya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Bahkan, lebih jelasnya lagi, dikatakan bahwa seseorang yang rutin minum air garam akan mendapat manfaat berikut ini:

1. Hidrasi

Jika Anda minum air putih dalam jumlah banyak, pastinya Anda akan sering buang air kecil, bukan? Berbeda dengan air garam, sebab air garam bisa menyerap air secara alami sehingga penggunaannya menjadi lebih maksimal, bukan terbuang sebagai air seni saja. Kendati demikian, Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi air garam dalam jumlah banyak sekaligus, tapi bertahap.

2. Memperbaiki Pencernaan

Perlu Anda ketahui, garam ternyata bisa mengaktifkan kelenjar ludah pada mulut dan melepaskan amylase. Nah, nantinya kelenjar tersebut akan membantu dalam menstimulasi asam klorida dan enzim di pencernaan sehingga bisa membantu dalam memecah makanan secara alami. Akibatnya, pencernaan menjadi lebih lancar.

3. Mengatasi Peradangan

Penting juga diketahui, asupan garam rendah bisa meningkatkan enzim di dalam tubuh yang biasa disebut rennin serta hormon aldosteron. Jika kedua hal tersebut tetap pada jumlah yang stabil, maka tubuh bisa melawan gejala peradangan secara alami. Apalagi jika dibantu dengan mengonsumsi makanan sehat.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Memang sedikit unik, tapi nyatanya garam bisa membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik. Hal itu dibuktikan oleh penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Neuroscience, bahwasanya ketika kadar natrium meningkat, maka seseorang bisa menjadi lebih tenang. Tentu saja ketenangan tersebut akan membuat kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik, bukan?