Terbit: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Air garam merupakan salah satu bahan alami yang dapat membantu Anda dalam mendapatkan kulit yang sehat. Bahkan, sejumlah dermatologist kerap menyarankan penggunaan air garam untuk menjaga kulit tetap steril, terutama dari infeksi kuman yang kerap menyebabkan jerawat atau pun masalah lainnya. Namun, siapa yang menyangka ternyata air garam yang terbuat dari jenis garam berbeda memiliki fungsi yang berbeda pula seperti berikut.

Manfaat Air Garam yang Jarang Diketahui Banyak Orang

1. Garam Laut

Garam laut atau yang lebih dikenal dengan nama sea salt ini merupakan garam yang kerap ditambahkan pada sejumlah skincare. Dilansir dari laman The Alternative Daily, sea salt mengandung mineral yang cukup beragam. Mulai dari magnesium hingga potassium yang mampu menjaga kelembapan sel kulit. Penggunaan air garam laut juga menjadikan kulit bebas kusam serta mencegah terjadinya iritasi.

2. Garam Himalaya

Jenis garam lainnya yang dapat digunakan sebagai referensi adalah pink salt Himalayan. Garam yang berasal dari wilayah pegunungan Himalaya ini memang memiliki warna merah mudah yang menarik. Pink Himalayan Salt sendiri mengandung setidaknya 95% sodium chloride yang menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Bahkan, penggunaan Pink Himalayan Salt ini juga kerap terlihat dalam formula sejumlah skincare khusus untuk scrubbing atau pun masker wajah.

3. Beragam Manfaat Air Garam

Tidak hanya itu saja, rupanya air garam yang terbuat dari beragam jenis juga memiliki anyak manfaat untuk kulit. Menggunakan air garam secara rutin dapat membantu mengecilkan pori-pori. Selain itu, air garam juga ampuh menyerap kelebihan minyak sehingga sangat disarankan untuk pemilik kulit berminyak dan rentan jerawat. Membasuh kulit wajah menggunakan air garam secara rutin juga mampu mengeksfoliasi kulit mati yang menyebabkan kulit kusam.

Wah, siapa yang menyangka jika kombinasi antara garam dan air mampu memberikan beragam manfaat bagi kulit. Tidak hanya mudah didapat, penggunaan air garam termasuk ke dalam perawatan kecantikan yang aman untuk semua jenis kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi