3 Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Anda

doktersehat-nasi-beras-memasak

DokterSehat.Com– Biasanya air cucian beras dibuang begitu saja karena kebanyakan orang berpikir tak ada gunanya. Jangan salah, ternyata air cucian beras ini bermanfaat lo untuk kecantikan. Dijamin Anda akan berpikir ulang untuk membuangnya begitu saja.

Untuk mendapatkan manfaat air bekas cucian beras secara maksimal, Anda harus lebih dulu mengetahui bagaimana cara mencuci muka yang benar menggunakan air cucian beras ini.

Cara Mencuci Muka dengan Air Beras

Dilansir dari fabhow.com, ada beberapa cara untuk mencuci muka agar manfaat air cucian beras ini dapat dirasakan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pisahkan satu genggam beras, simpan di dalam cangkir atau tempat yang memungkinkan.
  • Beras tersebut beri air dan cuci.
  • Lalu, buang air tersebut,  ganti menggunakan air yang baru dan aduk.
  • Diamkan air tersebut kurang lebih selama 30 menit. Tujuannya agar nutrisi yang ada pada beras dapat bercampur dengan air.
  • Pisahkan air dengan beras dan mulai gunakan untuk membasuh muka.
  • Pijat selama kurang lebih 6 menit
  • Bilas dan dikeringkan dengan handuk lembut.

Manfaat Air Cucian Beras

Lalu, apa sebenarnya manfaat dari air cucian beras untuk wajah? Berikut beberapa manfaatnya seperti yang dilansir dari naturallivingideas.com.

1. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan dalam beras, dipercaya dapat membantu mencerahkan wajah. Anda bisa mengaplikasikan ini dengan cara membuat masker beras atau menggunakan air cucian beras, atau cuci muka dengan air dari masker beras.

2. Dapat Melembapkan Kulit Wajah

Dengan rutin mencuci muka dengan air cucian beras, kulit wajah Anda dapat lebih lembap. Kulit wajah yang lembap dapat membuat wajah tampak lebih segar dan muda.

3. Menyamarkan Noda Hitam

Menggunakan air beras secara rajin bisa perlahan menghilangkan noda hitam pada wajah. Bercak hitam yang menggangu penampilan dapat tersamarkan.

Nah, mulai sekarang, jangan buang air cucian beras ya, karena manfaatnya ternyata luar biasa!