Terbit: 19 Agustus 2018
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Perawatan rambut adalah hal yang sangat penting, karena rambut merupakan salah satu anggota tubuh yang sangat mewakili penampilan kita. Perawatan rambut bisa Anda lakukan di salon, tapi bisa juga menggunakan bahan alami untuk perawatan sendiri di rumah. Salah satu yang membuat masyarakat penasaran belakangan ini adalah manfaat air beras untuk rambut.

manfaat-air-beras-untuk-rambut-doktersehat

Air beras memang pada dasarnya sudah menjadi salah satu bahan alami populer untuk merawat tubuh, tapi sepertinya belum banyak masyarakat yang mengerahui manfaat air cucian beras untuk rambut.

Rahasia Air Cucian Beras untuk Rambut

Manfaat air beras untuk rambut memang baru populer belakangan ini, tapi ternyata metode ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Seperti yang dikutip dari Ejinsight, di China, tepatnya di desa Huangluo, terdapat suku Yao yang semua wanitanya memiliki rambut yang sangat panjang. Rambut para wanita di Yao rata-rata mencapai 1.5 meter.

Para wanita suku Yao tidak hanya memiliki rambut yang panjang tetapi juga warnanya hitam pekat. Tentunya tidak mudah mempertahankan kesehatan rambut yang sudah tumbuh sepanjang itu. Ternyata keramas dengan air beras merupakan rahasia turun temurun di balik rambut yang panjang dan hitam berkilau.

Manfaat Air Beras untuk Rambut

Kandungan berbagai vitamin dan mineral pada air cucian berat memiliki banyak sekali manfaat untuk rambut. Berikut adalah 5 manfaat air cucian beras untuk rambut yang perlu Anda ketahui.

1. Menyuburkan rambut

Manfaat air cucian beras untuk rambut yang pertama adalah mampu menyuburkan rambut. Di dalam air cucian beras terdapat Inositol atau vitamin B8 yang bisa memaksimalkan pertumbuhan rambut. Umumnya rambut akan lebih sulit bertambah panjang jika sudah dalam keadaan panjang. Tapi dengan air cucian beras Anda bisa membuat pertumbuhan rambut Anda berjalan maksimal.

2. Melindungi rambut dari kerusakan

Manfaat air beras untuk rambut yang kedua adalah dapat menguatkan rambut dan mencegah rambut dari kerusakan. Kandungan Inositol dalam air cucian beras membantu untuk membuat lapisan pelindung rambut. Lapisan ini bahkan masih bertahan setelah rambut di bilas dengan air bersih. Hasilnya rambut pun menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerusakan seperti rambut kering, pecah, dan juga bercabang.

Kandungan asam amino dan juga vitamin lainnya dalam rambut juga berfungsi untuk relaksasi kepala sehingga peradaran darah menjadi lebih lancar. Peredaran darah yang semakin lancar di kepala akan berpengaruh pada rambut dan dapat meperkuat akar rambut.

3. Membuat rambut berkilau dan lembut

Manfaat air cucian rambut selanjutnya adalah mampu untuk membuat rambut berkilau dan rambut. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa wanita suku Yao tidak hanya memiliki rambut panjang tetapi juga rambut yang hitam berkilau. Hal ini membuktikan bahwa air beras memang mampu untuk menutrisi rambut sehingga rambut pun menjadi sehat.

Rambut yang sehat memiliki kutikula yang sehat. Sedangkan kutilkula rambut yang sehat akan membuat rambut jadi terasa lembut dan juga akan dengan lebih mudah memantulkan cahaya sehingga rambut jadi terlihat lebih berkilau.

4. Mengatasi ketombe

Manfaat air cucian beras yang kelima adalah dapat mengatasi masalah ketombe yang ada di rambut. Ketombe sangatlah mengganggu penampilan dan membuat tidak nyaman karena menimbulkan rasa gatal luar biasa pada rambut. Air beras bisa menyeimbangkan pH kulit kepala dan juga mengontrol produksi minyak di kulit kepala sehingga Anda pun bisa terbebas dari masalah ketombe.

Cara Mendapatkan Manfaat Air Beras untuk Rambut

Manfaat air beras untuk rambut bisa Anda dapatkan dengan cara perawatan rutin. Cara mendapatkan manfaat air beras untuk rambut ini sangat praktis dan ekonomis karena yang Anda butuhkan hanyalah air dan beras Berikut adalah cara mendapatkan manfaat air cucian beras untuk rambut!

  1. Bersihkan beras dari berbagai kotoran yang tidak dibutuhkan.
  2. Campurkan beras dan air dalam sebuah wajah dengan perbandungan 1:1.
  3. Rendam beras hingga air berubah warna.
  4. Masukkan air beras ke dalam sebuah wadah plastik, kemudian tutup. Diamkan air beras 12-24 jam di suhu ruangan agar air beras berfermentasi. Tapi Anda melupakan air tersebut dan mendiamkannya lebih dari 24 jam, maka lebih baik buat air beras yang baru karena kondisi air sudah tidak baik.
  5. Gunakan air beras tersebut untuk membilas rambut. Jika air masih tersisa, simpan di kulkas untuk digunakan kembali nanti.

Itu dia cara mendapatkan manfaat air cucian beras untuk rambut Anda. Selamat mencoba!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi