7 Manfaat Adas yang Menakjubkan untuk Kesehatan

biji-adas-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda suka menggunakan adas? Adas adalah salah satu tanaman obat yang memiliki banyak manfaat. Manfaat adas tidak hanya sebagai bumbu masakan melainkan juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Simak lebih lanjut untuk mengetahui lebih jauh tentang adas. Temukan informasi tentang apa itu adas, kandungan zat gizi adas, manfaat adas, dan informasi lainnya di bawah ini.

Apa itu adas?

Adas adalah tanaman yang berasal dari kawasan Mediterania. Nama latin dari tanaman adas adalah Foeniculum vulgare Miller. Tanaman adas berasal dari famili Apiaceae dan biasa juga disebut adas pedas karena ada pula jenis tanaman adas manis.

Semua bagian adas yang meliputi daun, batang, tangkai, biji, dan bonggolnya memiliki manfaat. Pengonsumsian adas dalam berbagai bentuk seperti bumbu masakan, ekstrak, dan lainnya bisa meningkatkan kesehatan dan mengatasi beberapa masalah medis.

Kandungan zat gizi adas

Ada beberapa kandungan zat gizi yang penting di dalam tanaman adas. Kandungan-kandungan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Adas mengandung serat makanan, karbohidrat, protein, dan lemak tetapi tanpa kolesterol.

Vitamin yang dikandung oleh adas di antaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin b2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (asam folat), vitamin E, dan vitamin K.

Adas juga mengandung berbagai mineral penting, seperti fosfor, zat besi, kalsium, seng, natrium, potasium, mangan, selenium, magnesium, sodium, dan tembaga. Di samping itu, ada juga beberapa zat lain yang dikandung oleh tanaman adas.

Kandungan zat lainnya yang terkandung di dalam adas, seperti kolin, lutein, zeaxantin, anetol, flavonoid, asam rosmarinic, asam klorogenik, terpen, dan beberapa asam amino esensial seperti leusin, isoleusin, triptofan, dan fenilalanin.

Manfaat adas untuk kesehatan tubuh

Adas memang telah lama dikenal memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Manfaat adas juga bisa mengatas beberapa masalah medis. Kandungan zat gizi yang kaya manfaat memiliki peranan yang sangat besar dalam hal ini.

Berikut ini adalah beberapa manfaat adas untuk kesehatan tubuh:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat adas yang utama bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa zat seperti selenium, antioksidan, dan lainnya memiliki efek untuk merangsang produksi sel T yang bisa menyingkirkan berbagai zat asing penyebab penyakit.

2. Melawan peradangan dan infeksi di dalam tubuh

Jika Anda menderita rasa nyeri atau sakit akibat peradangan atau infeksi maka gunakanlah adas. Adas juga bermanfaat untuk melawan infeksi dan peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh.

Beberapa zat seperti kolin dan anetol memiliki sifat antiinflamasi. Adas juga mengandung zat yang bisa mencegah reaksi radang dan alergi. Selain itu, adas juga mengandung zat yang bersifat antibakteri. Ini bisa melawan serangan bakteri seperti Salmonella dan E. coli.

3. Menjaga kesehatan jantung

Adas mengandung banyak zat-zat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa zat tersebut di antaranya adalah kalium, serat, piridoksi, asam folat, dan vitamin C. Manfaat adas bisa mencegah penyakit jantung melalui zat-zat tersebut.

Berbagai zat gizi yang telah disebutkan bisa menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida di dalam darah. Selain itu, kandungan vitamin B juga bisa mencegah kerusakan pembuluh darah yang sangat terkait dengan kesehatan jantung.

4. Mencegah penyakit tulang

Manfaat adas juga bisa mencegah Anda dari penyakit tulang dan menjaga kesehatannya. Kandungan mineral seperti kalsium, mangan, zat besi, dan seng bisa menjaga struktur tulang tetap kokoh.

Selain itu, beberapa vitamin seperti vitamin B9 atau asam folat dan vitamin K bisa menurunkan risiko terjadinya patah tulang. Vitamin K juga sangat penting untuk membantu tubuh menyerap kalsium.

5. Memperbaiki metabolisme tubuh

Adas bermanfaat untuk memperbaiki metabolisme tubuh terutama terkait sistem pencernaan. Pengonsumsian adas bisa meningkatkan sistem pencernaan di dalam tubuh yang berdampak pada berat badan tubuh.

6. Membantu mengontrol tekanan darah

Tanaman adas juga mengandung natrium dan kalium yang memiliki peran penting terhadap tekanan darah. Kandungan natrium bisa menurunkan tekanan darah, sedangkan kandungan kalium bisa membantu kontraksi pembuluh darah.

7. Mencegah penyakit kanker

Kandungan antioksidan, folat, dan selenium di dalam tanaman adas menjadikan adas bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker bisa dicegah karena adas membantu menangkal radikal bebas dan melakukan detoksifikasi racun penyebab kanker.