8 Manfaat Adas Manis untuk Kesehatan dan Kecantikan

biji-adas-manis-doktersehat

DokterSehat.Com – Apakah Anda pernah mendengar adas manis? Tanaman yang satu ini ternyata memiliki banyak manfaat. Manfaat adas manis tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan saja tetapi juga bermanfaat untuk kecantikan.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat adas manis. Ketahui lebih dulu apa itu adas manis, apa bedanya adas manis dengan adas, dan apa saja kandungan zat gizi yang tersimpan di dalam adas manis.

Apa itu adas manis?

Adas manis adalah tanaman yang berasal famili Apiaceae. Tanaman adas manis berasal dari Mediterania dengan nama latinnya Pimpinella anisum. Penggunaan adas manis biasanya dalam bentuk biji dan minyak.

Biji adas manis dan minyak adas manis memiliki aroma yang khas dan citarasa yang menggugah selera. Aneka kuliner khususnya di kawasan Mediterania seperti Turki, Spanyol, Italia, dan Yunani telah menambahkan adas manis ke dalam masakan.

Apa perbedaan adas manis dan adas?

Mungkin Anda sedikit bingung dan bertanya, apakah adas manis berbeda dengan adas? Adas atau biasa juga disebut adas pedas dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama fennel, sedangkan adas manis dikenal dengan nama Anise dalam bahasa Inggris.

Secara fisik, adas pedas atau fennel memiliki daun berbulu dan bunga kecil berwarna kuning, sedangkan adas manis memiliki bunga kecil berwarna kuning keputihan. Adas manis biasa diolah dalam bentuk minyak.

Kandungan adas manis

Sama seperti adas (fennel), adas manis atau anise juga kaya akan zat-zat gizi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Apa sajakah kandungan yang ada di dalam adas manis? Adas manis mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan serat.

Tanaman adas manis juga mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B9 (folat), dan vitamin C.

Berbagai mineral penting juga terkandung di dalam adas manis, di antaranya adalah zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, sodium, potasium, seng, tembaga, mangan, dan selenium. Adas manis juga mengandung anetol, asam oleat dan asam linoleat.

Manfaat adas manis untuk kesehatan dan kecantikan

Tahukah Anda jika adas manis memiliki manfaat yang cukup luas. Manfaat adas manis tidak hanya mencakup kesehatan saja tetapi juga meliputi kecantikan. Tidak sedikit wanita yang menggunakan minyak adas manis untuk mempercantik diri.

Di bawah ini adalah beberapa manfaat adas manis untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Merawat kesehatan kulit

Manfaat adas manis bisa merawat kesehatan kulit Anda. Kandungan anetol di dalam adas manis dalam bentuk minyak atau biji, bisa membuat kulit tetap sehat dan indah berkilau. Penggunaan minyak adas manis bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan bercahaya.

2. Mengatasi masalah kulit

Adas manis juga memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kulit. Jerawat, bintik-bintik, dan kerusakan kulit lainnya bisa diatasi dengan menggunakan adas manis. Anda bisa mengoleskan minyak adas manis secara teratur agar masalah kulit hilang.

3. Menjaga kesehatan dan keindahan rambut

Tidak hanya untuk kulit, manfaat adas manis juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut. Minyak adas manis bisa digunakan sebagai minyak rambut alami. Ini bisa menghilangkan ketombe dan mengatasi masalah rambut rontok dan kering.

4. Meningkatkan gairah seks

Apakah Anda percaya bahwa adas manis bermanfaat untuk meningkatkan libido atau gairah seks? Manfaat adas manis memang bisa meningkatkan libido. Jadi, bagi Anda yang memiliki masalah dengan libido maka Anda bisa menggunakan adas manis.

5. Meningkatkan produksi ASI

Para ibu menyusui sangat dianjurkan untuk menggunakan biji atau minyak adas manis. Hal ini dikarenakan adas manis memiliki manfaat untuk meningkatkan produksi ASI. Kandungan di dalam adas manis atau anis ada yang bersifat estrogenik.

6. Mengatasi masalah kewanitaan

Sudah disinggung sebelumnya bahwa adas manis mengandung beberapa zat yang memiliki sifat estrogenik. Ini memiliki efek untuk mengatasi masalah kewanitaan yang terkait hormon estrogen seperti nyeri haid. Adas manis bisa mempermudah persalinan normal.

7. Sebagai ekspektoran

Adas manis juga mengandung zat yang berfungsi sebagai ekspektoran. Ini berarti adas manis bisa membantu melegakan saluran pernapasan akibat dahak atau lendir. Manfaat adas manis juga bisa mengobati bantuk dan asma.

8. Menjaga proses metabolisme tubuh

Tubuh yang sehat harus memiliki metabolisme yang baik dan ideal. Minyak adas manis mampu memperbaiki dan menjaga metabolisme tetap optimal. Selain terkait metabolisme pencernaan, adas manis juga sangat efektif untuk mendetoksifikasi racun.