Terbit: 19 November 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Abalone adalah salah satu jenis kerang-kerangan, makanan laut yang terkenal sebagai hidangan mewah dan memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan imunitas dan mencegah kanker. Yuk simak informasi lengkapnya, mulai dari kandungan nutrisi, khasiat, dan cara mengolahnya!

12 Manfaat Abalone untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya

Kandungan Nutrisi Abalone

Abalone adalah makanan laut yang sangat bergizi dan merupakan sumber protein, yodium, dan asam lemak omega-3. Makanan ini juga memiliki banyak vitamin dan mineral penting dan rendah lemak.

Seporsi (85 gram) abalon yang dimasak mengandung sejumlah nutrisi berikut:

  • Kalori: 161 
  • Protein 16,7 g
  • Kalsium 31,4 mg
  • Karbohidrat: 9,39 gram (g) 
  • Lemak 5,76 g
  • Natrium 502 miligram (mg) 
  • Magnesium 47,6 mg
  • Tembaga 0,2 mg
  • Fosfor 184 mg

Daftar Manfaat Abalone untuk Kesehatan

Abalone atau biasa disebut kerang abalon adalah makanan laut yang hidup di perairan pantai yang dingin di seluruh dunia. Abalon memiliki lebih banyak kemiripan dengan tiram dan kerang, dengan rasa dan tekstur yang lembut. Berkat beragam kandungan nutrisi di dalamnya membuat kerang abalon sangat bagus untuk kesehatan.

Selengkapnya berikut ini daftar manfaat abalone untuk kesehatan:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan asam lemak omega-3 dalam kerang abalon dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menurut peneliti dari Michigan State University dan East Carolina University menemukan bahwa makanan yang mengandung senyawa asam lemak omega-3 DHA yang tinggi dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih (sel B), bagian penting dari respons imun tubuh.

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Asam lemak omega-3 dalam kerang abalon, terutama asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA), juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Asam lemak ini mampu mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengurangi kadar trigliserida darah pada manusia.

3. Menjaga Kesehatan Hati

Tidak hanya melindungi jantung, manfaat abalone juga membantu menjaga kesehatan hati secara alami dan meningkatkan kekuatan detoksifikasi hati. Kandungan dalam kerang-kerangan ini bekerja dengan mendukung fungsi metabolisme hati, juga mencegah kerusakan hati dari konsumsi alkohol secara teratur atau berlebihan.

4. Menjaga Kesehatan Ginjal

Kerang abalon berkhasiat menjaga kesehatan ginjal berkat kandungan fosfor. Mineral ini bekerja dengan memastikan pelepasan limbah yang tepat dari ginjal selama buang air kecil dan ekskresi.

Meningkatnya kuantitas dan frekuensi buang air kecil, tubuh mampu menyeimbangkan kadar asam urat, garam berlebih, lemak, dan air. Fosfor berkhasiat membantu keseimbangan yang sehat dari semua cairan dan bahan yang terbuang dari tubuh.

5. Mengatur Fungsi Tiroid

Hormon tiroid diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan normal jaringan seperti sistem saraf pusat. Abalone mengandung sejumlah besar yodium yang berperan penting dalam fungsi kelenjar tiroid.

Kerang abalon juga menyediakan tembaga yang membantu merangsang fungsi tiroid dengan meningkatkan hormon dan meningkatkan fungsi metabolisme.

Baca Juga: 10 Manfaat Kerang Hijau, Mencegah Asma hingga Anemia

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Tingginya kandungan fosfor dan kalsium yang terdapat dalam kerang abalon, maka sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Fosfor bekerja dengan kalsium untuk membantu meningkatkan kepadatan tulang dan menjaga kesehatan tulang. Untuk itu, kerang abalon sangat bagus untuk lansia yang berisiko mengalami pengeroposan tulang alias osteoporosis.

7. Meningkatkan Penglihatan

Manfaat abalone dapat mencegah penyakit mata karena kandungan protein dan seratnya yang bagus untuk kesehatan mata. Makan kerang abalon juga bisa menjaga penglihatan pada tingkat normal, dan mengobati penglihatan kabur, katarak, dan rabun senja. Penglihatan adalah organ yang paling vital dari semua indra, maka dari itu menjaga kesehatan mata sangat penting.

8. Mengelola Berat Badan

Kerang abalon memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi yang membantu menjaga keseimbangan metabolisme dan mencegah penumpukan lemak. Kerang ini telah digunakan dalam sebagian besar diet detoks karena kemampuannya untuk membantu berbagai fungsi metabolisme tubuh.

Abalon juga mengandung minyak sehat dengan kolesterol rendah yang bagus untuk menjaga keseimbangan berat badan. Fosfor dalam abalon juga membantu tubuh memanfaatkan karbohidrat dan lemak.

9. Meredakan Kram Otot dan Meningkatkan Energi

Makan abalon dapat mengatasi kelemahan otot, mati rasa, kelelahan, dan penyakit serupa yang terkadang muncul pada tubuh. Kerang abalon juga melancarkan peredaran darah dan mengembalikan energi yang hilang setelah bekerja. Untuk itu, cocok mengonsumsi abalon selepas baraktivitas yang membuat kelelahan, mengantuk, dan tertidur pulas.

10. Bagus untuk Sistem Reproduksi

Masalah kesehatan yang sering kali terjadi pada kebanyakan ibu hamil adalah tidak menyadari bahwa mereka harus mengonsumsi yodium untuk ibu dan janin. Khasiat makan abalon ternyata juga bisa membantu pertumbuhan organ reproduksi menjadi lebih matang. Hal ini penting untuk mencegah kondisi lahir mati seperti kretinisme (kegagalan kelenjar tiroid) pada bayi baru lahir. 

11. Mencegah Nyeri Sendi

Kesehatan persendian dapat menentukan seberapa baik fungsi gerak. Penyakit umum seperti reumatoid arthritis, osteoartritis, dan cedera sendi, merupakan kondisi yang menyebabkan kecacatan parah pada kebanyakan orang.

Manfaat abalone dapat meningkatkan kesehatan sendi dan jaringan ikat berkat kandungan glikosaminoglikan yang tinggi. Ini mendukung pergerakan sendi, sehingga membantu mengurangi nyeri sendi dan peradangan.

12. Pencegahan kanker

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak abalon mengandung sifat antikanker dengan menginduksi kematian sel tumor dan nekrosis, merupakan kematian sel atau jaringan akibat penyakit atau cedera.

Penelitian pada tahun 2010, yang dipublikasikan dalam BMC Complementary and Alternative Medicine, menunjukkan bahwa ekstrak viseral abalon menghambat pertumbuhan tumor dan meningkatkan proliferasi sel T CD8+ dan fungsi sitolitik.

Baca Juga: 11 Manfaat Seafood (Makanan Laut): Cegah Depresi Hingga Stroke

Cara Mengolah Abalone

Berikut cara membersihkan dan mengolah abalon bercangkang:

  • Cuci abalon dengan air mengalir menggunakan sikat atau scrubber.
  • Keluarkan daging abalon dari cangkang menggunakan sendok hingga benar-benar terpisah dari cangkangnya.
  • Buang usus dan bagian keras pada mulut berbentuk V tepat di ujung abalon dengan pisau kecil, lalu kembali cuci hingga bersih.
  • Iris atau potong daging abalin dan masak sesuai keinginan.
  • Panaskan wajan sampai sangat panas, tambahkan minyak sayur, dan tunggu sampai benar-benar panas. Kemudian masukan semua abalon.
  • Masak abalon sekitar 30 detik pada setiap sisinya, dengan menambahkan bumbu sesuai selera. Cara memasak kerang abalon dengan cepat sangat penting untuk menjaga kelembutan dagingnya.

 

  1. Anonim. Tanpa Tahun. 15 Benefits of Abalone for Health and Beauty. https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/food/seafood/benefits-of-abalone. . (Diakses pada 19 November 2020)
  2. Evans, Hezy. 2019. 8 Amazing Health Benefits of Abalone. https://www.ehealthzine.com/health-benefits-of-abalone.html. (Diakses pada 19 November 2020)
  3. Joseph, Michael. 2019. What Is Abalone and Is It Good For You?. https://www.nutritionadvance.com/what-is-abalone/. (Diakses pada 19 November 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi