7 Manfaat Teh Hitam untuk Kesehatan

manfaat-teh-hitam-doktersehat

DokterSehat.Com – Teh yang selama ini kita minum memiliki jenis yang banyak. Selain teh hijau yang selama ini sering dijadikan andalan banyak orang, ada juga teh hitam yang memiliki banyak manfaat. Mengonsumsi teh hitam dalam jumlah yang cukup atau diolah lagi menjadi makanan atau minuman bisa membuat tubuh menjadi sehat.

Kalau Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, coba konsumsi 1-2 gelas teh hitam setiap hari. Saat mengonsumsinya usahakan untuk tidak menggunakan gula atau pemanis lainnya. Kalau sampai dicampur gula, manfaat-manfaat di bawah ini biasa saja mengalami penurunan.

  1. Menjaga daya tahan tubuh

Seperti halnya teh hijau, teh hitam juga mengandung banyak antioksidan seperti polifenol. Zat yang ada di setiap daun teh ini membuat daya tahan tubuh meningkat. Radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh akan dicegah sehingga pria dan wanita jadi jarang sakit dan kadar lemak di dalam tubuh akan menurun.

Mengonsumsi teh hitam secara rutin bisa meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah penyakit kronis muncul. Selain itu, pengonsumsian secara rutin juga baik untuk menurunkan lemak sehingga direkomendasikan untuk minuman diet.

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teh hitam bisa menurunkan kadar lemak di dalam tubuh. Selain kadar lemak, teh hitam juga bisa menurunkan kadar trigliserida hingga 36%. Penurunan ini berkaitan langsung dengan kesehatan jantung. Oh ya, efek ini diperolah setelah pengonsumsian selama 12 minggu.

  1. Menjaga kesehatan pencernaan

Polifenol yang terdapat pada teh hitam bermanfaat untuk menjaga bakteri baik yang ada di saluran pencernaan. Antioksidan itu akan membuat bakteri baik berkembang dengan cepat dan menangkal bakteri merugikan yang ikut masuk  bersama dengan makanan.

Mengonsumsi teh hitam akan membuat sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Selain itu, risiko penyakit tertentu seperti diabetes tipe 2 bisa diturunkan dengan lebih mudah.

  1. Menurunkan tekanan darah

Dari sebuah penelitian terhadap 343 orang, didapatkan fakta data kalau konsumsi teh hitam selama enam bulan bisa menstabilkan tekanan darah. Tekanan darah yang stabil bisa menurunkan risiko penyakit kronis lain seperti gagal ginjal, stroke, dan serangan jantung. Konsumsilah teh hitam dan atur pola makan dan gaya hidup dengan baik agar hasilnya maksimal.

  1. Menurunkan gula darah di dalam tubuh

Mengonsumsi teh hitam secara rutin bisa membuat gula darah di dalam tubuh stabil. Kalau gula darah di dalam tubuh tidak pernah terlalu tinggi, kemungkinan terkena diabetes tipe 2 akan rendah. Jadi, kalau Anda ingin hidup sehat, konsumsi 1-2 gelas teh hitam tanpa gula.

  1. Menurunkan risiko kanker

The hitam memang tidak bisa digunakan untuk mengobati kanker. Namun, dari beberapa penelitian menunjukkan kalau polifenol yang terdapat dalam teh bisa menurunkan risiko kanker pada wanita. Kanker serviks dan payudara bisa diturunkan risiko kalau diimbangi dengan gaya hidup yang sehat.

  1. Menurunkan risiko stroke

Stroke bisa terjadi pada siapa saja karena ada penyempitan pembuluh darah di otak. Namun, penyakit ini bisa diturunkan risikonya hingga 80% dengan menjaga pola makan dengan baik, olahraga, dan selalu mengontrol tekanan darah agar stabil setiap hari.

Selain tiga cara di atas, ternyata mengonsumsi teh hitam juga bisa menurunkan risiko stroke hingga 32%. Penelitian ini dilakukan pada sekitar 70.000 orang yang rutin mengonsumsi teh hitam ini selama 10 tahun lebih.

Inilah tujuh manfaat dari teh hitam yang bisa Anda dapatkan. Mulailah kebiasaan minum teh setiap hari dan ingat, usahakan tanpa gula.