Mandi Terlalu Malam, Bolehkah Berkeramas?

doktersehat-wanita-keramas-mandi-setelah-olahraga-berbahaya

DokterSehat.Com– Cukup banyak orang yang baru bisa mandi di malam hari karena memang aktifitasnya baru selesai di malam hari. Meskipun sudah cukup larut atau suhu udara cukup dingin, mau tidak mau mereka harus mandi agar badan menjadi lebih bersih dan segar sehingga akan lebih nyaman untuk beristirahat. Hanya saja, karena mandi di waktu yang terlalu malam, apakah tidak apa-apa jika kita juga berkeramas?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak berkeramas di malam hari. Hal ini ternyata bisa memicu kerusakan pada rambut. Bagaimana tidak, setelah mandi dan berkeramas, kita akan cenderung langsung beranjak ke tempat tidur. Padahal, tidur dengan rambut basah akan membuat rambut menjadi lebih mudah rusak.

Pakar kesehatan rambut Sally-Ann Travers menyebutkan bahwa tidur dengan kondisi rambut basah akan membuat kutikula rambut yang terangkat karena baru saja berkeramas menjadi lebih kusut. Apalagi jika kita cukup banyak bergerak saat tidur. Rambut pun akan menjadi semakin kusut dan sulit untuk disisir, khususnya di keesokan harinya.

Tak hanya membuat rambut menjadi kusut, tidur dengan rambut basah bisa memicu datangnya masalah jamur pada rambut. Padahal, hal ini juga akan menyebabkan masalah yang lebih serius layaknya ketombe, gangguan pernafasan, rhinitis, atau alergi.

Lantas, apakah kita tetap harus tidak berkeramas meskipun rambut sudah terasa kurang nyaman? Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengubah pola keramas kita menjadi di pagi hari. Jika memang kita kurang terbiasa untuk berkeramas di pagi hari, kita bisa menunggu rambut kering terlebih dahulu setelah mandi dan tidak cepat-cepat beranjak tidur. Hanya saja, cara terakhir ini juga akan membuat kita mengalami penurunan waktu tidur yang tentu kurang baik bagi kesehatan.