Ini yang Terjadi Jika Kita Mandi Tanpa Memakai Sabun

doktersehat-mandi-air-hangat-tidur-nyenyak-1024

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda berpikir untuk mandi tanpa menggunakan sabun? Banyak orang yang mengaku merasa tidak nyaman pada tubuhnya jika hanya membilas tubuhnya dengan air. Padahal, menurut pakar kesehatan, kita sebenarnya tidak benar-benar membutuhkan sabun untuk membersihkan badan saat mandi.

Dilansir dari Health 24, para peneliti yakin jika bagian epidermis kulit kita mampu beradaptasi dengan lingkungan dan bisa menyembuhkan atau merawat diri sendiri. Pakar dermatology bernama Dr. Dina Anderson menyebutkan bahwa berbeda dengan sabun, air tidak akan mengikat minyak alami dan kotoran dan membuangnya dari kulit.

Dalam sebuah percobaan yang dilakukan dengan cara mandi tanpa memakai sabun selama dua minggu, para partisipan mulai merasakan perbedaan pada kulitnya setelah seminggu melakukannya. Jika biasanya mereka merasakan sensasi kulit kering setelah mandi dengan sabun, kulit mereka kemudian menjadi lebih lembut dan bercahaya setelah mandi tanpa memakai sabun.

Menurut Dr. Anderson, dengan mandi tanpa sabun, maka kulit akan kembali mendapatkan keseimbangan minyak alaminya. Rasanya pun akan menjadi lebih sehat dan lebih halus karena tidak adanya bahan kimia yang bisa membuatnya terasa kering.

Banyak orang yang berpikir jika mandi tanpa memakai sabun bisa membuat badan menjadi lebih berbau. Namun, menurut para peneliti, hal ini sama sekali tidak terjadi. Memang, mandi dengan sabun akan membuat kita memiliki bau yang sangat wangi, namun, mandi hanya dengan air tanpa memakai sabun tidak akan membuat tubuh berbau meskipun memang tidak akan membuat kita memiliki bau yang wangi.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu bingung jika sabun mandi di dalam rumah habis. Kita masih tetap bisa mandi hanya dengan membilas tubuh dengan air.