Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu pernah mendengar mitos yang menyebutkan bahwa mandi setelah makan bisa membahayakan kesehatan. Sebenarnya, apakah mitos ini memang benar adanya?

Benarkah Mandi Setelah Makan Berbahaya?

Sebagaimana kita ketahui, mandi adalah aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mandi, maka kita bisa membersihkan badan dari berbagai kotoran dan bakteri yang bisa saja menyebabkan masalah kesehatan atau rasa tidak nyaman. Jika kita tidak mandi setelah melakukan aktivitas di tempat yang kotor atau membuat kita berkeringat, tubuh tentu akan terasa tidak karuan dan bahkan bisa membuat kita tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Sementara itu, makan adalah aktivitas yang kita lakukan untuk membuat tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan demi menjaga fungsi tubuh dan menyediakan energi yang dibutuhkan setiap hari. Saat makan, organ-organ di dalam tubuhlah yang bekerja keras untuk mencerna nutrisi makanan.

Melihat adanya fakta ini, aktivitas mandi dan makan sebenarnya sama sekali tidak berkaitan. Hal ini berarti, mandi setelah makan memang tidak akan membahayakan kesehatan tubuh.

Lantas, bagaimana jika kita berenang setelah makan? Sebenarnya, hal ini tidak apa-apa untuk dilakukan, namun karena tubuh juga meningkatkan aliran darah ke organ pencernaan setelah makan dan kita juga melakukan aktivitas fisik yang cukup berat saat berenang, maka perut pun berisiko terkena kram dan hal ini bisa membuat kita lebih rentan untuk tenggelam.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Tempo Scan Baby Fair - Advertisement

Jika mandi setelah makan tidak berbahaya untuk dilakukan, aktivitas seperti langsung tidur, merokok, dan minum teh setelah makan sebaiknya tidak kita lakukan karena bisa saja menyebabkan gejala seperti asam lambung naik dan gangguan pencernaan lainnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi