Benarkah Mandi Air Hangat Bisa Mencegah Diabetes?

doktersehat-mandi
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar tips untuk mencegah datangnya diabetes. Tips-tips ini bisa berupa mengonsumsi makanan atau minuman tertentu, hingga mengonsumsi obat atau ramuan herbal. Hanya saja, terdapat sebuah tips mencegah diabetes yang sangat tidak biasa, yakni dengan mandi air hangat. Sebenarnya, apakah memang mandi air hangat bisa memberikan manfaat kesehatan ini?

Dilansir dari Health Magazine, demi menurunkan kadar gula darah, ada baiknya kita menjaga gaya hidup tetap sehat seperti dengan rajin berolahraga dan mengatur kembali pola makan agar menjadi lebih sehat. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, mandi atau berendam air hangat ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan ini.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Steve Faulkner dari Loughborough University ini, disebutkan bahwa berendam di dalam air panas bisa menurunkan 126 kalori. Jumlah ini sama dengan 80 persen dari jumlah kalori yang terbakar jika kita berjalan kaki selama setengah jam. Faulkner melakukan penelitian ini dengan melibatkan 10 partisipan berjenis kelamin pria. Seluruh partisipan diketahui memiliki kadar gula yang cukup tinggi dan berisiko besar terkena diabetes.

Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul New England Journal of Medicine juga mengungkap fakta yang serupa, yakni berendam di dalam bak air hangat bisa membantu menurunkan kadar gula darah sekaligus menurunkan risiko diabetes. Bahkan, jika kita berendam selama setengah jam saja, kadar gula darah bisa ditekan hingga 13 persen.

Sebagaimana kita ketahui, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak berbagai sistem dan organ yang ada di dalam tubuh. Sebagai contoh, sistem saraf bisa mengalami kerusakan akibat kondisi ini. Selain itu, organ-organ seperti ginjal, jantung, dan pembuluh darah juga rentan mengalami kerusakan jika kadar gula darah terus dibiarkan dalam kondisi yang tinggi. Karena alasan inilah penderita diabetes tidak hanya rentan terkena luka yang tak kunjung sembuh, melainkan berisiko terkena komplikasi seperti stroke, penyakit jantung, hingga gagal ginjal.

Tingginya kadar gula darah di dalam tubuh juga bisa mempengaruhi kesehatan mata karena rusaknya pembuluh darah dan saraf di dekat dengan organ mata. Karena alasan inilah kita harus pandai-pandai menjaga kadar gula darah tetap normal demi mencegah efek-efek buruk tersebut.