Terbit: 11 Juni 2021 | Diperbarui: 15 Juni 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Manajemen stress diperlukan untuk membantu mengatasi stres dalam hidup. Hal ini diperlukan agar Anda bisa lebih bahagia, sehat, dan produktif. Tujuan utama tindakan ini adalah menciptakan kehidupan yang seimbang antara waktu untuk bekerja, menjalin hubungan, relaksasi, kesenangan, dan bertahan menghadapi tantangan hidup.

Pentingnya Manajemen Stres bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Cara Manajemen Stress dan Kesehatan Tubuh

Jika Anda hidup dengan tingkat stres yang tinggi, hal ini dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Stres bisa membawa masalah pada keseimbangan emosional serta kesehatan fisik. Keadaan ini pada akhirnya dapat menurunkan kemampuan Anda untuk berpikir jernih dan sulit menikmati hidup.

Stres bisa menjadi kondisi kronis jika seseorang tidak mengambil langkah untuk mengelolanya. Berikut adalah berbagai cara manajemen stress yang perlu Anda ketahui, di antaranya:

1. Mengidentifikasi Sumber Stres

Cara manajemen stress dimulai dengan mengidentifikasi sumber yang menjadi penyebab stres. Meskipun mudah untuk mengidentifikasi penyebab stres, namun menentukan dengan tepat sumber stres kronis bisa menjadi sesuatu yang rumit. Oleh karena itu, jangan mengabaikan bagaimana pikiran, perasaan, dan perilaku berkontribusi pada tingkat stres sehari-hari.

2. Berlatih 4 A

Meski stres adalah respons otomatis dari sistem saraf, beberapa pemicunya dapat diprediksi. Saat menangani stresor yang dapat diprediksi, Anda bisa mengubah situasi atau reaksi yang bisa muncul setelahnya

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Saat Anda memutuskan opsi mana yang akan dipilih, ada baiknya menggunakan metode 4 A yaitu avoid (menghindari), alter (mengubah), adapt (beradaptasi), atau accept (menerima).

  • Menghindari Sumber Stres

Jika menonton berita di televisi membuat Anda cemas, pilihan yang terbaik adalah segera matikan televisi. Sedangkan jika kemacetan lalu lintas membuat stres, cobalah menempuh rute lain. Jika berbelanja ke pasar adalah tugas yang tidak menyenangkan, belanjalah secara online.

  • Mengubah Situasi

Jika Anda tidak dapat menghindari situasi yang membuat stres, cobalah untuk mengubahnya. Sering kali, cara ini melibatkan perubahan cara dalam berkomunikasi dalam kehidupan sehari-hari.

  • Beradaptasi dengan Pemicu Stres

Jika Anda tidak dapat mengubah sumber stres, ubahlah diri Anda sendiri. Anda dapat beradaptasi dengan situasi stres dan mendapatkan kembali kontrol dengan mengubah harapan dan sikap Anda terhadap suatu masalah.

  • Menerima Hal-hal yang Tidak Dapat Diubah

Anda tidak dapat mencegah atau mengubah penyebab stres seperti kematian orang yang dicintai, penyakit serius, atau bencana. Dalam kasus seperti itu, cara terbaik untuk mengatasi stres adalah menerima segala sesuatu apa adanya. Menerima keadaan yang terjadi mungkin sulit, tetapi dalam jangka panjang hal ini lebih mudah daripada mencerca situasi yang tidak dapat Anda ubah.

3. Membuat Tubuh Lebih Aktif

Aktivitas fisik adalah pereda stres yang ampuh. Peningkatan aktivitas membuat tubuh melepaskan endorfin, hormon yang dapat membuat Anda merasa lebih baik sekaligus mengurangi kekhawatiran yang Anda alami.

Agar langkah manajemen stress ini memberikan manfaat yang maksimal, Anda harus berolahraga secara teratur selama 30 menit atau lebih. Jika Anda memiliki keterbatasan dalam waktu, lakukanlah secara bertahap.

4. Meningkatkan Hubungan dengan Orang Lain

Tidak ada yang lebih menenangkan daripada menghabiskan waktu berkualitas dengan seseorang yang membuat Anda merasa nyaman dan dimengerti. Interaksi tatap muka dapat memicu serangkaian hormon untuk melawan respons tubuh saat stres. Oleh karena itu, pastikan untuk bercengkerama secara langsung dengan keluarga dan teman.

Jangan ragu untuk menceritakan kelemahan yang Anda miliki dengan orang yang Anda percaya. Orang-orang yang peduli dengan Anda akan tersanjung dengan kepercayaan yang diberikan. Hal inilah yang dapat memperkuat ikatan dengan orang lain, yang pada akhirnya akan meningkatkan ketahanan Anda menghadapi stres.

Baca Juga: 7 Latihan Pernapasan untuk Redakan Stres dan Cemas

5. Meluangkan Waktu untuk Bersenang-senang dan Bersantai

Jangan terlalu sibuk dengan hiruk-pikuk kehidupan sehingga Anda lupa mengurus kebutuhan Anda sendiri. Merawat diri sendiri adalah adalah sesuatu yang penting. Jika Anda secara teratur meluangkan waktu untuk bersenang-senang dan bersantai, Anda dapat menangani stres dengan lebih baik.

Lakukan sesuatu yang Anda nikmati setiap hari, entah itu menatap langit malam, bermain piano, atau bersepeda. Selain itu, menjaga selera humor adalah sesuatu yang penting, termasuk kemampuan untuk menertawakan diri sendiri. Tertawa dapat membantu tubuh melawan stres dalam beberapa cara.

6. Mengelola Waktu dengan Baik

Terdapat beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencapai keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat, di antaranya:

  • Jangan terlalu memaksakan diri. Hindari menjadwalkan hal-hal secara berurutan atau mencoba menyesuaikan terlalu banyak aktivitas dalam satu hari.
  • Menentukan prioritas. Buat daftar tugas yang harus Anda lakukan sesuai urutan kepentingannya. Jika Anda memiliki sesuatu yang sangat tidak menyenangkan atau membuat stres untuk dilakukan, selesaikan lebih awal. Sisa hari yang Anda miliki akan terasa lebih menyenangkan.
  • Mengerjakan hal-hal kecil terlebih dahulu. Jika masalah Anda terlihat kompleks dan membutuhkan banyak penanganan, buatlah rencana penyelesaian masalah selangkah demi selangkah. Fokuslah pada satu langkah yang dapat dikelola pada satu waktu, daripada mengambil semuanya sekaligus.

7. Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Selain olahraga teratur, terdapat pilihan gaya hidup sehat lainnya yang bisa meningkatkan daya tahan Anda terhadap stres, di antaranya:

  • Konsumsi makanan yang sehat. Tubuh yang mendapatkan asupan bergizi lebih siap mengatasi stres, oleh karena itu perhatikan apa yang Anda makan. Konsumsi makanan yang bergizi sepanjang hari.
  • Kurangi kafein dan gula. Dengan mengurangi jumlah kopi, minuman manis, cokelat, dan camilan gula dalam diet, Anda akan merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.
  • Hindari alkohol, rokok, dan obat-obatan terlarang. Konsumsi alkohol atau obat-obatan terlarang tidak bisa menghilangkan stres yang Anda alami. Jangan menghindari atau menutupi masalah yang dihadapi, selesaikan pemicu stres dengan pikiran yang jernih.
  • Tidur cukup. Tidur yang cukup memberi bahan bakar bagi pikiran dan tubuh yang lelah. Kelelahan fisik dan mental akan meningkatkan stres karena membuat Anda tidak bisa berpikir rasional.

8. Berlatih Menghilangkan Stres dengan Segera

Ketika Anda lelah dengan kemacetan di pagi hari, terjebak dalam rapat yang membuat stres, atau tidak tenang karena pertengkaran dengan pasangan, Anda harus segera mengelola stres yang dialami.

Cara tercepat untuk mengurangi stres adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan menggunakan semua indra yang Anda miliki. Misalnya, dengan melihat foto favorit,  mencium aroma tertentu, mendengarkan musik, atau memeluk hewan peliharaan.

Meski begitu, tidak semua orang merespons setiap pengalaman indrawi dengan cara yang sama. Kunci untuk menghilangkan stres dengan cepat adalah bereksperimen dan menemukan pengalaman sensorik yang paling cocok untuk Anda.

Nah, itulah berbagai cara manajemen stress yang bisa Anda coba praktikan.

 

  1. Robinson, Lawrence, Melinda Smith, dan Robert Segal. 2020. Stress Management. https://www.helpguide.org/articles/stress/stress-management.htm. (Diakses pada 11 Juni 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi