Terbit: 6 Mei 2018 | Diperbarui: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda suka makan sayur lalapan? Sayuran segar yang cocok untuk aneka lauk ini tentu sudah akrab sebagai teman makan kita ya. Pernahkah Anda perhatikan bahwa sayur lalap kerap disajikan berbeda yaitu matang atau mentah, kira-kira diantara keduanya, mana yang lebih sehat?

Mana Yang Lebih Sehat, Sayuran Lalap Matang atau Mentah

Sayur lalap merupakan salah satu alternatif metode penyajian sayur yang mudah kita buat. Disamping bahan-bahannya yang mudah diperoleh, cara pembuatannya pun gampang karena bisa disajikan segar maupun hanya direbus atau kukus saja.

Namun metode penyajian yang berbeda tersebut kerap membingungkan kita ya, kira-kira apakah dengan metode penyajian sayur lalap yang berbeda tersebut akan memengaruhi gizinya? Lalu, mana yang lebih sehat?

Sayuran lalap mentah lebih segar dan gizinya terjaga

Pada sayuran lalap yang disajikan mentah, sayur yang disajikan cenderung lebih segar. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kandungan gizinya ya.

Gizi yang ada pada buah atau sayur yang disajikan segar terbukti diserap 4 kali lebih baik dalam tubuh dibandingkan dengan gizi dari metode penyajian atau jenis makanan lain.

Namun, hal ini tentu harus diimbangi dengan cara pencucian yang benar ya. Pastikan semua bagian dicuci pada air mengalir dan hingga pestisidanya hilang. Jika perlu membilas dengan air matang boleh dilakukan.

Pastikan sayuran lalap mentah, misalnya tomat, dipilih yang masak sempurna, atau berwarna merah, untuk menghindari gangguan pada beberapa kondisi misalnya balita, ibu hamil, atau penderita gangguan pencernaan.

Sayuran lalap matang aman dan teksturnya yang cenderung lebih lunak

Sayuran lalap yang direbus atau dikukus terlebih dahulu lebih aman karena makanan matang disebabkan proses pemanasan, sehingga tidak berisiko untuk beberapa kondisi seperti pada lalapan mentah.

Selain itu sayur lalapan jenis daun-daunan yang matang akan lebih lunak sehingga lebih mudah dikonsumsi.

Akan tetapi sayuran lalap matang berisiko kehilangan kandungan gizi, utamanya vitamin larut air, apalagi jika diolah dengan cara direbus dengan banyak air.

Jadi, usahakan menggunakan metode kukus pada sayur lalapan agar kandungan gizinya lebih terjaga, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi