Terbit: 20 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mengolah makanan dalam dengan berbagai metode, misalnya goreng, tumis, bakar atau rebus. Umumnya, jika kita ingin mengolah makanan dengan metode yang lebih sehat dibandingkan dengan metode lainnya, maka rebus dan kukus menjadi pilihan yang tepat. Namun kira-kira, diantara keduanya, mana metode yang lebih baik?

Mana yang Lebih Sehat, Mengukus Atau Merebus Makanan?

Menurut Italian Association of Dietitian, metode mengukus dan merebus adalah metode yang baik untuk mengolah bahan makanan karena tidak menggunakan minyak berlebihan. Metode mengukus menggunakan uap dari air yang direbus untuk mematangkan makanan, sedangkan metode merebus menggunakan air mendidih untuk mematangkan makanan.

Meskipun sama baiknya, terdapat perbedaan kandungan gizi makanan yang diolah dengan kedua metode tersebut. Penelitian yang dilakukan di Korean Food Research Institute dan Purdue University USA, menunjukkan bahwa, dibandingkan dengan metode pemasakan lain yang diteliti, pengukusan menjadi metode yang meunjukkan kualitas karakteristik dan sensori makanan paling baik.

Hal tersebut dipengaruhi oleh lama, suhu dan jenis bahan makanan yang diteliti. Untuk bahan makanan daging unggas metode pengukusan terbukti paling baik jika dikukus pada suhu 380 derajat celcius selama 5 menit.

Berdasarkan data dari Italian Association of Dietitian beberapa hal yang menyebabkan metode mengukus lebih baik dibandingkan dengan merebus makanan adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

  • Mengukus tidak melarutkan vitamin larut air, yaitu vitamin B dan C

  • Vitamin ini bisa hilang jika kita menggunakan metode merebus karena larut bersama dengan air yang digunakan untuk merebus.

  • Mengukus tidak menggunakan tambahan lemak atau bahan tambahan pangan

  • Hal ini berbeda dari metode merebus yang masih memungkinkan adanya penambahan lemak dari kaldu alami atau bahan pangan tambahan dari bumbu kemasan, untuk menambah cita rasa pada kuah atau air rebusan.

Namun, bukan berarti merebus menjadi metode yang tidak baik dilakukan. Selama kita menggunakan air rebusan dalam jumlah yang sesuai dengan banyaknya bahan makanan (kuah tidak terlalu banyak) dan tidak menambahkan lemak atau bumbu berlebihan pada air rebusan maka metode merebus juga bisa menjadi metode yang baik.

Jadi, Anda pilih yang mana, mengukus atau merebus makanan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi