Mana Yang Lebih Sehat, Daun Pepaya atau Daun Singkong?

DokterSehat.Com– Daun singkong dan daun pepaya menjadi salah satu sayur yang cukup mudah kita temui. Kerap diolah menjadi berbagai jenis masakan, kira-kira diantara keduanya mana yang lebih sehat?

Baik daun singkong dan daun pepaya merupakan bagian dari tanaman yang cukup fungsional dimana bagian umbi dan buahnya juga merupakan bahan makanan. Keduanya juga sangat mudah diperoleh di pasaran.

Lalu, bagaimana dengan kandungan gizi dari daun pepaya dan daun singkong, apakah sama-sama sehatnya?

Menurut Tabel Komposisi Bahan Pangan Indonesia beberapa kandungan utama yang ada pada daun singkong dan daun pepaya adalah:

  1. Daun pepaya lebih tinggi kalori

  2. Kandungan energi yang ada pada 100 gram daun pepaya adalah 87 kkal sedangkan daun singkong memiliki 50 kkal energi. Angka tersebut sama dengan 4-5 sendok sayur, daun bayam dan 8 sendok makan daun singkong.

  3. Daun singkong lebih tinggi zat besi

  4. Dalam berat yang sama, daun singkong memiliki 0,5 mg lebih zat besi lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan zat besi yang ada pada daun pepaya.

  5. Daun pepaya kaya kalsium

  6. Dalam 100 gram daun pepaya terdapat 353 mg kalsium, angka tersebut 2 kali lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kalsium pada daun singkong.

  7. Daun singkong kaya akan vitamin C

  8. Dibandingkan dengan daun pepaya kaya akan vitamin C yaitu lebih dari 50 mg vitamin C dalam 100 gram daun singkong. Sedangkan kandungan vitamin C pada daun pepaya tidak sampai 10 mg.

Jika dilihat dari kandungan gizi, maka baik kandungan gizi daun singkong dan daun pepaya sama sehatnya dengan kandungan gizi yang unggul pada masing-masing jenis. Dengan mengonsumsinya sebagai variasi jenis sayur maka kita tentu akan mendapatkan beragam manfaatnya.

Jadi Anda lebih suka yang mana untuk diolah sebagai masakan, daun singkong atau daun pepaya?